Dipublish Tanggal: 10/17/19 7:59 PM

Harga Samsung Galaxy M30 dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Samsung Galaxy M30 dibanderol seharga Rp 3.4 jutaan untuk RAM 4GB dan versi RAM 6GB.

Baru saja memperkenalkan duo Galaxy M10 dan M20, Samsung kembali me-launching handset terbaru mereka dari keluarga Galaxy M, ialah Samsung Galaxy M30.

Produsen memilih India menjadi negara pertama yang menghelat acara rilis resmi Galaxy M30, sebagaimana juga Galaxy M10 dan M20. Peluncuran Galaxy M30 di India berlangsung 28 Februari 2019 kemarin.

Galaxy M30 adalah ponsel mid-range Samsung dengan spesifikasi layar “Infinity-U” 6,4 inci, resolusi 2.340 x 1.080 piksel, aspect ratio 19,5:9, kamera selfie 16 megapiksel f/2.0 dan dibekali juga kemampuan Face Unlock.

Samsung menunjukkan banyak energi pada tahun 2019 karena merilis ponsel back-to-back dari yang terjangkau hingga yang mewah. Tapi ini bukan hanya tentang kuantitas, Samsung memberikan kualitas juga.

Perusahaan asal Korsel ini memulai dengan Galaxy M-series pada bulan Januari dengan meluncurkan dua ponsel yang sangat mengesankan yaitu Galaxy M10 dan M20.

Seri tersebut ditujukan untuk menarik generasi muda dan Samsung tampaknya telah mencapai keseimbangan yang pas dalam hal desain, perangkat keras dan perangkat lunak.

Melanjutkan langkah agresifnya di pasar ponsel Android murah, Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy M30 yang khusus ditujukan bagi kalangan muda Millennial.

Diluncurkan bersama dengan “adiknya” Samsung Galaxy M20, Samsung berusaha kembali menguasai pasar ponsel kelas menengah bawah yang akhir-akhir ini banyak mendapat serangan dari merek asal China terutama Xiaomi dengan seri Redmi Note 7 Pro.

Galaxy M30 adalah ponsel fungsional dan juga pendukung utama gaya hidup anak muda milenial yang ingin selalu Live di jejaring sosial setiap saat. Apakah Galaxy M30 membawa peningkatan penting dibanding Galaxy M20?

Bagaimana bila dibandingkan dengan Galaxy A30 atau Note 7 Pro? Cek ulasan spesifikasi Galaxy M30 berikut info harga berikut ini. Berikut adalah daftar spesifikasi Samsung Galaxy M30 lengkap :

Youtube: Gadgetin

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M30

Harga BaruRp. 3,4 Jutaan (RAM 4GB)
Harga BekasRp. –
RilisFebruari 2019
Platform
ChipsetExynos 7904 Octa
CPUOcta-core (2×1.8 GHz Kryo 260 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPUMali-G71 MP2
RAM4GB/6GB
Storage64GB/128GB (microSD up to 512GB)
OSAndroid 8.1 (Oreo)
Bodi
Dimensi159 x 75.1 x 8.4 mm
Berat186 gram
LayarSuper AMOLED 6.4 inci, rasio 19.5:9 (2340 x 1080 piksel)
ProteksiTBA
BateraiLi-Po 5000 mAh + Fast battery charging 15W
WarnaGradatian Blue, Gradatian Black
Kamera Depan
Single16MP, f/2.0
FiturHDR
Video[email protected]
Kamera Belakang
Trple– 13MP, f/1.9, PDAF
– 5MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
– 5MP, f/2.2, depth sensor
Video[email protected], [email protected]
FiturLED flash, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Speed4G
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
LoudspeakerYes
Jack audio3.5mm jack
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
RadioNo
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
CekHarga Hp Samsung Terbaru
BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy S9 dan Spesifikasi

Desain Galaxy M30 Ala Flagship

Di tengah kecenderungan layar smartphone yang akhir-akhir ini tampil membosankan, pihak vendor malah menjadikannya sebagai poin menarik untuk perangkat besutannya.

Di bagian depan Galaxy M30 disematkan panel layar infinity-V, poni kecil untuk meletakkan sensor kamera. Samsung Galaxy M30 memiliki layar AMOLED yang cantik dan terlihat luar biasa saat dilihat dari depan.

Sensor kamera depan berada dalam lubang takik (notch) berbentuk U yang ukurannya lebih kecil dibanding takik berbentuk V pada Galaxy M20 dan Samsung Galaxy M10.

Seperti ponsel seri M lainnya, panel belakangnya masih berbahan plastik kelas dua, tetapi Samsung memang menambahkan lapisan gradasi untuk meningkatkan kualitasnya.

Mungkin itu tidak masalah setelah pengguna menambahkan case. Selain itu,, tidak dapat disangkal jika Galaxy M30 sangat nyaman untuk digunakan meski agak sedikit berat karena ponsel ini memiliki baterai 5000 mAh yang sangat besar.

Port charging di bagian bawah adalah Tipe-C bolak-balik dan baki SIM dengan slot kartu khusus. Memiliki fitur pemindai sidik jari di bagian belakang yang sayangnya pengguna mungkin agak kesulitan dan harus benar-benar meregangkan jari telunjuk untuk sampai ke sensor.

Tetapi ada Face Unlock atau pemindai wajah untuk membuka kunci layar sebagai alternatif yang lebih andal dari handset ini. Di bagian kanan bodi perangkat terpasang tombol power dan tombol volume yang diposisikan saling berderet.

Pihak vendor membiarkan bagian kiri bodi nampak bersih dengan keberadaan ‘laci’ untuk menempatkan sepasang kartu SIM dan kartu memori eksternal micro SD.

Beralih ke sisi bawah yang dijumpai speaker tunggal berdampingan dengan jack USB-C dan celah jack audio 3,5mm. Untuk area belakang bodi, Samsung menciptakan kelir aneka warna glossy yang tampak cantik hanya saja menjadi mudah kotor dengan bekas sidik jari penggunanya.

Pada sisi kanan atas belakang terpasang tiga sensor kamera dengan sebuah lampu LED. Sementara sensor sidik jari terdapat di sebelah tengah atas punggung bodi persis di atas logo Samsung.

Layar Amoled Infinity V

Sebagus tampilan panel belakang, bagian depan pun sangat cantik dengan layar Super AMOLED 6,4 inci FHD + cerah (2340×1080). Ya, Galaxy M30 mendapatkan layar AMOLED, yang sangat menarik di segmen ponsel berharga terjangkau.

Selain itu, layar M30 pun menggunakan desain tetesan air Infinity-U yang baru. Galaxy M30 menawarkan lekukan tetesan berbentuk U di bagian atas, dagu tipis dan bezel tipis di bagian atas dan samping.

Advertisements

Secara keseluruhan, bezel cukup tipis di sekeliling layar sehingga pengguna akan mendapatkan sekitar 90 persen screen to body ratio. Dan itu berarti pengguna akan dengan mudah menavigasi menu-menu dan fungsi dengan satu tangan. Tampilan layar AMOLED yang cantik benar-benar membuat Galaxy M30 terasa sangat premium.

Panel AMOLED pada M30 lebih baik daripada merek apa pun yang saat ini tersedia dengan harga yang sama. Untuk memudahkan pengguna, ada opsi untuk memilih di antara empat profil warna yang berbeda, termasuk opsi kecerahan maksimum untuk penggunaan sesekali di bawah sinar matahari langsung.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy M20 dan Spesifikasi

Ada pula opsi untuk menutup bilah status dan menyembunyikan takik meski mungkin tidak banyak orang yang akan menggunakannya. Seperti disebutkan, tampilan pada Galaxy M30 benar-benar luar biasa untuk harga murah. Panel layar terlihat sangat cerah, kaya warna dan hidup dengan saturasi yang baik.

Tingkat kecerahan sangat bagus dan begitu juga sudut pandangnya. Melihat tampilan dari sudut mana pun yang diinginkan dan pengguna akan tetap terkesan.

Ponsel ini dilengkapi dengan dukungan Widevine L1, yang berarti pengguna akan dapat melakukan streaming konten di Netflix dan Prime Video dan platform streaming lainnya dalam resolusi 1080p yang sebenarnya.

Kinerja dan Perangkat Lunak Memuaskan

Spesifikasi utama Galaxy M30 adalah chipset Exynos 7904 yang sama dengan yang digunakan di Galaxy M20 dan Galaxy A30. Platform seluler octa-core ini mungkin terasa biasa-biasa saja dan jauh dari Snapdragon 675 dan Snapdragon 660 yang merupakan opsi merek lain yang tersedia dalam kisaran harga yang sama.

Galaxy M30 mendapatkan chipset Exynos 7904 octa-core 1.8GHz berbasis 14nm yang dilengkapi dengan dua core Cortex-A73 yang berjalan pada 1.8GHz, dan enam core Cortex-A53 yang berjalan pada 1.6GHz.

Meski begitu tidak ada masalah dengan penggunaan reguler, bahkan ketika digunakan membuka beberapa aplikasi sekaligus (multitasking). Namun, game kelas atas seperti PUBG hampir tidak dapat dimainkan pada grafis rendah untuk varian M30 dasar dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB.

Untuk diketahui jika Galaxy M30 datang dengan dua varian RAM dan tempat penyimpanan data internal terdiri dari versi 4 GB/64 GB dan versi RAM 6GB/128 GB.

Sarana penyimpanan pun dapat ditingkatkan lewat pemasangan kartu microSD sampai maksimal ukuran 512 GB. Sebagai sarana konektivitas, Galaxy M30 terpasang 3,5mm audio jack, dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0, dan GPS + GLONASS.

Galaxy M30 pun dipersenjatai dengan beberapa fitur yang lain, diantaranya FM Radio dan fitur Dolby Atmos guna memperkuat kualitas audio yang dihasilkan.

Perangkat lunak pada Galaxy M30 adalah hibrida dari Samsung Experience dan One UI. Ini masih berbasis pada Android Oreo, tetapi Samsung memastikan bahwa pembaruan ke versi 9 Android Pie sedang dipersiapkan.

Apa yang membedakan antarmuka yang bagus dengan yang tidak terlalu bagus biasanya berbentuk akses yang mulus dan kesederhanaan penggunaan dan itu didapatkan dari sistem operasi Galaxy M30.

Tidak seperti kebanyakan ponsel di segmen ini, Galaxy M30 dapat melakukan streaming konten HD dari Netflix dan Amazon Prime dengan sangat lancar.

Berbeda dengan Galaxy M20, untuk Galaxy M30 memiliki dukungan Wi-Fi dual-band. Tak ada masalah dengan penggunaan untuk menelepon atau bentuk konektivitas lain yang dimilikinya.

Kinerja Kamera Triple Luar Biasa

Dibandingkan dengan kamera utama pada Galaxy M20 yang hanya memiliki dua sensor, kamera Galaxy M30 memiliki sensor ketiga. Unit tambahan ini adalah sensor kedalaman (depth of field) yang membuat mode fokus langsung (live focus) jauh lebih baik daripada mode potret berbasis perangkat lunak pada Galaxy M20.

BACA JUGA  Samsung Galaxy Note FE Harga Terbaru dan Spesifikasi

Dua kamera belakang lainnya tetap sama yaitu sensor 13MP dengan lensa aperture f / 1.9, dan sensor sudut lebar (wide angle) 5MP dengan aperture f / 2.2. Foto yang dihasilkan memang terlihat jauh lebih baik bila dibandingkan pada layar ponsel, tetapi itu sebagian besar karena panel AMOLED pada M30.

Pengguna akan mendapatkan berbagai mode pemotretan yang diinginkan, yang akan berguna tergantung pada panorama yang ingin ditangkap. Pengguna dapat dengan mudah beralih antara lensa sudut lebar primer dan lensa sudut ultra lebar dengan mengetuk ikon daun di aplikasi kamera, memungkinkan pengguna untuk menangkap lebih banyak adegan dalam satu bingkai jika diperlukan.

Kamera selfie di bagian depan memiliki sensor resolusi 16MP yang lebih tinggi dari kamera depan M20 dan peningkatan ini disertai dengan peningkatan kualitas selfie secara keseluruhan.

Baterai Jumbo dan Audio Jernih

Terlepas dari tampilan AMOLED yang terlihat hebat, alasan utama lainnya untuk membeli Galaxy M30 adalah daya tahan baterai. Galaxy M30 memiliki baterai 5.000 mAh yang besar, mirip dengan Galaxy M20. Baterai sebagai pensuplai daya pada Galaxy M30 bekerja dengan sangat baik.

Ponsel ini dapat dengan mudah bertahan selama satu hari penggunaan yang berat, mendukung pengisian cepat (fast charging) dan Samsung juga membundel pengisi daya cepat (charger) di dalam kemasan pembelian. Semua itu membuat Galaxy M30 sangat cocok untuk konsumen yang memprioritaskan daya tahan baterai di atas segalanya.

Output audio melalui loudspeaker di bagian bawah cukup baik. Saat menggunakan headphone, pengalaman audio yang didapat pengguna pun sangat bagus dan menyenangkan berkat output yang jernih.

Harga Samsung Galaxy M30 September 2019

Galaxy M30 hampir membuat Galaxy M20 mubazir. Hanya dengan sedikit menambah dana , konsumen akan mendapatkan layar AMOLED, kamera selfie yang lebih baik, konektivitas yang lebih baik (Wi-Fi dual-band), dan mode potret yang lebih baik untuk kamera belakang.

Jika dibandingkan dengan kompetitor dari merek lain seperti Redmi Note 7 Pro, Galaxy M30 memiliki beberapa kelebihan (layar AMOLED, streaming HD, perangkat lunak, baterai, pengisian cepat) meski juga memiliki beberapa kelemahan (kinerja prosesor, kamera belakang primer, bodi plastik).

Tetapi bagaimana pun juga nilai merek Samsung telah dipercaya kebanyakan konsumen sebagai produsen ponsel terbaik di dunia hingga saat ini.

Jika konsumen tidak terlalu menyukai ponsel mahal kelas atas, menghargai kualitas tampilan dibandingkan kinerja kamera, Galaxy M30 tidak akan mengecewakan.

Samsung Galaxy M30 tersedia dalam dua varian warna, ialah warna biru dan hitam. Perangkat ini sudah dapat diorder secara eksklusif di situs belanja online Lazada. Khusus untuk pemesanan dari 25 – 31 September 2019 konsumen akan bisa menikmati harga spesial, yaitu hanya sebesar Rp 2,999 juta.

Sesudahnya harga Samsung Galaxy M30 naik menjadi sebesar Rp 3,399 juta. Tiap pembelian Galaxy M30 akan diberikan bonus kuota data 60 GB dari XL Axiata untuk setahun. Ditambah diskon Rp 300 ribu bila membelinya secara kredit dengan layanan Kredivo.

Advertisements