Dipublish Tanggal: 10/22/19 7:24 PM

Harga Samsung Galaxy J6 (2018) dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Masih banyak diminati di tahun 2019, Samsung Galaxy J6 (2018) dibanderol seharga Rp. 2,3 Jutaan. Sedangkan harga bekasnya Rp. 1.6 Jutaan.

Sudah ada beberapa seri ponsel terjangkau yang menarik dari Samsung tersedia di pasaran. Galaxy On7 Prime yang baru-baru diluncurkan misalnya, pada dasarnya adalah versi berulang dari ponsel populer tahun sebelumnya.

Itulah mengapa Galaxy J6 (alias Galaxy On6) mungkin merupakan ponsel anggaran Samsung terbaru yang layak dipertimbangkan. Secara sepintas, Galaxy J6 / Galaxy On6 menghadirkan desain baru, merupakan ponsel seri J pertama dengan layar infinity (18.5: 9), dan juga termasuk layar AMOLED. Bagaimana dengan kinerjanya secara keseluruhan?

Sejauh ini, smartphone entry-level dari Samsung terkenal karena kinerja yang lamban, kualitas build yang murah, dan masa pakai baterai yang lebih pendek.

Oleh karena itu, konsumen yang hanya tahu sedikit tentang smartphone tidak pernah membeli perangkat Samsung entry-level. Mereka lebih memilih smartphone dari merek seperti ASUS, Honor, dan Xiaomi daripada ponsel Samsung sebab brand-brand tersebut menawarkan kinerja yang lebih baik dan harga lebih murah.

Karena itu, penjualan smartphone Samsung PUN menurun secara signifikan. Sekarang saatnya bagi Samsung untuk memperbaiki aksinya dan meningkatkan smartphone-nya untuk tetap BISA bersaing.

Merek Korea Selatan INI mencoba melakukannya dengan perangkat entry-level baru. Galaxy J6 adalah salah satu smartphone terbaru dari perusahaan bersama Galaxy J8. Samsung Galaxy J6 dijual di India dengan nama Samsung Galaxy On6. Tidak ada perbedaan apapun antara Galaxy J6 dan Galaxy On6. Berikut ulasan lengkap spesifikasi Samsung Galaxy J6 :

Youtube: GadgetIn

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J6 2019

Harga HpRp 2.300.000
RilisMei 2018
Platform
ChipsetExynos 7870 Octa
CPUOcta-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali-T830 MP1
RAM3GB
Storage32GB (microSD, up to 256 GB)
OSAndroid 8.0 (Oreo)
Bodi
Dimensi149.3 x 70.2 x 8.2 mm (154 gram)
LayarSuper AMOLED 5.6 inci (1480 x 720 piksel)
BateraiLi-Ion 3000 mAh
WarnaBlack, Gold, Blue
Kamera
Depan8MP, f/1.9, LED flash
Belakang13MP (f/1.9, 28mm), autofocus, LED flash
Video1080p @30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
RadioFM Radio
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Sangat Bagus

Jika konsumen menginginkan ponsel yang pas dengan nyaman di telapak tangan tanpa harus merenggangkan ibu jari, maka perangkat ini yang pas untuk mereka.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy J7 (2017) dan Spesifikasi

Sebagian besar ponsel layar 18: 9 saat ini memiliki ukuran layar standar 6 inci atau lebih besar. Itu membuat Galaxy J6, dengan layar 5,6 inci sangat menyenangkan berkat kekompakan ukurannya yang terasa pas di tangan.

Anda mendapatkan desain menyegarkan dengan tampilan bodi logam untuk frame, meski untuk kesing bahan yang digunakan sebenarnya hanyalah plastik. Galaxy J6 masih cukup solid dan memiliki lekukan di semua bagian yang tepat untuk pengoperasian yang nyaman.

Tebal 8.2mm, membuatnya terasa nyaman di tangan. Selain itu, panel belakang yang tidak cukup matte atau mengkilap, yang berarti tidak akan dengan mudah meninggalkan noda bekas sidik jari penggunanya.

Samsung sekali lagi menganut penempatan speaker di pinggir kanan (atas). Memang tidak ada masalah khusus dengan posisi tersebut, tetapi pengguna mungkin akan mengalami situasi di mana mereka harus menyesuaikan pegangan untuk menghindari output audio tertutup telapak tangan.

Atau saat memposisikan pada tampilan lansekap, mungkin jari-jari pengguna akan menutupinya. Sayang, perangkat ini masih setia dengan port UB 2.0 tanpa kehadiran port USB Type-C. Jack audio juga ada di sisi bawah, di sebelah port pengisian daya dan mikrofon.

Dalam kotak penjualan menyertakan adaptor daya 5V / 1A (5W), kabel USB, alat ejector SIM, headset berkabel, dan beberapa lembar panduan mulai cepat.

Layar Super Amoled HD+

Samsung Galaxy J6 hadir dengan layar tanpa bingkai. Namun, bezel tidak setipis pada smartphone lain seperti Xiaomi Redmi Note 5 atau Huawei Honor 9 Lite.

Samsung Galaxy J6 adalah pilihan terbaik konsumen sedang mencari ponsel layar AMOLED dengan harga terjangkau. Layar Samsung Galaxy J6 tidak memukau seperti panel AMOLED kelas atas, tetapi tetap memiliki keunggulan dari kontras yang tak terbatas dan warna hitam yang mengagumkan dengan resolusi HD+ 720 x 1480 piksel.

Ketika pengguna menonton konten seperti gambar dan video dengan adegan yang lebih gelap, mereka mungkin tidak dapat melihat warna gelap yang sebenarnya yang ingin ditunjukkan oleh pembuat konten.

Dan itu pun mengikuti tren rasio aspek 18: 9 yang banyak dianut ponsel terkini. Layar pun menawarkan kepada pengguna opsi untuk beralih antara profil warna yang telah ditentukan sebelumnya namun tidak ada fitur kecerahan otomatis. Pengguna harus mengatur kecerahan secara manual, yang kadang-kadang bisa membuat frustasi.

Tingkat saturasi putih pada layar sangat bagus. Karenanya, konten dengan adegan yang cerah akan tampak hebat. Layar juga memiliki visibilitas di bawah sinar matahari langsung yang sangat baik, berkat panel AMOLED, tingkat kecerahan yang lebih tinggi, dengan permukaan panel yang non-reflektif.

Advertisements

Perangkat ini juga memiliki filter cahaya biru, yang seperti namanya, membantu mengurangi blues, yang diklaim bisa mengurangi ketegangan pada mata saat melihat layar di suasana gelap gulita.

Baterai Kuat Seharian

Baterai 3000mAh pada Galaxy J6 tidak terasa besar, tetapi kinerja baterai yang didapatkan pengguna sangatlah bagus. Handset ini sangat menyenangkan sebab dapat bertahan selama satu hari penggunaan dengan sisa daya yang cukup untuk melewati malam.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy J4 Plus | J4+ dan Spesifikasi

Tidak ada fitur pengisian cepat atau fast charging di sini. Pengguna membutuhkan waktu sekitar dua jam-an untuk mengecas baterai dari kondisi low ke full.

Kinerja Perangkat Lunak Mengesankan

Samsung Galaxy J6 menjalankan perangkat lunak berbasis Android Oreo dengan UI Experience 9.0. Ini adalah antarmuka yang lengkap dan intuitif yang juga memiliki kemampuan untuk mempertahankan kinerja dalam jangka panjang.

Misalnya, ada fungsi pembersihan terjadwal yang akan menghapus file cache yang tidak perlu, file log, dll. Setiap hari pada tengah malam. Pengguna dapat menyingkirkan semua kekacauan dari homescreen, dengan fitur laci aplikasi yang praktis di Samsung Experience 9.0.

Ini sebenarnya sangat mirip dengan laci aplikasi yang ditemukan di ponsel Android Stock. Layar beranda mendapatkan widget cuaca dan waktu default di bagian atas, bilah pencarian Google, dan pintasan ke aplikasi dari Google dan Microsoft.

Menggeser ke kiri menunjukkan layar Beranda Bixby yang memiliki banyak widget dan aplikasi yang menunjukkan aplikasi Facebook, jadwal, pengingat, saran YouTube, informasi cuaca, berita, dan banyak lagi. Samsung Mall adalah aplikasi belanja berbasis pengenalan gambar.

Samsung Mall memberi saran kepada pengguna dengan cukup akurat dalam mengenali gambar gadget dan pakaian, Beberapa fitur lain yang baru pun ditawarkan seperti Samsung Mall, mode Sbike, dll.

Termasuk fitur yang menjadi favorit adalah Secure Folder atau Folder Aman, tempat pengguna dapat menyembunyikan file dan aplikasi. File dan aplikasi tersebut dapat diamankan dan diakses dengan otentikasi sidik jari. UI Samsung Galaxy J6 tidak diragukan lagi adalah yang terbaik di kelasnya.

Slot kartu khusus

Mari kita perjelas. Kartu SD bukan pengganti memori internal, tetapi jika pengguna menonton banyak konten multimedia di ponsel atau menyimpan file musik lokal, kartu SD terbukti sangat berguna.

Samsung Galaxy J6 menyediakan ruang untuk slot kartu khusus dan pengguna tidak harus mengorbankan fungsi dual SIM untuk menambah kapasitas penyimpanan di perangkat ini.

Samsung Galaxy J6 hadir dengan slot kartu dual-SIM yang mendukung 4G LTE dan VoLTE. Namun, hanya satu kartu SIM yang dapat bekerja di jaringan 4G. Konektivitas seluler pada perangkat ini sangat baik, dan tidak ada masalah dengan penerimaan jaringannya.

Chipset Exynos

Samsung Galaxy J6 ditenagai oleh proses 14nm berbasis prosesor Exynos octa-core 7870, yang juga merupakan chip yang sama yang diandalkan ponsel Samsung tahun sebelumnya seperti Galaxy J7 Prime.

Datang dengan varian 3GB dan 4GB RAM. Secara kinerja, Galaxy J6 akan baik-baik saja meski memang tidak bisa menyamai Snapdragon 636 atau Snapdragon 630 yang digunakan merek lain dengan harga yang sama.

Perangkat ini membutuhkan banyak waktu untuk membuka aplikasi, dan juga gagap saat melakukan banyak tugas. Karena GPU yang lebih lemah, maka Galaxy J6 tidak dapat menjalankan jenis game dengan grafis tinggi secara benar.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy A20 dan Spesifikasi

Penyimpanan perangkat ini juga sangat lambat, yang semakin menambah kinerjanya menjadi lamban. Karena itu untuk menjamin performa yang maksimal, konsumen tentu akan lebih baik jika memilih opsi penyimpanan 4GB RAM / 64GB daripada yang 32 GB internal memori.

Misalnya saja Galaxy J6 varian 32 GB, sebanyak 21,2 GB sudah terpakai untuk sistem sehingga pengguna hanya menerima sekitar 10 GB free. Samsung Galaxy J6 kehilangan beberapa sensor dasar seperti Giroskop, sensor Cahaya Sekitar (Ambient Light), dan Magnetometer (Giroskop) yang banyak diharapkan konsumen sebagai fitur dasar sebuah perangkat untuk tahun 2018. Ini tentu saja akan menghilangkan pengalaman terbaik pengguna.

Untuk fitur keamanan, Galaxy J6 memiliki Face Unlock, Face Unlock cukup cepat tetapi kadang bermasalah. Pengguna dapat menggunakan fitur Pengenalan Wajah ini untuk mengautentikasi SamsungPass.

Secara benchmark, Samsung Galaxy J6 memperoleh skor sebagai berikut : AnTuTu 55441; Geekbench Single Core, Multicore 704, 3299; 3D Mark Open GL ES 3.1, Vulkan 217, 231; dan PC Mark Work 2.0 3749.

Kamera Samsung J6 bagus untuk Selfie

Samsung Galaxy J6 memiliki kamera belakang 13 MP (f / 1.9, 28mm) dan kamera depan 8MP (f / 1.9) untuk selfie. Perangkat ini tak menawarkan fitur kamera utama ganda sehingga aktifitas bokeh shot pun tidak maksimal.

Tapi mengesampingkan itu, kinerja kamera masih cukup memuaskan di rentang harganya meski untuk dynamic range dan detil agak kurang. Karena tidak mengusung fitur kamera ganda, maka tidak ada mode portrait.

Kamera juga tidak memiliki fitur Phase Detection Autofocus (PDAF) namun hanya menggunakan autofokus pendeteksi kontras yang lebih lama. Karenanya kamera lambat untuk fokus saat mengambil gambar dan bahkan saat merekam video.

Kamera depan 8MP juga mampu mereproduksi warna dengan akurat dan memungkinkan pengguna memilih tingkat beautification yang ingin diterapkan. Opsi tersebut sangat penting untuk menjaga agar foto tidak terlihat seperti habis diproses.

Kamera sekunder melakukan pekerjaan yang sangat baik di siang hari maupun di dalam ruangan. Gambar yang keluar tajam, vibrant, dan detail. Berkat flash LED, selfie saat lowlight pun menghasilkan gambar yang cerah.

Kamera selfie juga memiliki mode potret, meski tidak berfungsi dengan baik, tetapi layak untuk smartphone dengan harga ini.

Harga Samsung Galaxy J6 (2018) bulan September 2019

Samsung Galaxy J6 telah dirancang dengan sangat baik memenuhi selera konsumen low end. Desain baru, layar 18: 9 yang trendi, ukurannya yang ringkas adalah beberapa kelebihan Galaxy J6 ini.

Smartphone anggaran Samsung terbaru ini hadir dalam dua varian. Harga perdana Galaxy J6 opsi 4GB RAM dan 64GB ROM berharga Rp.3,3 juta, sementara untuk yang lebih murah dengan RAM 3GB dan penyimpanan 32GB seharga Rp.2,8 juta.

Harga Samsung Galaxy J6 2018 saat ini di akhir September 2019 hanya ditawarkan sebesar Rp.2 jutaan untuk varian 3 GB RAM/ 32 GB ROM.

Advertisements