Harga Samsung Galaxy A50 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A50 bersama saudaranya Galaxy A30 secara resmi diluncurkan Samsung, Samsung Galaxy A50 RAM 4GB dihargai Rp.4,099 juta sementara versi 6GB RAM tersedia untuk Rp.4,899 juta.

Galaxy A50 sendiri datang bersama fitur sebagaimana ponsel flagship. Contohnya saja desain layar super AMOLED Infinity U, triple kamera utama dan dilengkapi dengan teknologi AI (scene optimizer), ditambah sensor sidik jari di layar.

Selama ini ponsel Samsung seri J dan seri A hanya mengadopsi desain dari ponsel yang keluar di tahun 2015. Namun serangan produk ponsel asal Cina akhirnya membuat Samsung bermain ofensif dan Galaxy A50 adalah contoh terbaik dari apa yang terjadi ketika perusahaan memutuskan untuk serius.

Youtube: FlashGadget

Menandai tingkat paling atas dari seri A (untuk saat ini), Samsung Galaxy A50 adalah persembahan Samsung yang revolusioner bagi para generasi Z. Genarasi yang hobi eksis secara live. Ponsel terbaru Samsung ini sekilas meniru desain dari Redmi Note 7 Pro dan Pocophone F1.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A50

Harga HpRp 4.099.000 (4GB)
Rp. 4.899.000 (6GB)
RilisFebruari 2019
Platform
ChipsetExynos 9610 Octa (10nm)
CPUOcta-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G72 MP3
RAM4GB / 6GB
Storage64/128GB (microSD up to 512GB)
OSAndroid 9.0 (Pie)
Bodi
Dimensi158.5 x 74.7 x 7.7 mm
Berat166 gram
Layar6,4 inci Super AMOLED capacitive touchscreen
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
BateraiLi-Po 4000 mAh
WarnaBlack, White, Blue, Coral
Kamera Depan
Single25 MP, f/2.0
FiturHDR
Video1080p@30fps
Kamera Belakang
Triple25 MP, f/1.7, PDAF
8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, depth sensor
Video1080p@30fps
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM/HSPA/LTE
SpeedHSPA, LTE-A
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYa, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
LoudspeakerYa
Jack audio3.5mm jack
NFCYa
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
Radio
SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Fasia Bak Galaxy S10

Ponsel Samsung seri M dan A Samsung berbagi banyak elemen desain. Galaxy M30 dan A50 sangat mirip. Tidak ada yang salah dengan ini, dan Samsung membuat perubahan yang cukup di seluruh produk untuk membuatnya terlihat menonjol.

Galaxy A50 mengambil gaya gradien M30 dan memberikan kilau seperti pelangi yang cukup menarik. Ponsel terlihat hebat dan pasti akan membuat setiap orang menoleh. Fasianya didominasi oleh tampilan yang menakjubkan dari ujung-ke-ujung dengan takik berbentuk u di atas dan dagu sedikit di bagian bawah.

Samsung memilih untuk menggunakan material plastik sebagai casingnya yang akan menjaga bobot ponsel hanya 166 gram. Pengurangan berat dikombinasikan dengan ergonomi yang sangat baik membuat Galaxy A50 benar-benar nyaman untuk digenggam.

Panel belakang mengalir dengan lancar dan lengkungan di sekitar tepi memastikan tidak ada tepi yang keras yang akan melukai telapak tangan penggunanya. Bingkai tengah terbuat dari logam dan memiliki tombol volume rocker dan tombol power di sebelah kanan.

Di sebelah kiri adalah sebuah baki dengan slot kartu nano-SIM ganda serta slot kartu microSD khusus. Di sepanjang tepi bawah ponsel berjejer jack headphone 3.5mm, port USB-C serta grille speaker.

Berbicara tentang speaker, level volume di sini secara signifikan lebih baik daripada Galaxy M30 dan reproduksi audio terdengar lebih penuh. Meskipun fokus yang pasti pada frekuensi yang lebih tinggi, namun hanya ada sedikit bass dan pengguna dapat dengan aman meningkatkan volume jika mau.

Tak ada sensor pembaca sidik jari di bagian belakang. Itu karena Galaxy A50 menggunakan pemindai in-display fingerprint scanner. Bukan sensor ultrasonik seperti pada Galaxy S10 namun hanya sensor optik.

Namun begitu fitur ini berfungsi dengan baik, tapi jelas tidak secepat pembaca sidik jari kapasitif standar. Pemindai dalam layar hanya membutuhkan waktu satu detik untuk mengenali biometrik penggunanya.

Untuk kualitas build, tidak terlihat ada yang menekuk atau mendengar derit ketika bagian belakang ditekan dengan ibu jari. Secara keseluruhan, Galaxy A50 sepenuhnya menghadirkan desain yang premium dan solid.

Layar Super AMOLED Infinity U

Bagian depan Galaxy A50 sedikit menyerupai Galaxy M30. Infinity-U waterdrop notch Samsung Galaxy A50 menjorok ke layar Super AMOLED 6,4 inci.

Bezel di bagian samping dan atas sama rampingnya dengan yang ada di kategori ini hanya saja desainnya agak dirusak oleh dagu yang agak besar di bagian bawah. Rasio layar-ke-tubuh (screen to body ratio) secara keseluruhan yaitu 85,2 persen yang sangat premium.

Layar Super AMOLED Full HD + 6,4 inci pada Galaxy A50 jelas merupakan salah satu yang menarik dari ponsel ini. Ini terlihat sangat fantastis dan menjadikan aktifitas menonton konten multimedia menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Dengan dukungan untuk Widevine L1 DRM, ponsel ini mampu melakukan streaming konten HD dari Netflix. Layarnya terlihat sangat hidup meski sedikit agak jenuh. Ada beberapa opsi dalam menu pengaturan untuk menyesuaikan ini sesuai selera penggunanya.

ADVERTISEMENT

Layar jenis Super AMOLED, terkenal dengan level warna hitam yang sangat mendalam dan detil. Angle View layar Galaxy A50 pun sangat bagus saat digunakan di luar ruangan. Kecerahan layar lebih dari cukup untuk mengimbangi sinar matahari langsung.

Ponsel ini dilengkapi opsi untuk beralih ke mode tampilan selalu aktif atau always-on display mode untuk notifikasi sebab tak ada LED notifikasi yang terpasang.

Formasi Perangkat keras Mumpuni

Galaxy A50 ditenagai oleh chipset Exynos 9610, yang belum pernah terlihat di ponsel Galaxy seri apa pun. Dibangun pada proses fabrikasi 10nm, chipset menggunakan arsitektur oct.-core big.LITTLE.

Keempat inti Cortex A73 yang memiliki clock 2.3GHz cukup kuat untuk hampir semua hal, sedangkan empat core efisiensi Cortex A53 yang memiliki clock 1.6GHz memastikan bahwa ponsel ini hanya menyedot daya sedikit saat tidak melakukan aktivitas intensif.

Ada GPU MP3 Mali G72 yang menangani bagian grafis. Ponsel ini hadir dengan RAM 4GB atau RAM 6GB tergantung pada varian yang dipilih konsumen. Kedua varian memiliki penyimpanan internal sebesar 64 GB.

Performa Galaxy A50 Bagus tanpa lag saat bermain game PUBG

Performa jaringan sangat bagus di Galaxy A50 dan ponsel berhasil menstabilkan sinyal bahkan di wilayah dengan jaringan lemah. Panggilan terdengar keras dan jelas.

Exynos 9610 memastikan bahwa penggunaan sehari-hari merupakan pengalaman terbaik di Galaxy A50. Jika Anda bertanya-tanya seberapa kuat Exynos 9610, boleh dikatakan ini satu langkah di bawah Snapdragon 660 yang memang cukup bagus.

Tidak seperti kebanyakan ponsel lain yang ditemui di segmen harga ini, manajemen RAM Galaxy A50 telah dioptimalkan dengan baik dan dapat menampung banyak aplikasi di latar belakang.

Perangkat lunak Terbaru UI One

Di bagian depan perangkat lunak, Galaxy A50 memiliki UI One baru Samsung yang berbasis Android Pie. Antarmuka baru ini dirancang untuk ponsel premium seperti pada Galaxy S10 namun sekarang pun coba ditransisikan ke ponsel Samsung di segmen menengah.

Jika Anda telah menggunakan ponsel Samsung sebelumnya, Anda akan melihat bahwa antarmuka telah sepenuhnya dirombak. Lebih mudah digunakan dengan satu tangan, memiliki ikonografi berwarna-warni dan animasi yang bagus.

Baik itu navigasi antarmuka, animasi, gerakan atau hampir semua aplikasi bisa berjalan dengan sangat mulus. Samsung melakukan pekerjaan yang luar biasa mengoptimalkan perangkat lunak untuk perangkat keras sehingga membuat Galaxy A50 terasa hebat.

Tes yang paling jelas adalah memainkan game paling populer PUBG Mobile. Di sini A50 mampu mempertahankan frame rate yang stabil dalam pengaturan pada mode Ultra.

Tidak ada perlambatan, jarak imbangnya bagus, dan tanpa menimbulkan panas yang berlebihan meski game dimainkan dalam waktu lama. Berbeda dengan smartphone seri Galaxy M, Galaxy A50 menjalankan Android terbaru.

Antarmuka menawarkan sejumlah besar pilihan untuk disesuaikan menurut keinginan. Dari opsi untuk menampilkan konten di layar Always On hingga mematikan animasi sama sekali. Pengguna juga dapat beralih antara tombol dan navigasi berbasis gerakan.

Ada pula opsi untuk mengaktifkan fungsi Bixby menggunakan tombol daya. Selama pengaturan awal, ponsel ini memungkinkan penggunanya menginstal berbagai aplikasi Samsung, yang merupakan cara yang jauh lebih baik.

Samsung juga menambahkan “mode malam” yang pastinya terlihat hebat di panel AMOLED. Muncul dengan tombol navigasi di layar dan gerakan layar penuh. Samsung juga telah mengintegrasikan “lock screen stories” yang terlihat di ponsel Galaxy M-series.

Baterai Gahar 4000 mAh

Kinerja baterai Samsung Galaxy A50 sesuai dengan apa yang diharapkan dari ponsel dengan baterai 4.000 mAh. Ponsel ini tahan sehari penuh dengan penggunaan moderat dan sisa dayanya cukup hingga setengah hari berikutnya.

Bahkan dengan penggunaan game berat, ponsel ini tetap bisa bertahan sehari penuh dengan mudah. Dalam pengujian dengan menggunakannya untuk bermain game, penggunaan media sosial dan streaming musik, ponsel secara konsisten bisa bertahan lebih dari enam jam. Galaxy A50 pun mendukung pengisian cepat 15 watt.

Kamera Sempurna Tiga Lensa

Galaxy A50 membanggakan sistem tiga kamera sebagai salah satu fitur utamanya. Samsung sekali lagi memilih sensor utama 25MP (apertur f / 1.7) yang digabungkan dengan sensor 5MP (apertur f / 2.2) dan sensor sudut lebar 8MP (apertur f / 2.2).

Untuk pecinta selfie, ada juga kamera 25MP (aperture f / 2.0) yang diletakkan tepat di dalam takik berbentuk u. Aplikasi kamera Galaxy A50 menawarkan fitur seperti mode Pro, Fokus Langsung, Panorama, Gerak lambat, Hyperlase, emoji AR, dan beberapa lainnya.

Samsung juga telah menambahkan opsi optimasi adegan cerdas berbasis AI. Akhir-akhir ini, Samsung telah mulai menambahkan dukungan untuk format HEIF dan HEVC efisiensi tinggi dan dapat diaktifkan dari pengaturan.

Bagaimana kinerja kamera Galaxy A50? Yah, ini berhasil memberikan gambar yang tajam, cerah dan detil dalam kondisi siang hari. Seperti kebanyakan kamera Samsung, Galaxy A50 juga cenderung menjaga pencahayaan pada sisi yang lebih tinggi untuk memastikan foto terlihat bagus tanpa mengorbankan bayangan.

Dynamic range dan kontras sangat bagus dalam pengaturan luar ruangan. Kamera dapat mengunci fokus pada objek dekat dengan mudah. Kinerja kamera lowlight pun masuk akal.

Detail tidak sejelas pada Note 7 Pro, tetapi pengukurannya lebih konsisten, terutama dalam pencahayaan yang rumit. Samsung telah menambahkan kamera sudut lebar yang menyenangkan dan juga membuat wajah Anda lebih pas dalam bingkai.

Hanya saja gambar yang diklik dari lensa sudut lebar tidak benar-benar cocok dengan bidikan dari sensor primer dan ada banyak distorsi di tepinya. Dan tidak seperti kebanyakan ponsel dalam harga ini, tidak ada mode malam khusus.

Kamera Galaxy A50 berhasil memotret foto yang bagus dalam cahaya rendah. Sementara kamera depan selfie 25MP Galaxy A50 juga cukup mampu menangkap potret diri dengan detail yang baik dalam pencahayaan yang tepat. Ini juga dilengkapi dengan opsi Fokus Langsung untuk efek bokeh yang juga dapat Anda sesuaikan sesudahnya.

Harga Samsung Galaxy A50 Juli 2019

Samsung Galaxy A50 adalah tentang pengalaman pengguna yang berkualitas. Tampilannya cukup bagus dan kinerjanya lebih dari cukup untuk harganya, tetapi yang paling menonjol adalah pengalaman pengguna yang bersih dan dioptimalkan.

Samsung Galaxy A50 tersedia dalam dua varian dengan satu-satunya perbedaan di antaranya adalah jumlah RAM yang terpasang. Varian RAM 4GB dihargai Rp.4,099 juta sementara versi 6GB RAM tersedia untuk Rp.4,899 juta.

Penyimpanan internal pada kedua varian tersebut sama yaitu sebesar 64GB. Samsung Galaxy A50 datang dengan kemasan yang rapi dan tampaknya terbuat dari bahan bio-degradable.

Di dalam kotak, Samsung telah melengkapinya dengan hampir semua hal yang penting bagi pengguna. Isi kemasan Galaxy A50 meliputi : Unit ponsel Samsung A50, Travel Adaptor, kabel data Type-C USB, Earphone
Pin Ejeksi, TPU Soft Case Cover, Manual Pengguna dan dokumentasi.