Dipublish Tanggal: 10/9/19 7:30 AM

Harga Samsung Galaxy Note 9 dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Samsung Galaxy Note 9 di bulan September 2019 ini dibanderol mulai dari harga Rp 11 juta sampai dengan Rp 14 jutaan dengan spesifikasi RAM 6GB dan 8GB.

Lebih besar dari ponsel Note sebelumnya dalam segala hal, Samsung Galaxy Note 9 memiliki layar 6,4 inci, baterai 4.000 mAh, dan opsi penyimpanan internal 1TB yang sangat masif.

Kamera handal di Galaxy S9 Plus diterapkan di sini, speaker stereo adalah yang pertama untuk Note, dan S Pen yang terhubung dengan Bluetooth dapat mengaktifkan pintasan yang dapat disesuaikan dari jarak jauh.

Diluncurkan minggu ketiga Agustus 2018, harga Samsung Galaxy Note 9 ini pun akan menyesuaikan dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkannya.

Karena kita sedang membicarakan tentang teknologi, dapat dimengerti mengapa konsumen akan menuntut sesuatu yang mutakhir, sesuatu yang baru setiap saat.

Selama beberapa tahun terakhir ini filosofi Samsung Note pun mengemas ulang inovasi terbaik yang diperkenalkan di ponsel flagship seri S-nya. Untuk pengguna yang berorientasi pada produktivitas, Samsung datang dengan Galaxy Note 9.

Galaxy Note 9 adalah perangkat terbaru sebagai perbaikan dari Galaxy Note 8, sebagaimana Galaxy S9 dan S9 Plus sebagai versi lebih canggih dari Galaxy S8.

Youtube: GadgetIn

Samsung seolah-olah berpegang teguh pada siklus desain dua tahunan. Harus dicatat bahwa perbaikan berulang yang ditawarkannya pada tahun kedua dilakukan tanpa kenaikan harga. Dengan kata lain, harga perdana saat peluncuran Galaxy S9 / S9 + sama dengan harga saat peluncuran Galaxy S8 / S8 +.

Demikian pula harga Galaxy Note 9 sama dengan harga Galaxy Note 8 saat diluncurkan. Namun tahun 2019 ini, Samsung pun memperkenalkan varian Galaxy Note 9 dengan penyimpanan 512GB yang tentu saja harganya akan lebih mahal.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 9 2019

HargaRp 11.699.000 (6GB)
Rp 14.999.000 (8GB)
RilisAgustus 2018
Platform
ChipsetExynos 9810
Qualcomm SDM845 Snapdragon 845
CPU– Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
– Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUMali-G72 MP18
Adreno 630
RAM6GB/8GB
Storage128GB/512GB (microSD up to 512 GB)
OSAndroid 8.1 (Oreo)
Bodi
Dimensi161.9 x 76.4 x 8.8 mm
Berat201 gram
LayarSuper AMOLED 6.4 inci (2960 x 1440 piksel)
ProteksiCorning Gorilla Glass 5
BateraiLi-Ion 4000 mAh
WarnaMetallic copper, Lavender purple, Ocean blue, Midnight black
Kamera Depan
Single8MP, f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm, AF
Video[email protected]
FiturDual video call, Auto-HDR
Kamera Belakang
Dual– 12MP, f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
– 12 MP, f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1µm, AF, OIS, 2x optical zoom
Video[email protected], [email protected], [email protected], HDR, dual-video rec
FiturLED flash, auto-HDR, panorama
Konektivitas
SIMHybrid Dual SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Speed4G
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYes
Port3.5mm jack
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
RadioNo
SensorIris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
TeknologiFast charging (Quick Charge 2.0), sertifikasi IP68
DaftarHarga Hp Samsung Terbaru
BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy A80 dan Spesifikasi

Desain Galaxy Note 9 Sempurna

Secara umum perangkat premium ini adalah bagian yang hampir sama dengan tahun lalu. Sama seperti Note 8, Galaxy Note 9 adalah ponsel besar yang diperuntukkan bagi orang-orang yang lebih suka memiliki perangkat berlayar besar daripada penggunaan satu tangan yang nyaman.

Namun, beberapa perubahan telah dilakukan, dan yang paling menarik dan jelas adalah penempatan sensor sidik jari baru di bawah modul kamera belakang (yang juga ada di galaxy Note 8 2018).

Karena baterai yang lebih besar ditempatkan di dalamnya maka unit Note 9 sedikit lebih berat dan lebih tebal dibanding Note 8. Tetapi keseluruhan perasaan saat digenggaman tangan tetap sama.

Faktanya, ponsel seperti OnePlus 6 mengemas layar ukuran yang hampir sama dengan Note 9 namun dalam casing yang lebih ramping dan lebih ringan.

Desain Galaxy Note 9 adalah ponsel berbentuk kotak dan chunky yang memadai. Satu keluhan dari desain Note 9 adalah bahwa tidak ada pilihan untuk menonaktifkan tombol Bixby yang berarti pengguna harus menanggung akibat dari tekanan yang tidak disengaja saat meraih tombol volume turun.

Galaxy Note 9 berukuran 161,9 x 76,4 x 8,8 mm dan berat 201 gram. Dibandingkan dengan Note 8, Note terbaru ini sedikit lebih luas dan memiliki layar sedikit lebih besar (6,4 inci vs 6,3 inci). Note 9 menawarkan perlindungan layar dengan Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang.

Ada beberapa perubahan desain kecil tetapi sensasi dalam genggaman tangan mirip dengan Note 8 tahun lalu. Ini bukan ponsel yang dirancang untuk memprioritaskan operasi satu tangan, tetapi dengan S-Pen baru dan fitur-fitur seperti tombol sentuh Home 3D, penggunaan satu tangan ternyata jauh lebih baik.

Port USB Type-C (berbasis USB 3.1), loudspeaker, jack Audio dan dock S Pen semuanya ada di bagian bawah. Tombol Bixby hadir di tepi kiri. Sayangnya, opsi untuk menonaktifkan tombol telah dihapus.

Handset pun sudah bersertifikat IP68 atau memilik ketahanan terhadap debu dan air. Tahun ini, Samsung telah menyertakan case TPU yang lebih lembut dan lebih tangguh. Konsumen juga akan menemukan konektor OTG, tips S Pen tambahan, adaptor pengisian cepat, dan earphone AKG di dalamnya.

Layar AMOLED 6.4 inci Quad HD+

Seperti yang diharapkan konsumen, spesifikasi Galaxy Note 9 membawa layar AMOLED yang cantik yang berfungsi baik di dalam maupun di luar ruangan.

Tombol beranda sentuh 3D adalah fitur lain yang banyak disukai dari ponsel Samsung kelas atas ini. Samsung juga telah menambahkan beberapa wallpaper keren untuk melengkapi layar.

Resolusi layar default adalah Full HD +, tetapi pengguna disarankan untuk beralih ke WQHD + yang lebih tinggi dari pengaturan tampilan. Layar Note 9 terasa terasa lebih besar dari desain layar dengan notch untuk dimensi yang sebanding.

Note 9 memiliki layar HDO 10 compliant AMOLED yang cantik. Pengguna dapat memilih di antara berbagai profil warna yang tersedia. Tombol touch Home 3D dan Always On Display adalah fitur lain yang sangat menarik terkait layar Note 9 ini.

BACA JUGA  Samsung Galaxy Note 8 Harga Terbaru dan Spesifikasi

S-Pen Serba Bisa

S Pen adalah apa yang membedakan Samsung Note dari semua ponsel lain di luar sana. Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ini adalah tongkat plastik yang jarang digunakan, namun itu tak benar sama sekali.

Advertisements

Jika pengguna adalah orang yang merasa layar smartphone agak terlalu sempit untuk menyelesaikan tugas kantor, S Pen hampir selalu dapat membantu, bahkan jika itu hanya untuk pengguliran dan navigasi yang dipandu dengan presisi.

S Pen bahkan dapat digunakan untuk menandatangani dokumen resmi ketika pengguna sedang bepergian. Dengan tambahan fitur Bluetooth, lebih banyak lagi kegunaan dari S Pen ini.

Sekarang pengguna dapat memanfaatkan S Pen untuk menyalakan aplikasi kamera, sebagai rana jarak jauh, untuk menggesek di antara gambar di galeri, untuk memutar / menghentikan konten dan bahkan menghidupkan layar untuk membuka kunci ponsel. Dengan kemampuan Bluetooth, S Pen jauh lebih bermanfaat bagi pengguna.

Konektivitas antara Note 9 dan S Pen bisa dilakukan dengan sangat lancar, Anda tidak harus melalui pemasangan manual atau ketidaknyamanan lainnya. Pengguna dapat mengatur durasi tekan lama untuk tombol S Pen untuk meluncurkan aplikasi apa pun pilihan mereka.

S Pen pun bisa difungsikan sebagai shutter kamera untuk pengambilan gambar yang sangat nyaman. Secara keseluruhan, fitur-fitur baru yang ditambahkan ke pena digital Note 9 ini berfungsi dengan baik jika pengguna berada dalam jangkauan Bluetooth. S Pen sekarang memiliki kapasitor super yang dapat mengisi daya hingga 100 persen dalam waktu kurang dari 40 detik.

Warna tinta digital S Pen sama dengan warna stylus itu sendiri. Warna Ocean Blue Note 9 memiliki S Pen kuning yang lebih dinamis untuk kontras yang bagus. S Pen ini akan menulis dengan tinta digital kuning, sedangkan ponsel Note 9 warna Lavender Purple memiliki pena ungu dan tinta digital ungu.

Semua warna mendukung fungsionalitas Air Command yang sama. Pengguna dapat menggambar, mencatat, screenshot, menerjemahkan teks asing, dan mengirim pesan langsung dimana pengguna dapat melakukan hal tersebut meski S Pen dicas atau tidak.

Kamera Dual 12MP + 12MP

Semua inovasi keren yang dimiliki kamera Galaxy S9 Plus kini diaplikasikan ke Note 9 yaitu yang utama adalah dual camera 12 MP + 12 MP.

Performa kamera belakang sangat baik, terutama dalam hal menangkap gambar dalam kondisi cahaya rendah. Kamera dapat menangkap detail yang jelas, mempertahankan tekstur halus, dan hasil pemotretan menunjukkan rentang dinamis yang luas. Gambar menjadi terbuka dengan baik bahkan dalam pencahayaan yang rumit.

Fitur HDR otomatis juga membantu misalnya melakukan pemotretan pada matahari yang bisa menghasilkan gambar yang sangat indah. Daftar fitur kamera utama Galaxy Note 9 termasuk 2X optical zoom, mode potret, pengambilan video gerak lambat, dan banyak lagi.

Dan pengguna juga dapat mengambil foto selfie yang hebat menggunakan kamera depan. Edisi baru untuk kamera Note 9 adalah kemampuan AI (artificial intelligence).

Dengan fitur ini kamera dapat mendeteksi adegan dan mengoptimalkan pengaturan gambar yang sesuai. Perangkat tambahan ini pun mampu bekerja dengan sangat mulus dan tidak sekeras kamera P20 Pro Huawei.

Kinerja Galaxy Note 9 Mengagumkan

Spesifikasi Note 9 juga termasuk chipset yang merupakan peningkatan dari Note 8, memberi pengguna apa yang menjadi inti dari S9 dan S9 Plus: Qualcomm Snapdragon 845 (AS dan Cina) atau Samsung Exynos 9810 (global).

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy Fold dan Spesifikasi

Samsung memang tidak memiliki chip tercepat, dan para pesaingnya pun mengejar ketertinggalannya. Tapi chipset Note 9 ini memang sangat cepat, dan perlu diingat bahwa perangkat ini juga memiliki 6GB RAM atau 8GB.

8GB RAM akan bekerja paling baik untuk mode virtualisasi desktop Dex Samsung jika pengguna berencana untuk menggunakan alur kerja layar kedua.

Fungsi Dex sepenuhnya lebih baik pada Note 9 daripada pada Note 8. Pengguna tak lagi perlu Dock Dex fisik; kali ini yang dibutuhkan hanyalah dongle HDMI sederhana.

Samsung Galaxy Note 9 menjalankan Android 8.1 Oreo yang dipercantik user interface Samsung Experience versi 9.5 yang terlihat minimalis lewat pengaturan yang disederhanakan, namun tetap menawarkan berbagai fitur keren.

Untuk mengaktifkan menu utama, hanya dengan mengusap dari bawah ke atas. Aplikasi pun dapat disembunyikan dan disusun menurut alphabet atau kustom. Kecuali aplikasi dari Samsung dan Google, ada pula berbagai aplikasi dari Microsoft.

1 TB Penyimpanan Internal

Tidak mengherankan bahwa, di antara produsen teratas, Samsung adalah yang pertama yang memproduksi smartphone siap pakai bermemori internal 1TB, kapasitas yang menyaingi laptop terbaik yang dibeli orang saat ini.

Samsung yang membuat flash drive 512GB internal untuk ponsel dan berbagai kartu memori microSD 512GB. Note 9 disebut sebagai ponsel yang tidak akan pernah kehabisan ruang penyimpanan fisik.

Menghapus instalan game dan menghapus film yang telah diunduh bukan lagi hal yang perlu dikhawatirkan. Ambil semua foto yang diinginkan dengan resolusi penuh, dan semua video 4K yang diinginkan, tidak perlu kompromi dengan keterbatasan ruang penyimpanan.

Pada harga Note 9 yang ditawarkan, pertanyaan yang harus ditanyakan pada diri sendiri adalah: Apakah konsumen benar-benar membutuhkan ponsel 1TB? Apakah mereka juga akan menghabiskan uang untuk membeli kartu microSD 512GB? Dan apakah penyimpanan awan akan membuat semua ini tidak relevan di masa mendatang?

Baterai 4.000 mAh

Baterai jauh lebih besar dari seri Galaxy flagship yang lain yaitu sebesar 4.000 mAh. Galaxy S9 memiliki 3.000 mAh dan S9 Plus memiliki baterai 3.500 mAh.

Pengisian cepat (fast charging dan Pengisian Nirkabel Cepat pun didukung oleh baterai Note 9. Ini adalah ponsel Samsung terbaik yang bisa dibeli konsumen dalam hal daya tahan baterai.

Daya tahan baterai disebut-sebut lebih dari satu hari masa pakai baterai dengan penggunaan moderat. Dalam sebuah pengujian yang melibatkan pemutaran video HD loop 90 menit – menunjukkan baterai Note 9 turun dari 100% menjadi 88%, yang artinya 1% lebih baik daripada S9 Plus.

Dan perlu diingat bahwa Note memiliki baterai yang lebih besar, sehingga 88% lebih bermakna di sini.

Berikut tingkat isi ulang baterai Note 9 berbanding lurus dengan waktu charging : 15 mnt: 17%; 30 mnt: 37%; 45 menit: 52%; 60 menit: 70%; 75 menit: 83%; 90 menit: 90%; 105 menit: 98%; 1 jam 49 menit: 100%.

Harga Samsung Galaxy Note 9 September 2019

Memiliki seabrek fitur terbaru dan spesifikasi gahar, tentu tak mengherankan jika harga Samsung Galaxy Note 9 akan menguras kocek.

Resmi dijual untuk para konsumen Indonesia, ponsel paling premium buatan Samsung ini ditawarkan seharga Rp 13.499.000 (128GB) sampai Rp 17.999.000 (215GB) pada saat penjualan perdana di tanah air.

Advertisements