Dipublish Tanggal: 06/22/19 2:05 PM

Samsung Galaxy A2 Core Harga Terbaru dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Samsung Galaxy A2 Core dibanderol seharga Rp 1.099.000. Dilengkapi dengan spesifikasi RAM 1GB, simak review lengkapnya!

Samsung belum lama ini mengumumkan hadirnya ponsel teranyar mereka yang mengusung OS Android 9.0 Pie Go Edition. Perangkat Android tersebut adalah Samsung Galaxy A2 Core. Sebagaimana ponsel Android Go lainnya, spek yang dibawa pun sarat dengan ciri khas ponsel kelas pemula.

Untuk yang belum mengenal Android Go Edition, ini adalah sistem operasi ringan yang sengaja dibuat agar bisa berfungsi dengan lancar di ponsel berspesifikasi rendah berharga murah.

Youtube: Gadgetin

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A2 Core

HargaRp 1.099.000
RilisMei 2019
Platform
ChipsetExynos 7870 Octa (14 nm)
CPUOcta-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP1
RAM1GB
Storage16GB (microSD, up to 256 GB)
OSAndroid 8.0 Oreo (Go edition)
Bodi
Dimensi141.6 x 71.0 x 9.1 mm (142 gram)
LayarIPS LCD 5 inci 540 x 960 piksel, rasio 16:9
BateraiRemovable Li-Ion 2600 mAh
WarnaBlack, Gold, Red
Kamera
Depan5MP, f/2.2
Belakang5MP, f/1.9, AF
Video1080p @30fps
FiturLED flash, HDR
Konektivitas
SIMDual-SIM (Micro + Micro)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
RadioFM Radio
SensorAccelerometer, proximity
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Samsung A2 Core ringkas dan nyaman di tangan

Samsung Galaxy A2 Core menampilkan nomor model SM-A260 lebih merupakan penerus langsung dari Samsung Galaxy J2 Core yang dirilis tahun lalu. OEM telah meninggalkan seri smartphone Galaxy J tahun lalu yang juga dikenal sebagai seri Galaxy On di beberapa pasar dan menggantinya tahun ini dengan lineup Galaxy A dan Galaxy M yang baru.

Secara tampilan kasat mata, Galaxy A2 Core termasuk ponsel yang lumayan kecil apabila membandingkannya dengan rata-rata smartphone era sekarang. Dengan dimensi cuma 141.6 x 71 x 9.1mm dan berat 142 gr maka sangat pas bagi pengguna yang memerlukan smartphone berdesain ringkas dan nyaman dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Desain eksterior smartphone ini tidak berusaha menyembunyikan ciri khas ponsel anggaran dimana bagian depan ponsel ini terlihat hampir identik dengan Galaxy J2 Core yang diluncurkan tahun lalu, dengan bezel berukuran sama, tanpa lekukan, atau panel tepi-ke-tepi.

Panel belakang jauh berbeda, dalam hal ini sepertinya telah dibuat sebagai desain unibody, sedangkan Galaxy J2 Core memiliki panel belakang yang dapat dilepas mengunci ke bingkai di sekitar perangkat. Secara teknis panel belakang Samsung A2 Core masih bisa menjadi cangkang yang dapat dilepas dan memungkinkan pengguna untuk mengganti baterai internal, tetapi ini tidak mungkin mengingat keseluruhan desain dan fakta bahwa Samsung mulai meninggalkan fitur ini sejak kehadiran seri Galaxy A 2019.

Rincian lain yang berkaitan dengan Samsung Galaxy A2 Core termasuk jack headphone di sisi bawah, serta kamera dan lampu kilat LED yang diposisikan di sudut kiri atas bukannya di tengah. Pengeras suara belakang tunggal juga telah dipindahkan tepat di bawah kamera utama.

Samsung A10Samsung A30
Samsung A20Samsung A70

Kinerja Mesin Samsung A2 Core disokong Exynos 7870

Jeroan utama Galaxy A2 Core, pihak vendor mengusung chipset Exynos 7870 octa-core yang dipadukan RAM ukuran 1GB dan ROM 16 GB masih dilengkapi keberadaan slot kartu microSD hingga 256 GB.

ADVERTISEMENT

Exynos 7870 mempunyai konfigurasi 8-core Cortex-A53 dan Chip Grafis Mali-T830. Chipset Exynos 7870 tersebut diproduksi dengan proses pabrikasi 14nm yang sangat efisien. Chipset tersebut dijanjikan mampu memudahkan penggunaan daya baterai yang lebih hemat, dipadukan dengan platform Android Go yang akan mendayagunakan pemakaian baterai dengan kapasitas 2.600 mAh.

Berjalan dalam platform Android Oreo Go edition, Galaxy A2 Core sudah dibekali berbagai aplikasi pre-load versi lite yang hanya membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dan juga sumberdaya RAM. Pengguna akan mendapatkan versi Go aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya termasuk Gmail, Google Maps, dan YouTube.

Aplikasi tersebut menempati ruang lebih sedikit daripada versi standarnya. Karenanya aplikasi-aplikasi tersebut pun memiliki fungsionalitas yang sedikit terbatas. Misalnya, Google Maps Go tidak dapat memberi arahan dan membutuhkan aplikasi pendamping yang disebut Navigasi Go untuk mengaktifkan fungsi tersebut.

Beberapa aplikasi lain seperti Galaxy Apps, Samsung Member, Samsung Max, dan Ultra Apps pun sudah preloaded. Ultra Apps memungkinkan pengguna menjalankan versi aplikasi Web seperti Facebook, Instagram dan banyak lainnya sambil menghemat konsumsi data menggunakan Samsung Max.

Panel layar Samsung A2 Core Berteknologi IPS LCD 5 Inchi

harga-samsung-galaxy-a2-core3
harga-samsung-galaxy-a2-core3

Layar yang dibawa Galaxy A2 Core berdimensi 5 inci yang hanya bisa menyuguhkan resolusi 540 x 960 piksel. Layar memiliki rasio aspek 16: 9 dan sejauh yang terlihat, satu-satunya detail yang membedakan panel depan Galaxy A2 Core dari model tahun lalu adalah letak kamera depan, karena sekarang telah dipindahkan ke samping loudspeaker.

Tidak ada sensor cahaya sekitar atau ambient light sensor, tetapi untuk mengimbangi itu Samsung menggunakan kamera selfie 5 megapiksel untuk mengukur cahaya di sekitar pengguna dan mengatur serta menyesuaikan kecerahan layar.

Namun ini hanya terjadi setiap kali ponsel tidak terkunci. Fitur tersebut pun tidak terus-menerus aktif sebagaimana sensor cahaya sekitar.

Resolusi Kamera Samsung A2 5MP Depan Belakang

Di bagian fotografi, Galaxy A2 Core tak banyak membuat kejutan. Sepasang kamera yang diberikan pun terasa standar sesuai kelas bawah yang dibidiknya. Di sini konsumen akan mendapatkan kamera belakang tunggal 5 MP dengan aperture f/1.9 dan kamera depan 5 MP yang memiliki bukaan f/2.2.

Lebih lanjut, kamera utama dan kamera depan memiliki Mode Kecantikan atau Beauty Mode yang disebut-sebut menawarkan hasil potret dan selfie yang lebih baik kepada pengguna. Ponsel ini dapat menghasilkan foto yang lumayan jernih baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kamera bisa berfungsi dengan cepat dan autofokus yang berfungsi dengan baik. Tetapi meskipun begitu, jika tidak ada banyak cahaya di sekitarnya, semuanya akan menjadi buram. Tidak ada HDR di sini. Smartphone ini mampu merekam video pada resolusi 1920 ◊ 1080, tetapi kualitasnya kurang bagus.

Aplikasi kamera sangat minimalis sehingga praktis tidak ada opsi tambahan. Semuanya terbatas pada beberapa filter, pengatur waktu dan kemampuan untuk mengaktifkan garis grid.

Sektor Konektifitas Samsung A2 Core Lengkap

Perangkat Dual-SIM ini telah memfasilitasi fitur VoLTE untuk panggilan super jernih. Beberapa fitur tambahan lain antara lain 2.4GHz Wi-Fi b/g/n, serta Bluetooth 4.2 LE. Ponsel ini pun tetap terpasang jack audio tradisional 3.5 mm yang memang masih banyak difungsikan pengguna.

Samsung Galaxy A2 Core dilengkapi dengan baterai 2600 mAh yang dapat dilepas, yang dikombinasikan dengan layar 5 inci berresolusi qHD yang rendah, perangkat keras dan lunak yang sederhana bisa memberikan waktu hidup antara 1,5-2 hari.

Secara alami, ponsel ini tidak mendukung fitur pengisian cepat atau fast charging sehingga akan dan terisi penuh dari pengisi daya normal dalam beberapa jam lamanya.

Samsung A80Samsung A7
Samsung A9Samsung A50

Harga Samsung Galaxy A2 Core bulan Agustus 2019

Sekarang ini Samsung Galaxy A2 Core sebatas masih dipasarkan untuk para konsumen negara India saja. Harga Galaxy A2 Core ditawarkan sebesar US$76 yang bila dikonversi ke Rupiah kurang lebih Rp.1.099.000.

Tiga warna standar ditawarkan untuk konsumen yaitu merah, biru, dan abu-abu gelap. Kehadirannya di Indonesia sendiri masih belum bisa dipastikan meski India dan Indonesia sama-sama berpenduduk kebanyakan dari kalangan bawah. Kita tunggu saja!