Dipublish Tanggal: 10/13/19 7:25 PM

Harga Samsung Galaxy A30 dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Samsung Galaxy A30 hadir bersamaan dengan Samsung A50 dengan spesifikasi 4GB RAM serta layar 6,4 inci Super AMOLED berbanderol harga Rp. 3.4 jutaan.

Setelah banyak bocoran dan desas-desus, Samsung baru saja meluncurkan ponsel seri-A terbarunya yaitu Galaxy A50 dan Samsung Galaxy A30. Dari keduanya, yang pertama lebih premium dan ponsel murah Samsung pertama yang menampilkan sensor sidik jari dalam layar.

Sementara Galaxy A30 adalah pilihan lebih murah dengan layar Infinity U AMOLED dan sensor kamera belakang wide angle sekunder. Galaxy A30 hadir untuk para generasi Z yang suka nge-live setiap aktifitas mereka.

Dalam beberapa minggu terakhir, Samsung telah secara agresif mengisi segmen pengguna kelas menengah bawah dengan menghadirkan ponsel seri-M dan seri-A yang berbeda (masing-masing dengan beberapa varian).

Jadi, konsumen akan memiliki beberapa pilihan sesuai dengan dana yang dimiliki. Ponsel Samsung Galaxy seri-A adalah perangkat paling premium di level middle end yang di sini termasuk kelebihan dari layar AMOLED, desain premium, dan UI One baru berbasis Android Pie.

Youtube: TeknoLoGue

Itu semua adalah fitur yang sangat keren untuk dimiliki pada ponsel berharga terjangkau, dan Galaxy A30 adalah ponsel paling terjangkau di jajaran Samsung middle end devices.

Tapi, apakah Galaxy A30 adalah ponsel yang harus Anda beli? Apakah ini lebih baik daripada Redmi Note 7 Pro? Baiklah, mari kita bahas secara rinci dalam review Samsung Galaxy A30 berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A30

Harga HpRp 3.399.000 (Resmi di Indonesia)
RilisFebruari 2019
Platform
ChipsetExynos 7904 Octa (14 nm)
CPUOcta-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G71 MP2
RAM4GB
Storage64 GB, 4 GB RAM atau 32 GB, 3 GB RAM (microSD up to 512GB)
OSAndroid 9.0 (Pie)
Bodi
Dimensi158.5 x 74.7 x 7.7 mm
Berat165 gram
Layar6.4 inci, Super AMOLED capacitive touchscreen, 1080 x 2340 pixels
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
BateraiLi-Po 4000 mAh
WarnaBlack, Blue, Red
Kamera Depan
Single16 MP, f/2.0
Fitur
Video[email protected]
Kamera Belakang
Dual16 MP, f/1.7, PDAF
5 MP, f/2.2, 12mm, (ultrawide)
Video[email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Speed4G
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYa, with A-GPS, GLONASS, BDS
LoudspeakerYa
Jack audio3.5mm jack
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
RadioFM radio
SensorFace unlock, accelerometer, proximity
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Apa yang ada di Dalam kemasan

Samsung baru-baru ini mengadopsi kemasan yang sepenuhnya biodegradable dan Galaxy A30 tampaknya datang dalam satu paket seperti itu.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy A10 dan Spesifikasi

Kemasan yang digunakan untuk membungkus Galaxy A30 terlihat sederhana dan berikut semua yang akan Anda temukan di dalamnya : Handset Galaxy A30, Travel Adaptor, Kabel Data Type-C USB, Earphone, Pin Ejeksi, TPU Soft Case Cover, Manual pengguna dan dokumentasi

Galaxy A30 Memiliki Desain dan Kualitas Bangun

Segera setelah pengguna memegang unit Galaxy A30 di tangan, langsung saja memberikan kesan positif dengan desain dan kualitas yang dihadirkan.

Bahkan ini juga dipercaya sebagai salah satu faktor di mana Galaxy A30 akan memiliki keunggulan dalam persaingan dengan merek lain. Ramping dan terasa ringan seperti bulu mungkin memang berlebihan untuk menggambarkan desain Galaxy A30.

Perangkat ini berbagi etos desain yang sama dengan saudara kandungnya Galaxy A50. “3D Glasstic” itulah yang disebut Samsung sebagai lapisan akhir kaca, dan bahkan ketika material yang digunakan hanyalah polikarbonat, ponsel ini tetap terasa sangat premium.

Banyak pengguna mungkin memposisikannya di bawah Redmi Note 7 Pro yang memiliki lapisan kaca sebenarnya. Namun perpaduan lapisan mengkilap dengan gradien benar-benar berfungsi sehingga Galaxy A30 terasa lebih ergonomis dan nyaman di tangan.

Fasia ponsel didominasi oleh layar 6,4 inci yang hidup dengan lekukan berbentuk U di bagian atas yang menaungi kamera selfie. Dan ada dagu yang cukup besar di bawah layar. Seperti semua ponsel Samsung baru, Galaxy A30 juga dilengkapi dengan port USB Type-C di bagian bawah, ditempatkan di sebelah speaker mono.

Sejauh desain yang digunakan, satu-satunya hal yang membedakan Galaxy A30 dari Galaxy A50 adalah penempatan sensor sidik jari. Sementara A50 mendapatkan sensor sidik jari in-display atau di dalam layar maka untuk Galaxy A30 cocok dengan sensor sidik jari fisik model lama yang ditempatkan agak terlalu tinggi terutama jika pengguna memiliki tangan kecil.

Mempertimbangkan segalanya, Galaxy A30 tentu saja merupakan salah satu perangkat berpenampilan terbaik di segmen harganya (jika bukan yang terbaik).

Layar AMOLED Bersertifikasi Widewine L1

Layar yang digunakanlah yang membuat Galaxy A30 unggul. Samsung telah memilih layar Super AMOLED untuk penawaran murah tanpa mengurangi resolusi.

Harga Samsung Galaxy A30 dan Spesifikasi(7)

Galaxy A30 memiliki layar full HD + 6,4 inci dengan resolusi 1080 ◊ 2340 piksel dan aspek rasio 19,5: 9. Pengguna akan mendapatkan warna yang mencolok dan cukup tajam untuk penggunaan yang nyaman di bawah sinar matahari yang menyilaukan.

Langkah lain yang dilakukan Samsung dengan benar adalah mendapatkan sertifikasi Widewine L1 untuk streaming HD. Perbedaan apa yang membuat Anda bertanya? Nah, ini artinya Galaxy A30 sudah bisa mendukung streaming HD di aplikasi Netflix, Prime Videos, Hotstar, dll.

Dengan demikian memungkinkan pengguna memanfaatkan layar yang luar biasa ini secara maksimal. Takik atau Infinity O tidak terlalu mengganggu, dan pengguna akan mengabaikannya dalam waktu singkat apakah mereka sedang menonton video atau bermain game.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy A6 (2018) dan Spesifikasi
Advertisements

Faktanya, yang akan membuat pengguna sedikit terganggu adalah ukuran dagu di bawah layar dibandingkan dengan bezel lainnya. Namun ketahuilah bahwa dagu tersebut akan membantu membuat tombol navigasi di layar lebih nyaman untuk digunakan, tetapi Samsung tentu memiliki kemampuan untuk membuat dagu lebih kecil pada perangkat di masa depan.

Kinerja dan Perangkat Lunak

Dapatkah Galaxy A30 mengalahkan Redmi Note 7 Pro dalam hal kinerja? Raksasa Korea Selatan menggunakan chip Exynos seri 7 di dalamnya. Galaxy 30 memiliki chipset octa-core Exynos 7904 yang digabungkan dengan 3GB atau 4GB RAM.

Ini adalah chip yang sama seperti yang ditemukan di Galaxy M20 dan Galaxy M30. Secara kenyataan dalam hal skor benchmark, kinerja Galaxy A30 tidak mungkin dekat level angka yang diraih Redmi Note 7 Pro.

Namun secara umum pengguna tidak akan menemui masalah dengan pemakaian sehari-hari, tetapi game-game kelas atas seperti PUBG mungkin saja tidak berjalan dengan baik.

Galaxy A30 adalah ponsel non flagship pertama yang telah menggunakan OS Android terbaru Android Pie. Galaxy A30 pun memiliki keuntungan yang jelas dalam hal pengalaman pengguna secara keseluruhan terutama berkat antarmuka UI baru dari Samsung.

Ini adalah salah satu antarmuka khusus terbersih, ramah pengguna dan juga ramah sumber daya di Android saat ini. Menu dan pengaturan pun telah dioptimalkan untuk operasional satu tangan, yang benar-benar membuat perbedaan ketika mengoperasikan ponsel layar lebar ini.

Dengan Android Pie, pengguna akan mendapatkan fitur Digital Wellbeing. Itu berarti pengguna akan mendapatkan alat yang efektif untuk memantau dan mengontrol penggunaan ponsel cerdas mereka dengan cara yang lebih baik.

Secara default, ikon di layar beranda sangat besar tetapi ini dapat diperbaiki dengan mudah dengan memilih grid yang lebih padat untuk layar beranda dan laci aplikasi. Pengguna bahkan dapat mengaktifkan gerakan menggesek satu jari di layar beranda untuk menarik ke bawah notification shade.

Ini sangat membantu karena hampir tidak mungkin mencapai bagian paling atas layar dengan nyaman dengan satu tangan. Ponsel ini mendukung Samsung Pay Mini, yang merupakan versi cut-down yang hanya memungkinkan pengguna mengatur akun UPI, gift card, dan payment wallet.

Galaxy A30 juga memiliki beberapa aplikasi yang sudah dimuat termasuk Dailyhunt dan Amazon Shopping, yang dapat dihapus instalasinya jika tidak diperlukan. Pengguna juga mendapatkan Samsung Max, Opera Max VPN versi reinkarnasi, yang memungkinkan pengguna menjelajahi Internet dengan aman.

Program lain seperti kalkulator, Samsung Notes, dll semuanya opsional, dan pengguna dapat memilih untuk tidak menginstalnya saat pertama kali menjalankan ponsel.

Kamera Samsung Galaxy A30

Spesifikasi kamera Samsung Galaxy A30 membuat hasil yang mengesankan di atas kertas. Ponsel ini memiliki pengaturan lensa ganda dengan sensor utama 16MP (apertur f / 1.7) dan sensor ultra lebar (ultra wide) 5MP (apertur f / 2.2).

Yang terakhir memiliki bidang pandang 123 derajat yang sama dengan flagship Samsung 2019 andalan terbaru yaitu Galaxy S10 Plus. Untuk pecinta selfie, ada kamera 16MP di bagian depan.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy A9 (2018) dan Spesifikasi

Aplikasi kamera memiliki semua yang dibutuhkan pengguna. Antarmuka kamera pun ramah. Sejauh kinerja kamera, hasil maksimal akan didapatkan dalam pencahayaan optimal.

Sensor kamera A30 mampu mengunci fokus dengan cepat dan tidak ada shutter lag yang terjadi. Namun yang sedikit mengecewakan, mode Live Focus sering terlalu kabur atau terlalu sempit, dan fungsi Auto Selfie yang diharapkan dapat mengambil foto selfie hanya dengan melambaikan tangan, jarang bekerja sebagai dikehendaki.

Juga tidak terlihat efek Scene Optimizer memiliki perbedaan nyata. Ada beberapa hasil yang memiliki kontras yang cukup rendah dan agak terlalu pucat dibandingkan dengan kamera ponsel lainnya, meski gambar-gambar tersebut tetap layak untuk penggunaan sehari-hari seperti media sosial dan chat video.

Tambahan lagi, kamera Galaxy A30 pun memiliki AR Emoji yang menyenangkan untuk dimainkan.

Baterai 4.000 mAh Berfitur Fast Charging

Meskipun ponsel ini terasa sangat ringan, Samsung tidak berkompromi pada bagian baterai.

Bahkan, perangkat ini datang dengan baterai 4.000 mAh yang termasuk sangat besar. Berkat perangkat lunak dan perangkat keras yang dioptimalkan dengan baik, pengguna bisa menikmati masa pemakaian lebih dari satu hari dengan sekali pengisian daya.

Pada tahun 2019, Samsung tampaknya telah berubah pikiran dan sekarang melengkapi hampir setiap seri ponsel terbarunya dengan pengisi daya cepat 15W.

Galaxy A30 juga mendapat satu paket di dalam kotak yang mendukung fitur pengisian cepat. Dalam sebuah pengujian untuk penggunaan rata-rata, baterai bisa bertahan 15 jam dan 8 menit.

Pengisi daya cepat yang dibundel ini mampu mengecas baterai hingga sekitar 70 persen dalam satu jam, yang cukup memuaskan.

Fitur Always On Display memang akan mengurangi total waktu penggunaan beberapa jam, tetapi itu masih membuat pengguna melewati satu hari penuh.

Dan itu dengan dua SIM yang menyala bersamaan. Pengguna dengan kartu SIM tunggal tentu akan memiliki masa pakai baterai yang lebih baik.

Harga Samsung Galaxy A30 September 2019

Pada 2019, Samsung secara radikal mengubah gameplay ponsel mid-range-nya. Perusahaan ini bekerja keras untuk menyenangkan konsumen muda milenial generasi Z dan Galaxy A30 adalah sebagian dari langkah ke arah yang benar.

Galaxy A30 datang dengan layar yang cantik, desain yang menarik, perangkat lunak bersih berbasis Android Pie dan baterai besar. Hanya saja kinerja hardcore dan game yang intens merupakan kelemahan dari A30 ini.

Harga Samsung Galaxy A30 yang saat ini cuma memiliki satu varian konfigurasi RAM dan penyimpanan internal 4 GB/ 64 GB untuk konsumen Indonesia ditawarkan Rp.3.399.000.

Ponsel ini dapat dibeli para penggemar dari tanggal 29 Maret tak lama lagi, baik di toko ritel offline ataupun situs e-commerce. Untuk pilihan warnanya adalah hitam, putih, biru, dan Coral inspired by scattered light.

Tags List:

harga dan spesifikasi samsung a30
Advertisements