Dipublish Tanggal: 07/25/19 5:59 PM

Ini Spesifikasi Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Rudy Irawan - Rajasamsung

Rajasamsung.com – Sudah banyak tersiar jika peresmian Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus akan dilakukan Samsung dalam aktu dekat ini. Menuju ke tanggal peluncuran, banyak bocoran dan rumor yang wara-wari di internet tak terkecuali mengenai spesifikasi lengkap kedua perangkat terbaru yang akan mengisi kelas flagship Samsung ini.

Seperti yang disiarkan di laman Techmaniacs yang menyatakan jika Galaxy Note 10 akan datang bersama layar 6,3 inci dan resolusi Full HD+. Sedangkan Galaxy Note 10 Plus memiliki diagonal 6,8 inci berkualitas Quad HD+.

Duo phablet andalan Samsung tersebut memiliki ukuran RAM yang berbeda dimana untuk Galaxy Note 10 akan dibenamkan RAM 8GB, sementara Galaxy NOte 10 Plus akan membawa RAM jumbo hingga 12GB.

Namun sama-sama memiliki storage internal terkecil dari 256 GB. Sudah menjadi kebiasaan Samsung untuk menawarkan dua tipe prosesor sebagai dapur pacu utama di dalamnya.

Disiapkan chipset Snapdragon 855 khusus untuk penjualan di Amerika dan Tiongkok. Sedangkan untuk konsumen global akan diberikan seri Exynos 9825.

Triple kamera tersemat di bagian punggung dengan konfigurasi lensa berturut-turut 12 MP + 12 MP + 16 MP. Eksklusif untuk Galaxy Note 10 Plus masih ditambahkan sensor kamera Time of Flight (ToF).

Sensor kamera utama memboyong teknologi three-stage variable aperture mulai dari yang paling lebar f/1.5 ke f/1.8 dan ke f/2.4 lalu untuk sensor 16 MP akan membawa aperture lensa f/1.9. Posisi ketiga sensor kamera utama tadi boleh jadi akan terpasang di pojok kiri atas.

ADVERTISEMENT
Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus

Foto: techmaniacs

Rumor lain juga menyebutkan bahwa fitur rekam video pada Note 10 akan menyertakan fungsi yang dinamakan ‘Zoom Audio’. Fitur tersebut pertama kali diperkenalkan pada LG G2 pada tahun 2013 lalu.

Pada dasarnya fitur ini memiliki kemampuan merekam satu sumber suara dengan memblokir sisanya, meski dengan hasil beragam. Konsumen tentu harus menunggu dan melihat apakah Samsung dapat melakukan yang lebih baik dibanding yang diberikan oleh LG.

Untuk sektor baterai, kapasitasnya diperkirakan sekitar 3.500 mAh untuk Galaxy Note 10 standar yang dilengkapi dengan fungsi fast charging atau pengisian cepat 25W.

Sedangkan untuk Galaxy Note 10+ akan menggunakan kapasitas 4.300 mAh yang juga membawa fitur fast charging namun dengan charger bawaan 45W. Duo handset ini juga tetap membawa ciri khas keluarga Note yaitu S Pen.

Namun kini keduanya akan dilengkapi unit S Pen baru yang memiliki kemampuan yang lebih banyak dan lebih handal. Misalnya saja disediakan fitur air gesture untuk memudahkan scroll atau menggulir koleksi foto tanpa perlu ujung S Pen menyentuh permukaan layar.

Pihak vendor akan melepas Galaxy Note 10 tanggal 7 Agustus yang akan datang dalam sebuah acara Galaxy Unpacked yang diselenggarakan dii Barclay’s Centre di Brooklyn, New York, Amerika.

Kabarnya harga Samsung Galaxy Note 10 akan dijual sebesar USD 1000 (perkiraan Rp.14 juta) untuk varian storage 256GB, dan USD 1.150 (perkiraan Rp.16 juta) untuk varian storage 512GB.

Samsung biasanya menyodorkan bermacam opsi warna untuk lini Galaxy Note. Tahun ini diperkirakan pilihan warna Galaxy Note 10 akan cukup beragam. Kemungkinan Galaxy Note 10 akan mengeluarkan warna Prism Black, Prism White dan Flaming Pink untuk peluncuran perdana.