Harga Samsung Galaxy A70 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A70 bakal hadir dengan banderol harga Rp. 5,8 Jutaan dengan Spesifikasi RAM 6GB/128GB serta Layar Super AMOLED seluas 6,7 inci. Simak review lengkapnya dibawah ini.

Samsung baru saja secara resmi mengumumkan ponsel seri-A berikutnya, Samsung Galaxy A70. Bersama ponsel lain seperti Samsung Galaxy A50 yang sudah ada di pasaran, mari kita lihat seberapa baik ponsel ini dalam hal spesifikasi dan fitur.

Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari selami spesifikasinya. Di bagian depan, Galaxy A70 menampilkan layar Super AMOLED 6,7 inci dengan resolusi FHD +, aspek rasio 20: 9 dan rasio layar ke bodi (screen to body ratio) 87,5%. Sehingga perangkat ini memiliki layar yang lebih besar dan lebih baik daripada Galaxy A50. Juga mengusung notch berdesain Infinity-U di bagian atas seperti saudara kandungnya.

Pada acara peluncuran resmi yang dilakukan, DJ Koh, Presiden dan CEO Divisi Komunikasi IT & Mobile di Samsung Electronics mengatakan, Konsumen saat ini menggunakan ponsel mereka dengan cara yang lebih aktif secara visual dan otentik untuk berbagi pengalaman mereka dan tetap terhubung lebih lama.

Koneksi ini hanya dapat berkembang ketika fitur yang paling penting memungkinkan orang untuk meningkatkan interaksi melalui koneksi spontan, kolaboratif, dan tulus.

Ini membutuhkan evolusi. Itulah sebabnya, untuk memenuhi kebutuhan generasi millenial yang baru muncul ini, Samsung menciptakan Galaxy A70 yang dirancang untuk memudahkan cara orang terhubung sekarang.

Youtube: Samsung Indonesia

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A70 2019

Harga HpRp 5.799.000 (6GB)
Rp – (8GB)
RilisJuli 2019
Platform
ChipsetQualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
CPUOcta-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
GPUAdreno 612
RAM6GB/8GB
Storage128GB (microSD up to 512GB)
OSAndroid 9.0 (Pie)
Bodi
Dimensi164.3 x 76.7 x 7.9 mm 
Berat183 gram
LayarSuper AMOLED 6.7 inci (1080 x 2400 piksel), rasio ~86.0%
Proteksi
BateraiNon-removable Li-Po 4500 mAh (Fast battery charging 15W)
WarnaBlack, White, Blue
Kamera Depan
Single32 MP, f/2.0
FiturHDR
Video1080p@30fps
Kamera Belakang
Triple32 MP, f/1.7, PDAF
8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, depth sensor
FiturLED flash, panorama, HDR
Video2160p@30fps, 1080p@30/240fps
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYa, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYa (market dependent)
Portjack audio 3.5 mm
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
RadioYa
SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass ANT+
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Samsung Galaxy A70 Atraktif

Samsung Galaxy A70 menawarkan desain kaca dan logam yang menghiasi bagian depan dan belakang ponsel. Material kaca dan logam itu mengapit bingkai logam yang langsung saja memberikan nuansa yang kuat dan premium.

image: GSMARENA.com

Berukuran 164,3 x 76,7 x 7,9mm Galaxy A70 relatif mudah dipegang di satu tangan (meskipun mereka dengan telapak tangan lebih kecil mungkin akan merasa kesulitan), dan unit ini pun tidak terlalu berat.

Bezel yang mengelilingi panel layar setipis pada Galaxy A80 ataupun iPhone XS sehingga nuansa mewah sangat kentara di sini. Sisi kurva belakang masuk ke bingkai logam dengan mulus, dan membantu ergonomi ponsel secara keseluruhan.

image: GSMARENA.com

Pengguna akan menemukan tombol power dan volume di sisi kanan dalam posisi yang mudah dijangkau, sementara di bagian sisi bawah Galaxy A70 mengemas jack headphone, fitur yang tidak dimiliki saudara kandungnya yang lebih besar, Galaxy A80. Ada juga speaker dan port USB-C untuk pengisian daya, sementara baki SIM ditemukan di bagian atas sisi kiri.

Pengguna dapat memilih satu dari empat warna untuk Galaxy A70 meliputi : hitam, biru, merah muda dan putih. Ada lekukan kecil di bagian atas layar, fitur yang disebut Samsung sebagai Layar Infinity-U. Meski ada lekukan namun secara umum pengalaman visual pengguna tak akan terhalangi oleh bagian itu.

Hebatnya lagi, di bagian layar ini pun ada pemindai sidik jari untuk otentikasi seperti yang kita lihat di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus. Mungkin yang menjadi kekurangan di bagian desain Galaxy A70 ini adalah ponsel ini tidak dibuat kedap air sebagaimana yang dimiliki flagship Samsung.

Layar Samsung A70 Super Besar 6,7 Inci

Salah satu kelebihan utama Galaxy A70 adalah layarnya yang berukur besar hampir mendekati ukuran tablet yaitu 6,7 inci. Panel yang digunakan pun sudah mengaplikasikan panel sAMOLED yang terkenal dengan kecerahannya yang maksimal dan warna sangat cemerlang.

Kemudian untuk resolusinya menyuguhkan kualitas Full HD + (1080 x 2400 piksel) yang tentu saja akan bisa memberikan pengalaman menonton yang luar biasa untuk ponsel kelas menengah.

Seperti Galaxy A80, Galaxy A70 memiliki layar flat yang berarti tampilan layar A70 beberapa piksel lebih sedikit per inci dibandingkan yampilan layar Galaxy S10, tetapi itu mungkin bukan sesuatu yang mengganggu kecuali pengguna ingin menikmati menonton konten 2K + di ponsel.

Mengusung aspek rasio layar yang tinggi 20:9, ide Samsung di balik itu adalah bahwa tampilan yang lebih tinggi dan aspek rasio yang lebih luas akan membuat ponsel ini sempurna untuk menonton layanan streaming seperti Netflix, yang memiliki banyak judul yang diformat dalam aspek rasio 21: 9.

Meskipun masih ada bar hitam di bagian bawah A70 ketika pengguna menonton konten film streaming di Netflix, namun secara signifikan lebih sedikit dari apa yang biasanya ditemui pada ponsel yang memiliki aspek rasio 18: 9 atau 19 : 9.

image: GSMARENA.com

Pengalaman ini menjadi lebih baik dengan panel Super AMOLED Samsung yang kuat dan begitu cemerlang. Penggunaan satu tangan butuh sedikit membiasakan diri karena tingginya ukuran ponsel ini, dan orang-orang dengan tangan yang relatif kecil sebaiknya memegang ponsel dengan kedua tangan sehingga tidak berisiko menjatuhkan ke tanah bila nekat memegangnya dengan satu tangan.

ADVERTISEMENT

Dapur Pacu Gahar Octa Core 2 GHz + 8 GB RAM

Spesifikasi utama Galaxy A70 adalah prosesor octa-core 2GHz. Chipset yang dipilih pun tak main-main, Snapdragon 675 ((2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver) dilengkapi Adreno 612 sebagai pendukung processor grafis.

Seperti sudah diketahui platform Mobile Snapdragon 675 menyediakan arsitektur baru dan peningkatan kinerja dibandingkan Snapdragon 670 di beberapa hal.

Pertama adalah game, Snapdragon 675 dirancang untuk menghadirkan pengalaman gaming yang mulus dengan frame-rate tinggi. Qualcomm Technologies bekerja dengan pengembang game untuk menghadirkan pengalaman gaming tingkat berikutnya ke 600 tier.

Sejumlah game dan mesin game tertentu telah dioptimalkan termasuk Unity, Unreal, Messiah, dan NeoX. Qualcomm Technologies juga mendukung alat dan API populer, termasuk VulkanÆ 1.1, OpenGL ô ES 3.2, OpenCL ô 2.0, dan profiler Snapdragon. Kedua adalah peningkatan signifikan untuk kemampuan imaging.

Snapdragon 675 dirancang untuk memungkinkan pengguna menangkap gambar dan video dalam kualitas kelas profesional di siang dan malam hari, dalam gerakan lambat dan dengan bantuan AI.

Snapdragon 675 mendukung konfigurasi tiga kamera di depan atau belakang, fitur pendukung seperti telefoto, sudut lebar, dan pengambilan gambar ultra wide, serta mode potret yang disempurnakan (Bokeh), face unlock 3D dan selfie ‘epic’.

Selain itu, Snapdragon 675 menyediakan slo-mo tanpa batas yang mampu merekam klip video slo-mo berkualitas HD, tidak terbatas pada satu detik atau lebih pendek.

Ketiga adalah dalam hal Artificial Intelligence. Platform Mobile Snapdragon 675 dengan Mesin AI multi-inti dirancang untuk memberikan peningkatan keseluruhan hingga 50% pada aplikasi AI. Multi-core AI Engine dirancang untuk meningkatkan kemampuan perangkat seluler untuk memperoleh informasi dan menjadi asisten pribadi utama dengan mengambil foto dan video, belajar dan beradaptasi dengan suara pengguna, dan mengoptimalkan masa pakai baterai.

Melalui komputasi heterogen, Hexagon DSP, Adreno GPU, dan Kryo CPU – dirancang untuk bekerja sama dalam menjalankan aplikasi AI di perangkat dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Penggunaan AI tambahan yang didukung Snapdragon 675 termasuk kamera (deteksi adegan dan objek, image style transfer, potret ulang), keamanan (buka kunci wajah, keamanan pembayaran), suara dan terjemahan. ISV Global juga mendukung platform termasuk Megvii (Face ++), NetEase, SenseTime, Thundersoft, dan Trio.AI.

Di zona memori, A70 memiliki pilihan RAM 6GB atau 8GB dengan 128GB ROM. Slot penyimpanan khusus dari jenis MicroSD pun tersedia yang dapat diperluas hingga 512GB.

Pengguna juga mendapatkan opsi konektivitas standar seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth v4.2, 4G VoLTE di kedua SIM (nano), NFC, dan port USB Type-C. Sejumlah sensor juga melengkapi kecanggihan Galaxy A70 yang terdiri dari sensor Proximity, Light, Accelerometer, Compass, Gyroscope, dan Fingerprint.

Kamera Trio Sempurna

Sektor kamera adalah bentuk kelebihan lain dari Galaxy A70 ini. Lihat saja fitur kamera belakang yang telah ditingkatkan ke sensor trio-32MP (bukaan f / 1.7) ditambah dengan sensor ultra lebar (ultra wide) 8MP (bukaan f / 2.2, sudut maksimal 123 derajat), dan akhirnya sensor kedalaman (depth) 5MP (bukaan f / 2.2).

Konsumen sepertinya lebih menyukai fakta bahwa Samsung memilih untuk menyisipkan lensa sudut lebar dan bukan lensa zoom optik 2x yang biasanya ditambahkan ke ponsel saat ini.

Wajar saja sebab penggunaan lensa sudut lebar akan lebih sering digunakan sehari-hari daripada lensa zoom. Sedangkan untuk kamera depan adalah sensor 32MP (f / 2.0 aperture) yang bertempat di celah takik Infinity-U di tepi atas layar.

Ada banyak fitur tersedia untuk kamera diantaranya adalah Mode Fokus Langsung atau Live Focus yang menghasilkan bidikan potret latar belakang buram menggunakan kamera 32MP dan sensor kedalaman 5MP untuk menghasilkan foto yang terlihat cukup bagus.

Kamera ultra lebar (Ultra Wide) akan memberi bidang pandang yang lebih lebar dari mata manusia, memungkinkan pengguna untuk menangkap panorama lebih luas termasuk beberapa obyek yang tidak bisa ditangkap oleh penglihatan tepi penggunanya.

Baterai 4500 mAh Super Fast Charging

Satu spesifikasi lain yang membedakan dengan saudara kandungnya adalah hadirnya baterai 4.500mAh dengan dukungan pengisian Super-Cepat pada 25W.

Dukungan untuk pengisian cepat 25W, memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang dengan cepat ketika mereka sedang kehabisan daya baterai. Di atas kertas kecepatan mengisi daya baterai Galaxy A70 akan lebih cepat daripada seri Samsung Galaxy S10, yang hanya dibekali charger 15W.

Platform Android Pie

Image Credit: TechRadar

Pengalaman perangkat lunak yang dirasakan pengguna akan sama seperti pada ponsel seri-A terbaru lainnya, yaitu Android 9.0 Pie berbasis One UI.

Namun akan ada beberapa fitur yang hilang dibandingkan dengan yang digunakan di Galaxy S10. One UI adalah nama antarmuka Android terbaru Samsung dan berfungsi sebagai penerus Samsung Experience UI yang sebelumnya menggantikan TouchWiz.

Salah satu tujuan terbesar dengan One UI adalah membantu pengguna “fokus pada tugas yang dihadapi.” Untuk mencapai hal ini, One UI menghilangkan banyak kekacauan dari Samsung Experience dan membuat segalanya lebih bersih.

Misalnya, halaman pengaturan semakin disederhanakan dan mengelompokkan kembali pengaturan tertentu bersama-sama sehingga lebih mudah untuk diakses. Telepon, catatan, email, dan aplikasi Samsung lainnya juga memiliki tampilan baru untuk hanya menampilkan informasi penting.

Harga Samsung Galaxy A70 Juli 2019

Samsung Galaxy A70 akan diumumkan secara resmi pada 26 Juli 2019 mendatang. Samsung Galaxy A70 adalah smartphone kelas menengah yang solid dengan spesifikasi yang tepat di tempat yang tepat.

Ada cukup power dapur pacu, layar yang bagus, kamera yang bagus, dan baterai yang besar yang bisa membuat pengalaman menggunakan smartphone yang sangat menyenangkan.

Pasar smartphone kelas menengah yang penuh sesak mengharuskan Samsung bisa menetapkan harga Galaxy A70 yang tepat agar memiliki peluang untuk memenangkan persaingan.

Harga Samsung Galaxy A70 untuk pasar eropa diperkirakan berada di angka 370 Euro atau jika dikonversi ke Rupiah sekitar Rp.5,9 juta. Ketersediaan untuk pasar Indonesia masih menunggu rilis resmi dua minggu ke depan.