Dipublish Tanggal: 10/16/19 7:28 PM

Active Noise Cancellation Earphone Akan Melengkapi Kedatangan Samsung Note 10

Rudy Irawan - Rajasamsung

Samsung Galaxy Note 10 yang akan segera dirilis diproduksi memang agar menjadi ponsel yang hebat. Ada banyak fitur dan teknologi canggih yang dibenamkan di dalamnya.

Salah satunya adalah fitur audio. Samsung dijadwalkan meluncurkan Galaxy Note 10 di sebuah acara pada 7 Agustus di New York mendatang. Ada banyak bocoran dan desas-desus tentang perangkat premium ini.

Selain kabar tentang dua varian Note 10 yang akan diluncurkan di acara tersebut, bersama dengan seri Note 10, Samsung pun akan meluncurkan headphone active noise-cancelling di acara Galaxy Unpacked tersebut.

Ocehan Roland Quandt di Titter melaporkan bahwa Samsung akan menyertakan headphone in-ear berkabel dengan teknologi active noise-cancelling atau peredam bising aktif untuk Galaxy Note 10.

Noise Cancellation merupakan sebuah teknologi yang akan membuat suara dari luar tak ikut masuk ke dalam earphone dan tak mengganggu suara yang dikeluarkan earphone.

Dikenal 2 macam Noise Cancellation, ialah Active Noise Cancellation dan Passive Noise Cancellation. Cara kerja Active Noise Cancellation lebih rumit dibanding yang Passive.

Di sini earphone mesti terpasang Built-in Microphone yang berfungsi mendengar suara bising dari luar misalnya suara knalpot kendaraan atau jeritan manusia.

Advertisements

Kemudian ada circuit yang akan mengirimkan ëlawaní untuk gelombang suara bising tadi yang dikeluarkan lewat speaker di dalam earphone. Gelombang suara yang dikeluarkan tadi tak akan didengar telinga pengguna. Dengan begitu tak akan ada gangguan lagi suara dari luar.

Belum jelas apakah headphone tersebut akan menjadi satu dalam paket penjualan atau harus dibeli terpisah. Yang jelas colokan headphone premium tersebut adalah USB Type-C dan bukan 3.5mm karena Galaxy Note 10 tidak memiliki colokan jack 3.5mm.

BACA JUGA  Ini Spesifikasi Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Quandt juga mengatakan bahwa charger nirkabel EP-N5200 yang dibuat untuk Galaxy Note 10 memang akan dispesifikasikan untuk menghasilkan muatan 20W. Samsung pun dikabarkan akan mengeluarkan charger nirkabel 9W yang dimungkinkan untuk digunakan di dalam mobil.

Dari apa yang kita ketahui sejauh ini, spesifikasi Galaxy Note 10 diperkirakan akan menampilkan layar QHD + Infinity 6,3 inci, dan datang dengan RAM hingga 12 GB.

Galaxy Note 10 secara alami akan menjalankan sistem operasi One UI berbasis Android Pie. Selain itu, perangkat ini diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 855 atau yang setara dengan Exynos. Ada juga rumor tentang pengaturan tiga kamera di bagian belakang yang mirip dengan Samsung Galaxy S10 Plus.

Yang juga cukup menarik, Samsung Galaxy Note 10 tidak akan menampilkan speaker tradisional, dan sebagai gantinya, ia akan datang dengan teknologi Sound on Display (SoD).

Menurut bocoran dari Ice Universe, yang sebelumnya memposting gambar screen guard untuk Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Pro, yang hampir tidak memiliki bezel atas, ponsel ini tampaknya memiliki tampilan tepi-ke-tepi yang lebih baik tanpa speaker fisik aktif di bagian depan.

Teknologi ini akan memungkinkan perangkat bisa mengeluarkan suara tanpa lubang speaker yang akan meningkatkan rasio screen to body.

Sound on Display berfungsi dengan secara efektif mengubah tubuh ponsel menjadi diafragma. Dalam hal ini memungkinkan layar bergetar dan menghasilkan suara ketika telinga didekatkan ke perangkat.

Ini berarti bidang yang biasanya ditempati oleh lubang speaker bisa digunakan menambah luas layar. Sebenarnya Samsung bukan yang pertama yang menggunakan teknologi layar jenis ini di pasar Android.

Teknologi tersebut telah terlihat di beberapa handset dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Sharp Aquos Crystal, yang merupakan salah satu ponsel Android pertama yang muncul tanpa bezel atas (kamera depannya malah ditempatkan di bezel bawah). Mi Mix Xiaomi juga menawarkan speaker piezoelektrik sebagai pengganti lubang suara tradisional.

BACA JUGA  Galaxy Note 10 Tidak Jadi Pakai Snapdragon 855+?
Advertisements