Dipublish Tanggal: 10/3/19 4:25 PM

Harga Samsung Galaxy Note 4 dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Masih banyak diminati, harga Samsung Galaxy Note 4 saat ini dibanderol Rp 1.4 jutaan untuk unit bekasnya. Simak review spesifikasi dan fitur hp Samsung Flapship ini secara lengkap.

Samsung Galaxy Note 4 adalah ponsel Android yang meluncur pertama kali tahun 2014 silam. Belum mengadopsi bodi logam, phablet seri lama ini masih menggunakan bahan plastik dengan tampilan kulit imitasi.

Layar besar Galaxy Note dan S Pen stylus tentu bukan untuk semua orang. Note 4 menyatukan kekuatan besar, layar besar dan produktivitas tinggi.

Ini mungkin bukan handset Note terbaik lagi saat ini tetapi Galaxy Note 4 masih tetap layak diandalkan. Apa saja kelebihan yang ditawarkan Galaxy Note 4? Berikut ulasannya untuk Anda.

Youtube: GadgetIn

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 4 2019

Harga BaruRp –
Harga BekasRp 1,4 Jutaan
RilisSeptember 2014
Platform
ChipsetExynos 5433
CPUOcta-core (4×1.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.9 GHz Cortex-A57)
GPUMali-T760 MP6
RAM3GB
Storage32GB
OSAndroid 4.4.4 (KitKat), upgradable to 6.0.1 (Marshmallow)
Bodi
Dimensi153.5 x 78.6 x 8.5 mm (176 gram)
LayarSuper AMOLED 5.7 inci (2560 x 1.440 piksel)
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
BateraiLi-ion 3.220 mAh
WarnaFrosted white, Charcoal black, Bronze Gold, Blossom Pink
Kamera
Depan3.7MP, f/1.9, HDR
Belakang16MP, f/1.9, OIS, autofocus, LED flash
Video2160p 30fps, 1080p 60fps, dual-video rec
FiturGeo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual-SIM (Micro + Micro)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.1, A2DP, EDR, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYes
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0 (MHL 3 TV-out), USB Host
Lainnya
RadioNo
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, gesture, UV, heart rate, SpO2
TeknologiFast battery charging (Quick Charge 2.0), S Pen
DaftarHarga Hp Samsung Terbaru

Tampilan Plastik Kompak

Samsung masih belum mau beralih ke material logam dan kaca untuk Note 4 seperti merek lain dan tetap setia dengan plastik polikarbonat. Namun produsen mencoba membuat penutup plastik yang dapat dilepas terasa lebih premium dengan memberikannya efek kulit.

BACA JUGA  Samsung Galaxy Note FE Harga Terbaru dan Spesifikasi

Sisi positifnya adalah bagian belakang plastik mampu memberikan cengkeraman yang baik yang sangat berguna ketika pengguna mencoba menggenggamnya di tangan.

Samsung Galaxy Note 4 berukuran 153,5 x 78,6 x 8.5mm, hampir sama dengan pendahulunya dan lebih sempit dalam hal lebar dan ketebalan dibanding Galaxy Note 2.

Tombol Home fisik tetap berada di bagian bawah layar diapit oleh dua tombol sentuh yaitu tombol Multi-tasking di sebelah kiri dan tombol Back di kanan. Kedua tombol kapasitif tersebut dilengkapi lampu latar yang akan menyala saat disentuh.

Di bagian belakang pengguna akan menemukan kamera 16MP, lampu kilat LED dan monitor detak jantung yang juga terdapat pada Galaxy S5, S5 Mini dan Galaxy Alpha.

Di sudut bawah pengguna pun akan melihat ujung stylus S Pen bersembunyi di dalam tubuh Galaxy Note 4, sementara di belakang penutup belakang yang dapat dilepas ada port microSIM, slot microSD, dan baterai 3220mAh yang cukup besar.

Ukuran Layar Makin Besar

Seri Samsung Galaxy Note adalah tentang layar. Galaxy Note pertama hadir dengan layar 5,3 inci, yang tampak sangat besar dibanding iPhone 4 yang hanya 3,5 inci dan Galaxy S2 yang ukuran layarnya 4,3 inci.

Berbeda dengan tiga iterasi sebelumnya, Samsung belum menganggap perlu untuk meningkatkan ukuran layar Note 4 secara signifikan, sehingga tetap dengan dimensi Galaxy Note 3 yaitu sebesar 5,7 inci. Ini bukan layar yang sama, karena Samsung telah meningkatkan resolusi layar Note 4 di level Quad HD atau 2.560 x 1.440 piksel dan kerapatan piksel 515ppi.

Ini berarti layar Note 4 lebih tajam daripada resolusi full HD pada iPhone 6 Plus (401ppi), Nokia Lumia 1520 (367ppi) dan Huawei Ascend Mate 7 (368ppi).

Advertisements

Awal tahun 2014 DisplayMate menobatkan Galaxy S5 sebagai ponsel dengan “layar smarphone berkinerja terbaik” sebagian berkat teknologi Super AMOLED, dan teknologi itu juga ditampilkan pada Galaxy Note 4.

Layar Super AMOLED Samsung mampu memberikan warna-warna cerah yang menjadikan pengalaman menonton yang mengesankan. Ditambah dengan resolusi QHD dan sesuatu yang oleh Samsung disebut sebagai tampilan ‘adaptif’ yang akan menyesuaikan dengan lingkungan pencahayaan.

Teks dan gambar bisa ditampilkan dengan sangat jernih yang menjadikan pengalaman membaca dan menonton yang luar biasa.

BACA JUGA  Samsung Galaxy Note 5 Harga Terbaru dan Spesifikasi

S Pen baru untuk Note 4

Galaxy Note identik dengan S Pen dan Note 4 pun membawa kelengkapan tersebut yang sudah ditingkatkan kemampuannya. S Pen Note 4 mampu menjaga kata-kata terkecil sekalipun tetap terbaca, dan reproduksi goresan di layar bersifat instan sehingga pengguna bisa menjaga alur alami tulisan mereka.

Tentu saja masih tidak sama dengan menulis di atas kertas yang sebenarnya, Masih agak sulit membuat catatan sambil memegang Note 4 di tangan sehingga pengguna bisa meletakkannya di permukaan yang datar dan mencoret-coret sebagaimana yang dilakukan di atas selembar kertas.

S Pen tidak hanya untuk menulis, pengguna juga dapat menggunakannya sebagai pengganti jari, memungkinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi dan file dengan mudah.

Klik tombol pada batang S Pen dan menu Air Command akan muncul di layar, memungkinkan pengguna untuk melompat ke Action Memo, Smart Select, Image Clip, Screen Write dan Pen Window.

Smart Select dan Image Clip memungkinkan pengguna untuk menyorot bagian tertentu dari layar, dengan yang pertama dapat mengenali teks apa pun sementara yang kedua memungkinkan pengguna untuk mengeluarkan gambar dan menyimpannya ke lembar memo untuk digunakan nanti.

Screen Write berpotensi memiliki cakupan penggunaan yang lebih luas, memungkinkan pengguna untuk membubuhi keterangan layar yang dilihat – baik itu peta, pesan teks, gambar atau hanya layar beranda.

Software yang Mengesankan

Samsung Galaxy Note 4 menjalankan Android 4.4.4 KitKat, iterasi terakhir dari sistem operasi versi tersebut. Tetapi upgrade ke Android Lollipop pun telah tersedia.

Kemudian berlanjut update ke Android Marshmallow di bulan Juni 2016. Pembaruan tersebut membawa serta peningkatan ke Google Now, tool peningkatan usia baterai, kontrol izin aplikasi yang lebih luas, dan banyak lagi. Antarmuka TouchWiz 2014 pun cukup bagus dengan lebih sedikit aplikasi bloatware dan ikon yang dirancang ulang membuat semuanya terlihat jauh lebih pintar.

Saat layar terkunci, Note 4 memberi pengguna opsi untuk meluncurkan aplikasi kamera atau papan tombol untuk panggilan darurat, ditambah juga dapat menampilkan informasi seperti waktu, tanggal, cuaca dan bahkan berapa banyak langkah yang telah diambil selama hari itu.

Untuk membantu pengguna mengatasi ukuran layar besar, mereka dapat menyusutkan jendela aplikasi ke bawah agar lebih mudah dijangkau dengan satu tangan. Sayangnya tidak ada dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, jadi pengguna agak terbatas pada setelan aplikasi yang hanya untuk aplikasi bawaan saja.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy J5 Pro dan Spesifikasi

Yang perlu dilakukan adalah menarik ke bawah secara diagonal dari sudut kiri atas dan aplikasi akan keluar dari mode layar penuh dan menjadi ukuran yang lebih kecil. Ketuk titik abu-abu di bagian atas jendela untuk memunculkan menu dimana pengguna dapat meminimalkan aplikasi menjadi gelembung mengambang di layar seperti Chat Heads dari Facebook.

Seperti perangkat Note sebelumnya, pengguna juga bisa mendapatkan dua aplikasi berdampingan di layar dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menahan tombol Back di bawah layar.

Itu akan memunculkan kolom aplikasi di sisi kanan layar Note 4, dan dari situ pengguna dapat menyeret dua ke bagian utama layar untuk menjentikkannya berdampingan.

Performa Tak Perlu Diragukan

Seperti yang sudah disinggung di atas kinerja Samsung Galaxy Note 4 sangat mengesankan. Perangkat ini mengemas prosesor quad-core 2.7GHz dan RAM 3GB.

Itu berarti Android 4.4.4 KitKat berjalan sangat lancar, dan pengguna tidak akan mengalami kelambatan selama mengoperasikannya. Aplikasi dan game dimuat dengan cepat, dan bahkan dengan aplikasi yang dibuka di tampilan jendela mengambang kecil, tidak ada penurunan kinerja yang nyata.

Pada sebuah tes Geekbench 3, benchmark Galaxy Note 4 mampu mengalahkan HTC One M8, iPhone 6 Plus dan Samsung Galaxy S5.

Baterai Besar yang Bisa Dilepas

Samsung Galaxy Note 4 dikemas dalam baterai 3220mAh yang cukup besar, yang tidak seperti banyak pesaingnya termasuk Nexus 6, iPhone 6 Plus dan bahkan Galaxy S6 baru, baterainya dapat dilepas.

Samsung Galaxy Note 4 mampun bertahan sehari penuh dengan menyisakan sekitar 20% -30% daya baterai. Itu dengan penggunaan sedang hingga berat, dengan beberapa jam musik Spotify, beberapa jam bermain game, beberapa kali penelusuran web ringan, email dan melakukan berbagai panggilan, teks, dan aktivitas media sosial.

Dalam sebuah pengujian, menjalankan video HD selama 90 menit dengan kecerahan penuh dan berbagai akun yang disinkronkan melalui Wi-Fi membuat baterai Galaxy Note 4 turun 19%.

Harga Samsung Galaxy Note 4 Bulan September 2019

Saat ini di bulan September 2019, unit Galaxy Note 4 sudah tidak tersedia dalam kondisi baru. Karena itu pengguna yang menginginkannya hanya bisa mendapatkannya dalam kondisi seken. Harga bekas Samsung Galaxy Note 4 sebagaimana dikutip dari Tokopedia ditawarkan sebesar Rp.1,4 jutaan saja.

Tags List:

Galaxy note 4 android 6 0 berat
Advertisements