Harga Samsung Galaxy M20 dan Spesifikasi

Mulai ditawarkan untuk konsumen di Indonesia Februari 2019 lalu, Samsung Galaxy M20 dipersenjatai RAM 3GB dengan penyimpanan internal 32GB dan dipatok seharga Rp 2.799.000. Para peminat di tanah air bisa memesannya secara daring di beberapa situs e-commerce lokal diantaranya Lazada.co.id, JD.ID dan Blibli.com. Untuk diketahui, Galaxy M20 memulai debutnya di India dengan dua varian RAM yakni 3GB dan 4GB. Pasar Indonesia hanya kebagian yang versi 3 GB.

Samsung Galaxy M series baru saja menciptakan kegemparan di pasar smartphone murah awal tahun 2019 ini. Galaxy M20 siap menjadi smartphone yang dimiliki banyak orang. Menawarkan desain yang segar dan terlihat berbeda dibanding kebanyakan merk smartphone Cina murah. Spesifikasi Samsung Galaxy M20 menjanjikan yang terbaik dalam kisaran harga yang dibanderol.

Youtube: GadgetIn

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M20

Harga HpRp 2.799.000 (RAM 3GB)
Rp 3.299.000 (RAM 4GB)
RilisFebruari 2019
Platform
ChipsetExynos 7904 Octa
CPUOcta-core (2×1.8 GHz Kryo 260 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPUMali-G71 MP2
RAM3GB
Storage32GB (microSD up to 512GB)
OSAndroid 8.1 (Oreo); Experience 9.5
Bodi
Dimensi156.4 x 74.5 x 8.8 mm
Berat186 gram
LayarPLS TFT 6.3 inci, rasio 19.5:9 (2340 x 1080 piksel)
ProteksiTBA
BateraiLi-Po 5000 mAh
WarnaOcean Blue, Charcoal Black
Kamera Depan
Single8MP, f/2.0
FiturHDR
Video1080p@30fps
Kamera Belakang
Dual– 13MP, f/1.9, 1/2.8″, 1.12μm, PDAF
– 5MP, f/2.2, 1/6″, 1.12μm
Video1080p@30fps
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Speed4G
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
LoudspeakerYes
Jack audio3.5mm jack
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
RadioFM radio, RDS, recording
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Kekinian :

Samsung Galaxy M20 tampak kokoh dan pas juga di tangan. Tapi sayangnya pengguna akan segera melihat kenyataan jika panel belakang yang digunakan hanya terbuat dari plastik.

Saat ini casing belakang plastik memang memiliki pro dan kontranya sendiri. Meskipun tidak terlihat menarik, namun secara umum tetap layak untuk dibanggakan dan menjadikannya pilihan yang andal untuk penggunaan sehari-hari.

Tentu saja, merek Cina seperti Xiaomi, Honor, Realme, dan lainnya menawarkan perangkat yang terlihat lebih baik dengan sentuhan logam atau kaca pada rentang harga yang sama. Tapi ini adalah kompromi yang harus diterima pengguna jika ingin memiliki ponsel berkualitas baik dari merek besar seperti Samsung.

Pengguna yang tak memasalahkan panel belakang plastik tentu tidak akan mengeluh sama sekali tentang penampilan ponsel yang satu ini. Itu karena bagian depan perangkat terlihat luar biasa dengan tampilan tetes air yang disebut Samsung sebagai tampilan Infinity-V.

Desain layar Infinity-V yang diterapkan ke Galaxy M20 memang benar-benar layak untuk dipuji. Ponsel Samsung dari generasi terbaru Samsung Galaxy M series ini mampu membawa desainnya ke tingkat selanjutnya yang mungkin akan menjadi tren di waktu mendatang.

Hanya saja karena membawa kapasitas baterai yang sangat besar membuat bodinya sedikit tebal dan berat namun Samsung berhasil mendistribusikan berat tersebut secara merata dengan ergonomi yang dipikirkan dengan sangat teliti.

Layar Infinity-V Super Jernih :

Samsung selama ini mampu menyuguhkan desain layar yang sangat bagus dari seri ponsel yang dikeluarkannya, tetapi sejauh ini menghindari tren menambahkan takik (notch) demi memaksimalkan layar.

Namun tahun ini, Samsung sedikit menyerah dan mencoba bereksperimen dengan layar berlubang punch (‘Infinity-O’) dan notch seperti tetesan air yang lebih umum (‘Infinity-V’ dan ‘Infinity-U’, tergantung pada bentuknya).

Harga Samsung Galaxy M20 dan Spesifikasi(4)
layar berlubang punch (‘Infinity-O’) dan notch seperti tetesan air

Itu juga yang diterapkan ke layar M20 yang menjadi salah satu nilai plusnya. Berbicara tentang salah satu kelebihan Galaxy M20, Samsung telah menyematkan layar yang hebat pada Galaxy M20.

Samsung Galaxy M20 menampilkan layar Full HD + Infinity-V 6,3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel, aspek rasio 19,5: 9 dan kerapatan piksel sangat tinggi mencapai 409 ppi.

Layar Galaxy M20 masih menggunakan teknologi PLS TFT, meskipun tak sepopuler layar IPS LCD maupun AMOLED, nyatanya teknologi TFT tersebut tetap bisa memproduksi warna yang nyaman kala digunakan menonton video ataupun memainkan game.

Pada bagian ini, Samsung membuktikan kelasnya sebagai salah satu pembuat panel layar terbaik di dunia hingga saat ini. Karena itu penggunaan panel layar LPS TFT tak akan menjadi persoalan serius untuk Galaxy M20.

Tatkala mengamati layar smartphone ini dari sebelah atas, bawah maupun samping, tak bakal nampak perbedaan ataupun ketidaknyamanan. Layar tetap mampu memberikan pengalaman dan mereproduksi warna dengan begitu baik.

Tak kalah dibanding ponsel dengan panel layar IPS. Tampilan Infinity-V hanyalah istilah pemasaran yang digunakan oleh Samsung karena perusahaan tidak suka disebut dengan water drop notch.

Di dalam notch tersebut terpasang sensor kamera depan, sensor face unlock, dan juga speaker. Menariknya lagi rancangan notch tersebut dapat dihilangkan lewat pengaturan di menu Settings.

Infinity-V memamerkan rasio layar-ke-tubuh (screen to body ratio) sekitar 84% dengan perangkat berukuran 156.4×74.5×8.8mm dan berat 186 gram. Sudut pandangnya bagus dan juga akurasi warna yang membuat terkesan dalam kisaran harga ini.

ADVERTISEMENT

Keterbacaan tulisan dalam penggunaan di bawah sinar matahari juga bagus. Secara keseluruhan, kualitas tampilan layar Galaxy M20 adalah salah satu highlight utama dan pengguna tidak perlu banyak alasan untuk mengeluh tentang itu.

Antarmuka pengguna yang menyenangkan :

Samsung Galaxy M20 beroperasi pada sistem Android Oreo 8.1 dengan UI Samsung Experience 9.5 sebagai versi terbaru.

Interface pengguna sangat nyaman dioperasikan, ditambah berbagai pengaturan yang dapat diaplikasikan guna mengoptimalkan pemakaian perangkat.

Face Unlock + Fingerprint

Menawarkan dua pilihan navigasi, pertama yaitu dengan menggunakan tiga tombol virtual untuk Back, Home, dan Recent Apps. Atau pilihan kedua yaitu mengubah tombol virtual tadi menjadi pilihan gestur layar penuh.

Dengan cara tersebut pengguna disuguhkan pengalaman melakukan operasional ponsel cara baru dengan membuat sapuan jari di tiga garis di layar bawah untuk menu Back, Home, dan Recent Apps. Tak akan bisa merasakan nyamannya navigasi Galaxy M20 jika belum mencobanya sendiri.

Kinerja Andal Berkat Prosesor Terbaru :

Sebelum berbicara tentang spesifikasi inti, eksekutif Samsung saat peluncuran mengatakan bahwa M20 telah dioptimalkan untuk game PUBG Mobile yang populer.

Meskipun PUBG Mobile jelas bukan satu-satunya tolok ukur kinerja, itu pasti hal yang bagus untuk didengar oleh semua pemain PUBG Mobile di seluruh dunia.

Sejauh menyangkut spesifikasi perangkat kerasnya, Galaxy M20 ditenagai oleh prosesor baru Samsung – Exynos 7904. Prosesor Samsung Exynos 7904 dibangun pada fabrikasi 14-nanometer (nm), dilengkapi dengan dua inti Cortex A73 yang mampu digenjot pada clock maksimal 1,8-gigahertz (GHz), dan enam inti Cortex A53 dengan clock 1,6 GHz.

Modem LTE tertanam mendukung Cat.12 3-carrier aggregation (CA) untuk memberikan kecepatan downlink 600-megabit-per-detik (Mbps). Perangkat ini didukung oleh prosesor 1.8GHz octa-core Exynos 7904 dan menjalankan Samsung Experience 9.5 UI berbasis sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Samsung telah berjanji untuk meluncurkan pembaruan Android 9 Pie pada bulan Agustus 2019 mendatang. Secara keseluruhan, Galaxy M20 adalah perangkat yang sangat mulus dalam hal kinerja dengan kemungkinan lag yang minimal.

Ponsel ini akan dengan mudah menyenangkan rata-rata pengguna dalam hal kinerja, namun, pengguna dengan aktifitas aplikasi berat mungkin mendapati perangkat akan sedikit agak panas sesekali meski itu tak akan menganggu sama sekali.

Ini adalah smartphone yang sangat powerful yang bisa dimaksimalkan kinerja puncaknya hingga batas tertentu. Dan itu sudah pasti akan menyenangkan bagi para pemain PUBG Mobile saat menggunakan M20.

Perangkat ini hadir dalam dua pilihan penyimpanan dan RAM yaitu varian 3GB RAM / 32GB dan varian 4GB RAM / 64GB. Kedua varian Samsung Galaxy M20 tersebut mendukung kartu microSD hingga kapasitas terbesar 512GB.

Galaxy M20 adalah smartphone dual-SIM dengan dukungan untuk 4G VoLTE dan dilengkapi dengan jack headphone 3.5mm bersama dengan opsi konektivitas lainnya seperti Wi-Fi, Bluetooth. Perangkat ini memiliki pemindai sidik jari di bagian belakang dan ada dukungan untuk Face Unlock juga.

Kamera Utama Ganda untuk Foto Hebat :

Sejauh menyangkut kamera, spesifikasi Samsung Galaxy M20 hadir dengan kamera belakang dua lensa dengan sensor primer 13MP dengan apertur f / 1.9 dan sensor sekunder 5MP dengan apertur f / 2.2 dan lensa sudut ultra lebar 120 derajat.

Kamera Utama Ganda 13MP + 5MP

Di bagian depan, ada kamera 8MP untuk selfie. Berbicara tentang kualitas, kamera Galaxy M20 mampu memotret berbagai foto hebat di bawah kondisi pencahayaan yang baik.

Dalam situasi pencahayaan rendah, kamera memberikan hasil yang beragam. Karena itu pengguna harus bersabar saat memotret di bawah cahaya redup.

Ada juga mode Live Focus yang akan menghasilkan foto ber efekbokeh dengan hasil maksimal dalam kondisi cahaya yang cerah. Secara keseluruhan, kualitas foto setara dengan pesaing dalam kisaran harga yang sama dengan akurasi warna dan kecepatan rana yang baik.

Jika pengguna memang menggunakan ponsel ini untuk perangkat harian dan tidak terlalu peduli tentang memperoleh kualitas foto setara DSLR maka smartphone ini akan dengan mudah membuat mereka senang dengan kualitas kamera.

Sedangkan untuk kamera depan, ponsel ini sudah sangat bisa diandalkan menghasilkan foto selfie yang baik untuk penggunaan di media sosial.

Baterai Jumbo 5000 mAh Berfitur Pengisian Cepat :

Baterai adalah salah satu kekuatan inti perangkat. Baterai yang bisa bertahan lama tentu banyak dicari konsumen. Karena itu Samsung Galaxy M20 pun menawarkan baterai 5.000 mAh dalam kisaran harga ini.

Hadir dengan port USB Type-C untuk pengisian dan kebutuhan transfer data yang cepat. Daya tahan baterai sangatlah baik sesuai dengan dana yang dikeluarkan konsumen.

Baterai kapasitas jumbo Ini dapat dengan mudah bertahan kurang lebih selama dua hari pada penggunaan campuran sementara memainkan PUBG Mobile yang intens harus mengisi daya Galaxy M20 setiap hari.

Lebih penting lagi, Samsung telah menambahkan adaptor daya 15W (maks 9V-1.67A, min 5V-2A) untuk pengisian cepat baterai 5.000 mAh ini. Baterai Samsung Galaxy M20 yang 5000 mAh itu dijanjikan bisa dipakai untuk melakukan panggilan nelpon hingga 29 jam, atau 17 jam untuk menonton video, atau 101 jam untuk memutar lagu. Tambahan lagi ponsel ini pun menggunakan processor Exynos 7904 octa-core yang sangat hemat energi.

Harga Samsung Galaxy M20 :

Jika Anda ingin memiliki smartphone yang andal dan kokoh untuk penggunaan sehari-hari dengan masa pakai baterai yang baik dan kinerja dari merek besar, maka Samsung Galaxy M20 adalah pilihan tepat.

Juga, jika Anda mencari smartphone yang terjangkau untuk bermain PUBG Mobile atau game online lainnya dengan daya tahan baterai yang baik dengan performa tanpa gangguan lag,

Galaxy M20 pun akan dengan mudah menyenangkan penggunanya. Guna menjual perangkat ini pihak Samsung Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa situs belanja tanah air seperti Blibli, Lazada, dan JD.id.

Sebagaimana disebutkan di atas, Samsung Galaxy M20 ditawarkan kepada para konsumen Indonesia dengan harga Rp 2.799.000 untuk spek RAM 3GB ditambah internal memory 32GB.

Adapun harga Samsung M20 varian RAM 4GB/64GB ditawarkan seharga Rp 3.2 sampai Rp 3.3 juta. Samsung Galaxy M20 tersedia dengan dua opsi warna untuk pembeli di Indonesia yaitu Ocean Blue dan Charcoal Black.