Dipublish Tanggal: 02/3/19 9:11 AM

Harga Samsung Galaxy J2 Pro (2018) dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Tahun 2019 Samsung Galaxy J2 Pro (2018) dibanderol dikisaran harga Rp 1.6 jutaan dan Harga Bekasnya Rp. 1.1 Jutaan. Spesifikasi yang dimilikinya cukup mumpuni seperti RAM 1.5GB/16GB serta versi yang paling tinggi dengan RAM 2GB/32GB.

Seperti versi sebelumnya, inkarnasi terbaru Samsung Galaxy J2 Pro adalah smartphone entry-level yang dipasarkan dengan harga terjangkau. Fitur layarnya sudah mengadopsi panel premium Super AMOLED 5-in yang relatif besar dan ditenagai oleh chipset quad-core Qualcomm Snapdragon 425. Kamera belakang secara alami juga mengadopsi spek tingkat pemula 8 MP.

Pangsa ponsel berharga sejutaan kian ramai dengan munculnya beberapa merek dari sejumlah produsen. Tidak cuma menjanjikan fitur dan spesifikasi mengesankan, ponsel berbanderol Rp. 1 jutaan sekarang pun telah disertakan spesifikasi perangkat keras hebat demi mengakomodir kebutuhan pengguna mulai dari memainkan game, kegiatan pemotretan sampai akses setiap saat di jejaring sosial.

Inovasi dari beberapa produsen ponsel kini sudah cukup memuaskan konsumen kebanyakan termasuk di Indonesia. Sesudah Xiaomi dan beberapa produsen lokal mengeluarkan produk ponsel murah terbaru,

Samsung pun tak mau ketinggalan dengan meluncurkan seri Galaxy J Series-nya yakni Samsung Galaxy J2 Pro (2018). Terjun di kelas pemula, ponsel terbaru Samsung tersebut menyuguhkan visual layar yang ciamik sekaligus performa yang apik. Berikut ulasan lengkap spesifikasi Samsung Galaxy J2 Pro.

Youtube: GadgetIn

Spesifikasi Harga Samsung Galaxy J2 Pro (2018)

Harga HpRp 1.450.000 (RAM 1.5GB)
Rp 1.720.000 (RAM 2GB)
RilisJanuari 2018
Platform
ChipsetQualcomm MSM8917 Snapdragon 425
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
RAM1.5GB/2GB
Storage16GB/32GB (microSD, up to 256 GB)
OSAndroid 7.1 (Nougat)
Bodi
Dimensi143.8 x 72.3 x 8.4 mm (153 gram)
LayarSuper AMOLED 5 inci (960 x 540 piksel)
BateraiLi-ion 2.600 mAh (removable)
WarnaBlack, Gold, Blue, Pink
Kamera
Depan5MP, f/2.2, LED flash
Belakang8MP, autofocus, LED flash
Video1080p 30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Konektivitas
SIMDual-SIM (Micro + Micro)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
RadioFM radio
SensorAccelerometer, proximity
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Samsung Galaxy J2 Pro 2018 Sangat Kuat

Mengisi pangsa entry level, Galaxy J2 Pro menawarkan desain yang hampir sama dengan seri sebelumnya. Ponsel ini tetap menganut desain membulat untuk tiap sudutnya ditambah bingkai logam di sekelilingnya yang menjadikannya kian terlihat mantap ketika dipegang.

Datang dengan dimensi fisik tak begitu besar membuatnya sangat nyaman untuk dipegang utamanya untuk pengguna wanita. Penutup belakang hanya terbuat dari bahan polikarbonat hanya saja tetap menghasilkan kenyamanan tersendiri ketika dipakai.

Samsung J2 Pro masih membenamkan tombol Home fisik di bawah layar. Di sebelah tombol home dilengkapi sepasang tombol kapasitif yaitu back dan recent apps.

Sementara di atas layar tersemat sensor kamera depan serta lampu kilat yang akan membantu pencahayaan foto selfie di tempat gelap. Di samping kanan bodi disematkan tombol power, adapun di samping kiri terbenam sepasang tombol volume (naik dan turun).

Bergeser ke sebelah belakang, pihak vendor membenamkan kamera utama dengan rancangan agak berbeda seperti para pendahulunya yang mana sensor kamera dan lampu LED diposisikan secara horisontal berpelindung kaca.

Persis di samping sensor kamera belakang itu terpasang celah speaker. Mengadopsi desain baterai yang dapat dilepas, di balik kesing belakang terpasang sepasang slot kartu SIM dan slot kartu microSD yang terpisah sebagaimana perangkat Samsung yang lain.

Galaxy J2 Pro juga memiliki lubang jack audio yang terpasang di pinggir atas unit, sementara celah port microUSB 2.0 persis berada di sisi untuk charging dan juga transfer data dari dan ke komputer ataupun laptop.

Layar AMOLED 5 inci

Panel layar yang terpasang di Hp Samsung Galaxy J2 Pro mungkin menjadi nilai jual utama. Dikemas dengan layar Super AMOLED untuk visual yang cukup apik.

Karena teknologi layar tersebut pula menjadikan Galaxy J2 Pro (2018) sangat nyaman digunakan secara terus menerus misalnya memainkan game atau menjalankan streaming video.

Panel layar Galaxy J2 Pro mampu memproduksi tampilan yang jenuh meskipun dengan eksposur yang sedikit lebih rendah, tetapi white balance cukup akurat.

Handset ini membawa dimensi layar 5 inci yang bisa memberikan resolusi sekelas qHD atau 540×960 piksel yang dirasa sudah pas untuk kelas yang disasar. Densitas layar yang dihasilkan Galaxy J2 Pro berada di angka 220 ppi yang lebih rendah dibanding kompetitor sebut saja Nubia M2 Play, Nokia 2 atau Sharp R1.

Layar ponsel ini pun cuma mampu memberikan respon untuk 5 titik sentuhan saja atau separuh dari kemampuan pesaing yang sudah bisa merespon 10 titik sentuhan. Cukup sayang Galaxy J2 Pro tanpa disertakan pelapis kaca 2.5D yang bisa meningkatkan nilai plus sebab tampilannya jadi lebih menarik.

ADVERTISEMENT

Sebagaimana ponsel buatan Samsung yang lain, Galaxy J2 Pro datang menggunakan antarmuka pengguna TouchWiz UI berbasis Android Nougat hanya saja hanya sedikit peningkatan yang ditawarkan dibanding seri Galaxy lainnya.

Ini terlihat dari tampilan notification tray yang dilengkapi berbagai tombol pintasan khusus untuk masuk ke aplikasi Samsung mulai Power Saving, Secure Folder, Blue Light filter sampai Ultra Saving Data.

Ponsel berplatform sistem operasi Android 7.1.1 Nougat ini pun disematkan sejumlah aplikasi buatan Microsoft untuk menunjang tugas. Di samping itu, ponsel ini pun dilengkapi fitur yang lazim ada di ponsel Galaxy lain misalnya mode kamera cepat, mode satu tangan, multi window, smart alert, swipe to capture, direct share, hingga dual messenger.

Sementara untuk mengatur sisa RAM, penyimpanan internal, keamanan sampai baterai pengguna dapat membuka aplikasi ìdevice maintenanceî. Dari aplikasi tersebut, pengguna dapat mengecek performa ponsel dalam kondisi bagus atau lemah.

Kinerja Lumayan RAM 1,5 GB

Samsung Galaxy J2 Pro (2018) untuk dapur pacu dipersenjatai dengan chipset entry level seri Qualcomm Snapdragon 425, RAM 1,5GB, storage internal 16GB, dan masih ada slot untuk menambah kapasitas penyimpanan dengan kartu MicroSD.

Dari sejumlah tes dengan aplikasi benchmark, kinerja Galaxy J2 Pro boleh dianggap cukup lumayan. Aplikasi tolok ukur yang digunakan seperti Antutu, GeekBench, 3D Mark dan juga PC Mark keseluruhannya memberikan skor yang cukup layak bila hanya untuk mengakomodasi kegiatan sehari-hari.

Kinerja ketika digunakan beraktivitas sehari-hari pun termasuk bagus. Ketika menjalankan fitur multiwindow, memutar aplikasi multimedia, memainkan game sampai mengakses situs jejaring sosial.

Demikian juga ketika menjajal ponsel ini untuk bermain game Angry Birds dan Real Racing 3 keduanya berjalan dengan mulus dan bisa menyuguhkan keunggulan grafis yang layak.

Baterai Awet

Kendati cuma menyematkan baterai berdaya 2600 mAh, unit Galaxy J2 Pro sudah cukup bisa menemani kegiatan sehari-hari dengan waktu yang lama.

Ketika memakai ponsel ini dengan memutar streaming Youtube dalam waktu sekitar satu jam, daya baterai cuma berkurang 9 persen.

Hanya saja ketika digunakan untuk memainkan game, level baterai berkurang sebanyak 15 persen dengan waktu penggunaan juga satu jam. Secara total kinerja baterai J2 Pro ini sudah cukup bagus.

Sektor Kamera 8 MP + 5 MP

Spesifikasi kamera Galaxy J2 Pro tentu saja tak membawa modul kamera ganda dan teknologi AI yang biasa ditemukan di ponsel kelas atas Samsung. Sebagai pendukung kamera adalah sensor tunggal tipe 8MP 1/3 ” di bagian belakang dan lensa sudut lebar di depan berkekuatan 5 MP.

Kedua sensor tersebut sama-sama memiliki fokus otomatis (Phase Detection Auto Focus) tetapi dengan apertur hanya f / 2.2 yang terasa lebih lambat (kurang cerah) saat mengambil gambar.

Kamera Belakang Beresolusi 8MP

Spesifikasi lainnya relatif mendasar mencakup LED tunggal untuk pemotretan di cahaya rendah, mode HDR dan Panorama. Secara umum Galaxy J2 Pro mampu memberikan gambar dengan fokus tajam dan relatif bersih untuk mode panorama di luar ruangan, dengan sedikit noise luminance.

Gambar memiliki render warna yang baik di luar ruangan, meskipun dengan warna merah yang agak tidak jenuh. Itu juga umumnya memiliki eksposur target yang baik, meskipun ada kalanya adegan kurang terang.

Kamera depan/selfie beresolusi 5MP

Keseimbangan putih akurat dalam kondisi luar ruangan; namun, ada ketidakstabilan yang terlihat. Tak lengkap jika kamera tanpa kemampuan merekam video.

Kamera utama J2 Pro pun dilengkapi kemampuan merekam video hingga resolusi 1080p meski hanya pada kecepatan 30fps. Dalam hal kemampuan antara foto dan video, Galaxy J2 Pro adalah perangkat yang seimbang, di mana masing-masing mencetak 64 dan 65 poin dalam sebuah pengujian DxOMark.

Kamera belakang cukup kuat dalam hal akurasi fokus otomatis, dan memiliki tingkat noise yang cukup rendah di semua kondisi. Dari hasil pengujian juga didapatkan bug di firmware OIS yang merupakan penyebab ketajaman yang tidak merata di seluruh bidang fokus.

Selain itu, dalam pencahayaan redup dan di dalam ruangan dengan menyalakan flash LED didapatkan ketidakakuratan white balance. Sedangkan untuk video, Galaxy J2 Pro umumnya memiliki eksposur yang akurat di sebagian besar kondisi, dan tingkat noise sangat rendah di rekaman indoor dan outdoor.

Guna menyediakan kenyamanan untuk penggunanya, Galaxy J2 Pro dilengkapi fitur palm to selfie, yang mana pengguna cuma perlu mendekatkan telapak tangan, otomatis J2 Pro akan memotret tanpa perlu klik tombol shutter.

Kualitas kamera depan yang terpasang terhitung cukup bagus dengan hasil mengesankan, terlebih untuk sekedar berbagi momen di situs jejaring sosial.

Konektifitas dan Multimedia Lengkap

Membahas fitur multimedia yang dijejalkan ke ponsel ini sepertinya tak ada yang berbeda dibanding seri Galaxy lain di harga sejutaan. Galaxy J2 Po membawa bekal berbagai fitur multimedia seperti aplikasi pemutar musik, pemutar video, dan juga radio FM untuk hiburan bagi penggunanya.

Hampir sama dengan ponsel Samsung yang lain, Galaxy J2 Pro pun tiba dengan fitur dua kartu seluler yang mana untuk kartu SIM 1 memiliki kemampuan akses ke jaringan 4G LTE Cat.4.

Galaxy J2 Pro dibekali pula fitur Wi-Fi untuk akses internet saat berada di area hotspot Wi-Fi. Kelengkapan fitur konektifitas lain termasuk Bluetooth 4.2, port microUSB yang tidak cuma berfungsi untuk charging baterai namun juga transfer file ke komputer dan juga fitur OTG untuk membuka file yang tersimpan di flashdisk. Sementara untuk deteksi lokasi, telepon pintar ini membawa sistem navigasi A-GPS.

Harga Samsung Galaxy J2 Pro 2018 Agustus 2019

Tersedia di pasaran dengan banderol harga Rp1,8 juta-an ketika pertama kali diluncurkan pada bulan Februari tahun 2018 lalu, Samsung Galaxy J2 Pro (2018) menyiapkan keunggulan layar yang cemerlang dengan fitur kamera depan yang layak untuk selfie.

Kendati datang dengan spesifikasi jeroan utama yang terhitung standar, kinerja yang disuguhkan J2 Pro ini sudah lumayan bagus untuk menunjang kebutuhan pengguna sehari-hari.

Harga Samsung Galaxy J2 Pro 2018 saat ini di bulan Agustus 2019 hanya menawarkan label Rp.1.250.000 saja seperti data yang diambil dari salah satu penjual di Bukalapak.