Harga Samsung Galaxy A20 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy A20 bakal segera hadir di Indonesia dengan banderol harga Rp. 2 Jutaan. Dengan membawa Spesifikasi layar 6,4 inci dan RAM 3GB.

Meskipun Samsung akan mengungkapkan setidaknya tiga model Galaxy A pada 10 April mendatang, beberapa anggota keluarga ini sudah tersedia untuk dipesan.

Kedatangan terbaru adalah Galaxy A20 yang digerakkan dengan chipset Exynos 7884, layar 6,4 inci dengan teknologi Infinity-V, memori RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB.

Kemarin, Samsung mengkonfirmasi acara khusus peluncuran Galaxy A yang akan berlangsung pada 10 April tetapi tidak mengungkap detailnya.

Sebagian besar handset Galaxy A dengan spesifikasi lebih rendah (dan nomor model) sudah tersedia di beberapa pasar. Tidak lama setelah Galaxy A10, A30, dan A50 melakukan debut di India, Galaxy A20 sekarang tersedia untuk dibeli di Rusia (bersama dengan A30 dan A50).

Menurut rilis berita resmi, handset ini ditenagai oleh prosesor Exynos 7884 dan memiliki layar Infinity-V Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi agak rendah, hanya 1.560 x 720 piksel.

Spesifikasi lainnya termasuk memori 3 GB, penyimpanan internal 32 GB, kamera selfie 8 MP, kamera utama 13 + 5 MP, pemindai sidik jari yang dipasang di belakang, dan baterai 4.000 mAh. Selain itu, spesifikasi Samsung Galaxy A20 mendukung kartu memori microSD dengan kapasitas hingga 512 GB.

Dalam waktu dekat Samsung pun bakal melepas Galaxy A20 untuk pasar Indonesia. Usai meluncurkan Galaxy A30 dan A50 di tanah air, Samsung pun segera menyusulkan seri Galaxy A yang lain yaitu A20 persisnya tanggal 4 April mendatang.

Cuma pihak Samsung Indonesia belum ingin mengungkap berapa harga Samsung Galaxy A20 ini sebab akan dibeberkan lengkap ketika rilis resmi dilakukan.

Jika melihat harga Samsung Galaxy A30 yang dijual lebih terjangkau dibanding Galaxy A50, mungkin saja Galaxy A10 dan A20 dijual lebih rendah lagi.

Youtube: GadgetIndonesia

Spekulasinya akan ada di kisaran harga Rp 1-2 jutaan saja. Untuk pasar India, harga Galaxy A10 dibuka pada banderol 8.490 rupee atau kurang-lebih Rp 1,7 juta.

Sedangkan harga Galaxy A20 yang dilepas untuk konsumen Rusia dijual seharga Rp 3 juta. Mempertimbangkan bahwa selama ini harga ponsel Samsung untuk Rusia umumnya lebih mahal, sehingga boleh jadi Galaxy A20 akan ditawarkan lebih murah untuk pasar Asia.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A20 2019

Harga HpRp 2 Jutaan (Belum resmi)
RilisJuli 2019
Platform
ChipsetExynos 7884 Octa
CPUOcta-core (2×1.6 GHz & 6×1.35 GHz)
GPU
RAM3GB
Storage32GB (microSD up to 512GB)
OSAndroid 9.0 (Pie)
Bodi
Dimensi158.4 x 74.7 x 7.8 mm
Berat169 gram
LayarSuper AMOLED 6.4 inci (720 x 1560 piksel), rasio 19.5:9
Proteksi
BateraiNon-removable Li-Po 4000 mAh
WarnaHitam, Biru dan Merah
Kamera Depan
Single8 MP, f/2.0
Video
Kamera Belakang
Dual13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
5 MP, f/2.2, depth sensor
FiturLED flash, panorama, HDR
Video1080p@30fps
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYa, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCTidak
Portjack audio 3.5 mm
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
RadioFM Radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Galaxy A20 Modern Minimalis

Untuk desain, Galaxy A20 membawa desain yang sama sekali baru dan sangat mendasar dan tak ada kemiripan dengan J-series atau ponsel seri On yang kita lihat di masa lalu.

Layar Galaxy A20 dilengkapi dengan layar HD + Super AMOLED dan di bagian belakang, pengguna akan menemukan pemindai sidik jari berbentuk oval yang mudah dijangkau di bawah sepasang lensa kamera.

Perangkat baru ini menampilkan desain tepi-ke-tepi yang cantik dengan potongan kecil berbentuk V untuk wadah sensor kamera yang menghadap ke depan.

Mungkin hal yang paling menonjol tentang ponsel terbaru ini adalah desainnya, berkat tampilan Infinity-V. Kamera menghadap ke depan pada perangkat ini pun dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur Face Unlock.

Kaca 3D menutupi bagian belakang yang memberikan tampilan yang ramping sekaligus premium. Perangkat Samsung terbaru ini menawarkan fitur “3D Glasstic” build dengan dimensi 158.4×74.7×7.8 mm. Bodi ramping 7,8 mm Galaxy A20 terasa seperti dibuat untuk tangan Anda.

Lapisan plastik mengkilap menonjol dengan sendirinya, dan Anda dapat memilih dari hitam, biru tua, oranye karang, atau merah. Untuk membuka kunci, cukup letakkan jari Anda di pemindai belakang untuk otentikasi.

Galaxy A20 terlihat hampir identik dengan ponsel murah yang baru saja diluncurkan seperti Honor 10 Lite dan Realme U1 dengan tetesan air dan bezel tipisnya.

Ponsel ini diberikan bodi polikarbonat yang tidak disangsikan lagi cukup enak untuk dipegang. Tampilan kesingnya mengkilap dan halus untuk disentuh. Melengkung di semua sisi, membuatnya pas di tangan penggunanya dengan sempurna.

Layar Mewah Super Amoled

Sorotan utama dari spesifikasi Samsung Galaxy A20 yang murah ini adalah layarnya, yang membawa panel Super AMOLED HD + 6,4 inci (720×1560) dengan membawa aspek rasio modern 19,5 : 9 yang sempurna untuk konten multimedia.

Ada takik tetesan air yang mengikuti bahasa desain Infinity-V Display, begitu disebut oleh Samsung. Layar mampu memproduksi warna yang kaya, sudut pandang yang mengesankan dan visibilitas luar ruangan yang begitu cemerlang.

Ini adalah salah satu tampilan yang menarik perhatian saat pengguna menghidupkan ponsel untuk pertama kalinya. Cukup tajam dan cukup cerah dengan warna hitam pekat dan warna yang sangat jenuh.

ADVERTISEMENT

Berbicara tentang multimedia, ponsel ini memiliki dukungan untuk Widevine L1, sehingga pemain akan dapat melakukan streaming konten resolusi tinggi dari Prime Video, Netflix dan sumber lainnya.

Untuk diketahui, Widevine merupakan salah satu platform digital rights management (DRM), dengan fungsi untuk menangkal pembajakan dari video yang tersimpan di layanan streaming. Widevine memproteksi konten video menggunakan 3 level keamanan yang dinamakan L3, L2, dan L1.

Perangkat dengan fitur streaming wajib disertifikasi guna memenuhi spesifikasi L1 sehingga bisa menikmati konten video HD dari layanan streaming semisal Netflix.

Samsung menggunakan Asahi Dragontrail glass pada ponsel yang akan memberikan perlindungan dari benturan. Walaupun lekukan Infinity V pada ponsel tidak dapat disembunyikan menggunakan pengaturan perangkat lunak, namun itu cukup kecil dan tidak akan mengganggu pandangan saat menikmati konten yang diputar.

Dapur Pacu Handal

Galaxy A20 ditenagai oleh octa-core Exynos 7884 SoC, yang memiliki dua core daya tinggi clock 1,6GHz dan enam core efisiensi dengan kecepatan clock 1,35GHz.

Exynos 7884 adalah versi underclocked dari Exynos 7885. Namun hampir semua detail lainnya sama dengan Exynos 7885. Samsung telah menggunakan Proses FinFet 14nm untuk membuat chipset ini.

Teknologi prosesnya sama dengan chipset Exynos 7 Series lainnya Exynos 7870, 7885 dan 7904. Dalam konfigurasi CPU, Exynos 7884 adalah prosesor Octa-Core 64-bit.

Ini memiliki dua core berbasis desain Cortex-A73 IP clock di 1.6GHz. Lalu 6 core lainnya memiliki Desain IP berbasis Cortex-A53 dengan kecepatan clock 1.6GHz yang sama.

Jika membandingkannya dengan CPU Exynos 7884 dengan 7885 maka kita akan dipahami perbedaannya. Exynos 7885 juga merupakan 64 bit Octa Core Processor yang dibangun pada proses 14nm yang sama.

Exynos 7885 memiliki 2 Cortex-A73 cores dengan kecepatan clock 2,2 GHz yang lebih tinggi. Sementara Exynos 7884 memiliki kecepatan clock 1.6GHz yang lebih rendah.

Jadi Dalam hal CPU, Exynos 7884 mirip dengan 7885 dan satu-satunya perbedaan adalah kecepatan clock yang lebih rendah. Jika kita berbicara tentang GPU, Exynos 7884 memiliki GPU Mali G51.

Main game PUBG lancar di Galaxy A20

Smartphone Galaxy A-series terbaru ini hadir dalam konfigurasi memori tunggal dengan 3GB RAM dan penyimpanan internal 32GB. Penyimpanan onboard selanjutnya dapat diperluas melalui kartu microSD hingga 512GB.

Berbeda dengan Galaxy A10, Galaxy A20 datang dengan pemindai sidik jari konvensional di bagian belakang perangkat. Samsung belum menentukan apakah ponsel ini dilengkapi dengan port microUSB seperti A10 atau port USB Type-C seperti A30 dan seterusnya.

Secara perangkat lunak, Galaxy A20 akan tersedia dengan platform Android terbaru versi 9.0 Pie sebagaimana yang juga digunakan oleh perangkat premium terbaru Galaxy S10. Desain antarmuka (UI) yang digunakan adalah Samsung Experience versi 9.5.

Antarmuka Samsung Experience tersebut sudah dimodifikasi khusus sehingga bisa mengakomodasi desain notch Infinity V yang diterapkan ke perangkat ini.

Seperti contohnya, ketika pengguna menjalankan fitur keamanan biometrik face recognition (pengenal wajah), otomatis tiap kali mengaktifkan layar dalam kondisi perangkat terkunci, akan keluar efek cahaya yang bergerak di tepi notch V atau area kamera depan untuk penanda jika kamera depan smartphone ini sedang aktif untuk men-scan wajah pengguna.

Begitu pula ketika mengaktifkan fitur self timer guna memotret memanfaatkan kamera depan. Kecuali angka dengan hitungan mundur, akan keluar juga animasi di tepian notch yang menampilkan sisa waktu menjelang foto diambil.

Kamera Dual Kekinian

Di bagian fotografi, Samsung Galaxy A20 mengemas pengaturan kamera belakang ganda, yang mencakup kamera utama 13-megapiksel dengan aperture f / 1.9 dan kamera 5 megapiksel sebagai sensor sekunder dengan aperture f / 2.2.

Kamera ganda yang sederhana dan mudah digunakan memberi Anda foto yang cerah dan jelas hanya dengan satu titik dan ketuk. Duo kamera belakang 13MP dan 5MP ultra wide angle dengan sudut 123 derajat dibuat untuk pengalaman bagaimana pengguna memotret secara maksimal dengan hasil terbaik.

Hanya saja untuk kemampuan fungsi white balance, gambar kadang-kadang terlihat sedikit terlalu terang dengan warna yang tidak alami.

Di bagian depan adalah kamera 8 megapiksel dengan aperture f / 2.0 untuk selfie yang menyenangkan. Kamera depan 8MP Galaxy A20 menjadikan selfie Anda terlihat terbaik, dan dengan fitur fokus Selfie, Anda akan bisa membuat foto dengan latar belakang buram untuk menjadikan tampilan Anda terlihat menonjol.

Sebagaimana pada Galaxy M20, kamera A20 pun menyediakan berbagai fitur penting untuk menyempurnakan hasil pemotretan seperti : Digital Zoom, Auto Flash, Face detection, Touch to focus, Exposure compensation, ISO control, dan High Dynamic Range mode (HDR).

Untuk pilihan mode, pihak vendor menawarkan opsi Otomatis, Sticker, Foto Rangkaian (Continuous Shot), Live Focus (Bokeh), Kecantikan (Beauty), Pro dan juga Panorama.

Baterai Jumbo Awet

Galaxy A20 dilengkapi dengan baterai 4.000 mAh yang cukup besar, tetapi tidak diketahui apakah ini membawa dukungan pengisian cepat (fast charging) atau tidak.

Meski kalah besar dibanding baterai yang dimiliki Galaxy M20, namun dengan kapasitas sebesar itu saja sudah dapat dipastikan aktifitas pengguna akan bisa bertahan setidaknya untuk sehari.

Adapter charge yang disertakan dalam paket penjualan pun sudah dirancang mampu mengisi ulang daya baterai dengan cepat.

Harga Samsung Galaxy A20 Maret 2019

Samsung Galaxy A20 untuk sementara baru dijual untuk konsumen di Rusia dan menawarkan harga 13.990 rubel yang bila dirupiahkan kira-kira Rp.3 juta.

Beberapa saat lalu pihak Samsung Indonesia telah memberikan kepastian jika Galaxy A20 bakal tersedia di Indonesia dalam waktu tak lama lagi dan akan dijual serempak bersama Galaxy A10, Galaxy A30, dan Galaxy A50. Hanya saja, harga belum diumumkan.