Dipublish Tanggal: 02/3/19 9:31 AM

Harga Samsung Galaxy J8 dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Di tahun 2019 Samsung Galaxy J8 dibanderol seharga Rp. 2,6 Jutaan sedangkan harga bekasnya Rp. 2 Jutaan. Simak review dan spesifikasi lengkapnya.

Kuartal ketiga 2018 lalu Samsung Galaxy J8 (atau Galaxy On8) memulai debut perdananya. India adalah salah satu negara yang beruntung merasakan kehebatan ponsel yang menyasar kelas menengah bawah ini.

Ponsel terbaru ini disiapkan Samsung untuk menghadapi persaingan panas dari produsen smartphone Cina terutama di segmen menengah bawah. Ponsel Samsung Seri J telah berhasil menarik perhatian konsumen berkat nilai merek Samsung dan juga daya saing perangkat keras yang ditawarkan.

Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung bekerja sangat keras untuk mendapatkan kembali posisi nomor satu di pasar ponsel pintar dunia. Perangkat Galaxy J8 2018 hadir dengan banderol harga hanya Rp.2,5 jutaan (Agustus 2019) dan mengklaim menawarkan ‘kamera terbaik dan pengalaman sempurna pengguna’.

Spesifikasi Galaxy J8 2018 datang dengan keunggulan layar Super Amoled 6 inci, chipset Snapdragon 450 berpadu dengan RAM 4 GB, kamera utama ganda 16 MP+5 MP dan baterai 3500 mAh.

Youtube: GontaGantiHape HD

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J8 2019

Harga BaruRp 2.500.000 (Pasaran)
Harga Bekas/SecondRp 2.000.000
RilisMei 2018
Platform
ChipsetQualcomm SDM450 Snapdragon 450
CPUOcta-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
RAM3GB
Storage32GB (microSD, up to 256 GB)
OSAndroid 8.0 (Oreo)
Bodi
Dimensi159.2 x 75.7 x 8.2 mm (177 gram)
LayarSuper AMOLED 6 inci, rasio 18.5:9 (1480 x 720 piksel)
BateraiLi-Ion 3500 mAh
WarnaBlue, Black, Gold, Orchid Gray, Lavender
Kamera
Depan16 MP, f/1.9, LED flash
BelakangDual-camera: 16MP (f/1.7) + 5MP (f/1.9), autofocus, LED flash
Video1080p @30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
NFCNo
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
RadioFM Radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
TeknologiFace Unlock
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Mewah dan Kualitas Material Tak Murahan

Kali ini perusahaan telah melakukan pekerjaan dengan baik dengan membuang faktor bentuk desain lama yang selama ini dianut. Samsung Galaxy J8 hadir dengan menghirup udara segar karena menawarkan desain yang sangat ramping.

Galaxy J8 mengikuti etos desain yang sama dengan saudara kandungnya yang baru diluncurkan, Galaxy J6 dan Galaxy A6+. Smartphone unibody logam hadir dengan panel berfinishing matte dan sudut melengkung yang menawarkan tampilan dan nuansa premium untuk sebuah smartphone.

Ponsel ini memiliki arsitektur yang relatif tinggi untuk operasi satu tangan tetapi masih pas di tangan. Handset ini memiliki berat yang terdistribusi dengan baik dengan lapisan logam yang membuatnya menarik bagi mata yang memandang.

Meski sebenarnya, bodi J8 hanya terbuat dari plastik kelas premium. Bagian depan perangkat didominasi oleh kamera selfie 16MP dengan LED flash dan tiga tombol sentuh soft di bagian bawah.

Panel belakang menawarkan beberapa perlengkapan seperti biasanya mencakup sensor kamera ganda dengan flash, diikuti oleh sensor sidik jari. Tepi kiri ponsel ditempatkan tombol volume, slot kartu sim ganda dan slot kartu microSD khusus.

Di tepi kanan, pengguna akan melihat tombol daya dan celah speaker. Tombol-tombolnya tidak terlalu keras dan menawarkan umpan balik sentuhan yang bagus.

Di bagian bawah, ada port micro USB dan jack audio 3,5mm. Secara keseluruhan, Galaxy J8 menawarkan desain yang menarik bagi sebagian besar pembeli di kalangan konsumen low end hingga middle.

Meskipun sasis dan cangkang luarnya terbuat dari plastik, ini adalah ponsel solid yang terlihat bagus.

Layar Sempurna dengan Super Amoled

Samsung Galaxy J8 hadir di bawah seri Infinity Edge Samsung dan memiliki tampilan edge-to-edge display. Di sisi depan ada panel AMOLED 6 inci yang besar yang memiliki aspek rasio18,5: 9 dan terlindungi dengan Corning Gorilla Glass.

Layar infinity, seperti Samsung menyebutnya, memiliki resolusi 720 x 1480 piksel dan kerapatan piksel 274 PPI. Layar memiliki ukuran bezel yang lumayan tipis di bagian atas dan bawah yang mampu menambah pengalaman tampilan Infinity yang sebenarnya.

Seperti panel AMOLED sejati, layar J8 menghasilkan warna yang sangat baik dengan hitam pekat yang sangat menonjol. Resolusi layar yang hanya berkualitas HD rendah mungkin tak begitu sempurna.

Namun gambar dan teks yang ditampilkan di layar masih cukup lembut meski tak sebaik tampilan Full HD + yang banyak diharapkan banyak konsumen di tahun 2018. Perusahaan juga telah memasukkan berbagai mode dalam handset ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Visibilitas di bawah sinar matahari adalah masalah utama karena menawarkan pengalaman pengguna yang tak maksimal. Namun, Samsung telah mengatasi masalah tersebut dengan memperkenalkan mode Outdoor di perangkat.

Mengaktifkan mode tersebut akan menawarkan kepada pengguna tampilan layar yang lebih terang di bawah sinar matahari langsung. Dan mode akan mati secara otomatis setelah 15 menit jika pengguna tidak menggunakan layar.

Selain itu, ada juga filter cahaya biru yang akan mengurangi ketegangan mata dengan membatasi jumlah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar. Lalu ada juga beberapa mode layar yang tersedia yang memungkinkan pengguna menyesuaikan warna dan warna putih secara manual pada layar.

Mempertimbangkan kisaran harga, smartphone ini menawarkan pengalaman layar yang sangat bagus dan hidup. Dengan tampilan seperti ini, pengguna serasa menggunakan smartphone kelas atas. Samsung Galaxy J8 boleh diberikan nilai A + untuk kesempurnaan tampilan layar.

ADVERTISEMENT

Samsung J4Samsung A6 Plus
Samsung J6Samsung A6 2018

Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Sesuai Kelas

Spesifikasi jeroan Samsung Galaxy J8 tak cukup menonjol tetapi masih cukup layak untuk kebutuhan sehari-hari bagi para pengguna generik. Untuk dapur pacu utama, Samsung menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang juga digunakan dibeberapa merek lain seperti Vivo V9 Youth, Vivo V7 Plus, dan Xiaomi Redmi 5.

Perangkat ini menawarkan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas lebih lanjut dengan menambahkan kartu microSD. Satu-satunya masalah yang dimiliki Galaxy J8 adalah prosesor yang digunakan. Snapdragon 450 adalah prosesor yang sedikit tua dan dirasa agak mahal sebab seri Motorola saja menawarkan prosesor yang sama dengan harga lebih murah.

Meski lancar untuk kebutuhan komputasi sehari-hari namun J8 ini tidak dapat memainkan game dengan grafis intensif secara lancar dan multitasking pun tidak terlalu mulus.

Samsung J8 2018 tes game PUBG

Smartphone pun memanas setelah penggunaan GPS terus menerus. Chipset Snapdragon 450 bersama dengan RAM 4GB dan GPU Adreno 506 sebenarnya masih menawarkan kinerja yang andal dan cukup baik untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun, jika Anda adalah seseorang yang perlu menuruti permintaan aplikasi, Galaxy J8 mungkin bukan taruhan terbaik untuk dimiliki. Galaxy J8 menjalankan sistem operasi Android 8.0. Seperti semua smartphone Samsung lainnya, smartphone ini juga hadir dengan Experience UI yang disesuaikan dan memiliki bloatware sendiri.

Sekitar setahun yang lalu tepatnya di 2017 Samsung mengganti antarmuka TouchWiz UI-nya dengan Experience UX yang membuatnya lebih tidak haus daya baterai namun lebih terorganisir. Itu masih menampilkan interface yang menuntut dengan banyak animasi yang dapat menurunkan kinerja di ponsel bila menggunakan jeroan utama yang kurang kuat.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan aplikasi belanja Amazon pra-instal dan aplikasi Video Prime. Ponsel cerdas memiliki aplikasi manajemen penyimpanan yang memungkinkan pengguna untuk menghemat banyak ruang memori dengan secara otomatis menyimpan semua video dan gambar pada perangkat penyimpanan eksternal.

Bersamaan dengan ini, fitur ini juga secara otomatis menghapus duplikat gambar yang diterima melalui aplikasi media sosial seperti WhatsApp. Ada juga mode hemat data yang tersedia di smartphone yang memungkinkan pengguna untuk melacak data yang digunakan dan mengelolanya dengan cara yang lebih baik.

Aplikasi lain yang menarik yang tersedia di smartphone adalah aplikasi Samsung Mall, yang memungkinkan pengguna menemukan produk menggunakan foto yang mereka ambil di situs web e-commerce.

Kinerja Kamera Sangat Memuaskan

Samsung J-series secara tradisional menawarkan optik yang bagus untuk harganya. Namun, akhir-akhir ini kompetisi terjadi dengan sengit dan cepat. Oleh karena itu, kamera Samsung Galaxy J8 pun berusaha membuktikan sebagai salah satu aspek kunci yang dapat mempengaruhi keputusan pembeli untuk membelinya.

Galaxy J8 memiliki fitur kamera belakang ganda yang mencakup sensor 16 megapiksel utama (apertur 1.7 dan otomatis, autofocus) ditambah dengan sensor kamera kedalaman 5 megapiksel (aperture f / 1.9).

Kamera Galaxy J8 melakukan pekerjaan dengan baik di siang hari. Di bawah pencahayaan yang baik, kamera berhasil menangkap foto yang seimbang secara merata dengan warna yang mencolok.

Kamera ganda memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tingkat keburaman latar belakang sebelum dan sesudah mengambil gambar. Banyak pengguna menyukai fitur ini karena memungkinkan mereka mendapatkan bidikan sempurna yang diinginkan.

Kamera juga menawarkan fitur Portrait Backdrop dan Portrait Dolly. Fitur Portrait Backdrop memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek berbeda ke latar belakang, sementara Portrait Dolly memungkinkan pengguna untuk memperkecil hal-hal biasa dari hasil pemotretan sehingga mereka dapat mengambil gambar yang lebih hidup.

Gambar yang diambil menggunakan berbagai mode ternyata sangat hidup dan semarak. Berbagai mode pemotretan seperti night, panorama, pro, live focus, dan lainnya semakin meningkatkan pengalaman pengguna dan kualitas gambar dari foto yang diambil. Aplikasi kamera menawarkan UI yang bersih dan mudah digunakan yang memungkinkan pengguna mengambil foto tanpa kesulitan.

Tak adanya fitur stabilisasi gambar optik (Optical Image Stabilization) berarti pengguna harus memiliki tangan yang sangat mantap untuk mengambil gambar dalam pencahayaan yang tidak menguntungkan.

Foto yang diambil di malam hari meninggalkan banyak noise. Secara keseluruhan, kinerja kameranya cukup baik dibandingkan dengan ponsel lain di segmen harga ini.

Baterai Kuat dan Audio Sangat Jernih

Samsung Galaxy J8 dilengkapi dengan baterai 3500mAh di dalam yang tidak dapat dilepas (non removable). Dengan chipset hemat daya yang digunakan, Galaxy J8 berhasil bertahan sedikit lebih dari sehari dalam penggunaan rata-rata yang mencakup aktifitas nelpon, beberapa aplikasi media sosial, dan sesekali bermain game.

Samsung J8 2018 memiliki fitur Face unlock

Lebih sering baterai bisa bertahan sampai pagi tanpa mengisi daya. Namun, mengisi ulang baterai kosong membutuhkan waktu yang lama. Ponsel ini tidak mendukung fungsi fast charging atau pengisian cepat dan dilengkapi dengan pengisi daya 5V biasa yang membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengisi ulang 50 persen baterai.

Samsung terus menempatkan speaker mono di tepi kanan, yang tentunya bukan tempat yang diinginkan banyak pengguna. Meski begitu speaker saluran tunggal tersebut bersuara cukup keras dengan kualitas audionya juga cukup baik.

Harga Samsung Galaxy J8 (2018) bulan Agustus 2019

Samsung Galaxy J8 2018 adalah salah satu smartphone paling keren di bawah dengan harga cukup realistis. Selain itu, ini adalah salah satu dari beberapa ponsel langka di kelasnya yang menampilkan layar AMOLED.

Samsung menyelipkan andalan agar benar-benar bisa mengungguli merek lain seperti Asus Zenfone M1 Pro, RealMe 1, Xiaomi Redmi Note 5 Pro dan Nokia 6.1 Nokia HMD Global.

Harga Samsung Galaxy J8 2018 di pertengahan Agustus 2019 ini hanya dibanderol Rp.2,5 juta sebagaimana data yang dihimpun dari beberapa situs belanja online besar di tanah air.