Dipublish Tanggal: 10/21/19 7:25 AM

Samsung Galaxy S10 update Sektor Kamera dan Bluetooth

Rudy Irawan - Rajasamsung

Samsung telah merilis update firmware terbaru security patch untuk meningkatkan level keamanan Android di Galaxy S10, Galaxy S10e, dan Galaxy S10 Plus hingga 1 September 2019.

Selain itu, firmware terbaru itu juga mencakup beberapa perbaikan untuk fungsi kamera, Bluetooth, dan Wi-Fi. Hanya saja informasi changelog yang ditampilkan cukup samar dan tidak mengungkapkan banyak tentang update tersebut.

Namun sesuai kelaziman, pembaharuan biasanya akan juga membawa beberapa perbaikan atau penambahan fungsi ke perangkat.

File Firmware dengan ukuran file sekitar 390MB saat ini baru tersedia untuk Galaxy S10 Series varian Exynos bagi para konsumen di Swiss dan Jerman.

Samsung S10 update firmware

Pengguna yang tinggal di Swiss atau Jerman dan ternyata belum menerima konfirmasi pembaruan, mereka bisa melakukannya secara manual dengan masuk ke menu Pengaturan> Pembaruan perangkat lunak untuk mendownload dan memasangnya ke perangkat mereka. Patch Keamanan September 2019 ini juga akan tersedia di negara lain dalam beberapa hari ke depan.

Changelog yang menyertainya persis sama dengan pembaruan sebelumnya, jadi masih perlu dilihat apakah ada beberapa fitur baru. Peringatan yang muncul begitu pembaruan ini selesai diinstal yaitu pengguna tidak dapat kembali ke perangkat lunak yang lebih lama.

Beberapa pengguna mungkin ingin menunggu dan melihat apakah pembaruan tersebut sepenuhnya bebas bug sebelum menginstalnya di perangkat mereka, terutama jika perangkat yang digunakan bermasalah dengan pembaruan sebelumnya.

Advertisements

Pengguna dapat mengunduh pembaruan Juli melalui OTR (On The Air) dengan membuka aplikasi Pengaturan pada Galaxy S10e, S10, atau S10 +. Kemudian pilih pembaruan Perangkat Lunak, selanjutnya tekan opsi Unduh dan instal. Pengguna mungkin harus mencobanya beberapa kali jika pembaruan tidak segera muncul.

BACA JUGA  Kelebihan Samsung A80, Smartphone Masa Kini dengan Tiga Kamera Andalannya

Sesuai kebiasaan, Samsung secara bertahap meluncurkan patch keamanan terbaru untuk berbagai perangkat Galaxy yang kompatibel. Perusahaan telah merilis patch untuk beberapa perangkatnya termasuk Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 8, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, Galaxy Tab S5e dan banyak lagi.

Hanya masalah waktu sebelum seri Galaxy S10 mendapatkannya juga. Dan sekarang Galaxy S10e, Galaxy S10 dan Galaxy S10 pun mendapat gilirannya. Seri unggulan 2019 Samsung tersebut pun menerima patch keamanan terbaru.

Selain untuk peningkatan kerentanan keamanan perangkat, firmware terbaru pun membawa beberapa perbaikan atau penambahan fungsi. Misalnya penambahan Night Mode untuk fitur kamera. Mode Malam secara dramatis akan meningkatkan kualitas gambar saat memotret dalam cahaya redup dan telah menjadi perlengkapan populer di flagship 2019 sejak tiba di seri Google Pixel 3 dan seri Huawei P20 tahun lalu.

Pertama kali, Samsung meluncurkan patch keamanan Juni 2019 untuk handset series tersebut di Hong Kong dengan merilis versi firmware G9700ZHU1ASF1, G9730ZHU1ASF1 dan G9750ZHU1ASF1 untuk Galaxy S10e, Galaxy S10 dan Galaxy S10 +.

Firmware diluncurkan secara OTR dan juga tersedia untuk diunduh dari beberapa repositori yang tersedia di internet. Cukup klik pada nama perangkat yang relevan untuk mengaksesnya. Patch keamanan Juni 2019 mencakup perbaikan untuk lebih dari selusin risiko tinggi dan delapan kerentanan kritis yang ditemukan di OS Android.

Itu juga menambal 11 item Samsung Vulnerabilities and Exposures (SVE). Hong Kong dipilih sebagai negara pertama yang bisa mencicipi patch itu yang kemudian dalam beberapa hari setelahnya akan tersedia untuk sejumlah negara lain.

Advertisements