Dipublish Tanggal: 02/27/19 9:13 AM

Harga Samsung Galaxy J5 Prime dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Di tahun 2019, Samsung Galaxy J5 Prime harga bekasnya Rp 1.2 jutaan. Spesifikasi hp Samsung ini dilengkapi RAM 2GB. Simak review lengkapnya di bawah ini.

Meskipun Samsung adalah produsen ponsel Android paling populer di dunia, namun perusahaan ini tidak dikenal menghasilkan perangkat yang ramah anggaran namun terlihat premium.

Selama ini Samsung hanya memproduksi ponsel yang terlihat biasa-biasa saja dengan konstruksi dari plastik murah. Namun dalam beberapa iterasi perangkat terakhir, Samsung telah mengadopsi kebijakan desain baru.

Selain produk-produk unggulannya, perangkat seri A dan seri J mencoba menawarkan perangkat terbaru yang terlihat premium namun harganya cukup terjangkau. Samsung Galaxy J5 Prime adalah salah satunya.

Perangkat tersebut mencoba menawarkan spesifikasi yang layak dengan desain yang premium. Menyasar para pengguna di kelas menengah ke bawah, Samsung telah mengemas beberapa spesifikasi mengesankan dalam perangkat cantik tersebut.

Selain layarnya yang cukup besar yaitu 5 inci, bagian jeroan pun diperkuat dengan chipset empat inti dan 2 GB RAM. Sektor fotografi pun tak ketinggalan untuk ditingkatkan dimana Galaxy J5 Prime membawa konfigurasi kamera utama 13 MP dan 5 MP kamera sekunder.

Mari kita tinjau spesifikasi apa saja yang membuat Galaxy J5 Prime memang layak untuk dimiliki.

Youtube: BangRipiu

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Prime 2019

Harga BaruRp 2.150.000
Harga BekasRp 1.200.000
RilisSeptember 2016
Platform
ChipsetExynos 7570 Quad
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720
RAM2GB
Storage16GB (microSD, up to 256 GB)
OSAndroid 6.0.1 (Marshmallow)
Bodi
Dimensi142.8 x 69.5 x 8.1 mm (143 gram)
LayarPLS TFT 5 inci (1.280 x 720 piksel)
ProteksiCorning Gorilla Glass
BateraiLi-ion 2.400 mAh
WarnaBlack, Gold
Kamera
Depan5MP, f/2.2
Belakang13MP, f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash
Video1080p 30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS/ BDS (region dependent)
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
RadioFM radio; recording
SensorFingerprint, accelerometer, proximity
CekHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Unibody Metalik

Sebagaimana saudaranya yang lebih besar, Samsung J7 prime, J5 Prime juga memiliki desain unibody yang sepenuhnya diselubungi material logam.

Desainnya glamor dan terlihat modern dan premium. Karena memiliki layar 5 inci, perangkat ini sebenarnya cukup nyaman untuk digenggam.

Tepiannya yang membulat memastikan pegangan yang kuat pada perangkat dan tidak akan melukai telapak tangan penggunanya. Dengan desain uni-body, itu artinya pengguna tidak dapat melepas baterai.

Perangkat ini juga mempertahankan pengaturan slot dan input yang sama dengan J7 Prime. Mirip dengan J7 Prime, pengguna dapat mengakses slot SIM dan kartu micro SD melalui baki kecil di sisi perangkat.

Sisi kiri tersedia slot untuk kartu SIM primer, slot SIM sekunder serta slot kartu SD. Sisi kiri ini juga menampung tombol volume. Sisi kanan perangkat dijumpai tombol daya dan grille loudspeaker.

Namun posisi speaker mungkin kurang tepat berada di sana. Pengguna dapat dengan mudah menutupi speaker dengan jari saat memegangnya dengan satu tangan.

Itu tentu akan memblokir suara yang keluar dari perangkat. Jadi, pengguna mungkin harus mencoba memegang perangkat secara berbeda jika ingin memegangnya saat sedang memutar lagu.

Kualitas Layar Samsung Galaxy J5 Prime

Layarnya adalah panel IPS LCD dengan resolusi HD. Meski tidak menawarkan panel Super AMOLED yang menjadi andalan Samsung namun panel IPS ini masih memiliki sudut pandang yang baik dengan tingkat kecerahan yang cukup.

ADVERTISEMENT

Namun, karena panel kaca yang sangat reflektif, visibilitas luar ruangan pun banyak berkurang. Meskipun, Samsung telah mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut dengan menyediakan mode outdoor, namun tidak serta merta mampu menampilkan kecerahan layar secara maksimal.

Mengesampingkan visibilitas luar ruangan, pengguna akan mendapatkan representasi kontras dan warna yang bagus saat berada di dalam ruangan. Keputusan Samsung untuk membatasi resolusi layar hanya 720p mungkin akan mengganggu sebagian pengguna.

Pengguna yang jeli akan dapat melihat beberapa ketidakjelasan di sekitar teks dan ikon. Terlepas dari kekurangan tersebut, layar IPS yang digunakannya mampu menawarkan sudut pandang yang baik dengan produksi warna yang baik dan akurat.

Perangkat Lunak dan Antarmuka

Samsung J5 Prime menjalankan Android 6.0 Marshmallow dan diharapkan akan segera diperbarui ke Android 7.0 Nougat. Untuk antarmukanya adalah UI TouchWiz buatan Samsung sendiri.

Antarmuka cukup mulus dan jauh lebih ringkas dibandingkan dengan versi sebelumnya. Jika pengguna bukan penggemar UI, Samsung pun telah menyertakan theme manager bawaan untuk membantu mengubah tampilan perangkat secara keseluruhan.

Manajer tema tersebut menggunakan tema yang diunduh dari toko milik Samsung sendiri, yang menampung koleksi tema berbayar dan juga gratis.

Performa dan Daya tahan baterai

Perangkat ini ditenagai dengan prosesor Quad core yang memiliki core Cortex-A53 dan RAM 2GB. Apa artinya itu? Pengguna akan mendapatkan kinerja yang memadai saat melakukan tugas-tugas harian dengan J5 Prime ini.

Namun, pengguna mungkin akan menemui beberapa perlambatan saat mencoba menjalankan beberapa aplikasi berat dengan 4-5 tab Chrome terbuka di latar belakang. Dalam suatu pengujian, Samsung Galaxy J5 Prime tampil baik dengan menghasilkan skor 36.285 di AnTuTu dan 18.877 di Quadrant.

Di GeekBench 4, J5 Prime gagal mengesankan dengan skor single-core 594 dan skor multi-core 1710. Untuk keperluan game, J5 Prime masih dapat menjalankan game yang paling umum dengan lancar dengan frame rate yang konsisten.

Game seperti Clash of Clans, Subway Surfer, Hill Climb Racing dll berjalan sangat baik dengan CPU dan GPU yang tersedia. Namun, beberapa game yang lebih berat akan berjalan pada frame rate yang lebih rendah.

Baterai Samsung J5 Prime

Samsung J5 Prime dilengkapi dengan baterai 2.400 mAh yang karena layar hanya menyuguhkan tampilan maksimal 720p itu artinya akan memberikan masa pakai baterai yang lumayan lama.untuk perangkat ini.

Untuk menguji masa pakai baterai pada perangkat ini, saya menggunakannya sebagai driver harian selama hampir seminggu penuh. Penggunaannya untuk surfing, memainkan beberapa game ringan seperti Temple Run, mengakses WhatsApp dan Messenger baterai bisa bertahan selama satu hari penuh dengan masih menyisakan sekitar 20-30 persen.

Pengisi daya yang diberikan adalah charger 5V / 1A. Ponsel ini tidak mendukung pengisian cepat sehingga membutuhkan kesabaran saat mengisi ulang. Waktu pengisian daya dari 5 persen hingga 90 persen membutuhkan waktu satu jam 49 menit.

Pembaca sidik jari

Fitur pembaca sidik jari di ponsel sebenarnya bukan barang baru lagi. Ini telah menjadi bagian integral dari pengalaman pengguna di ponsel keluaran terbaru.

Jadi tidak mengherankan jika ponsel ini juga menyertakan pembaca sidik jari di bawah tombol Home tactile. Pembaca sidik jari berkinerja sangat baik dan cepat untuk membuka kunci perangkat. Rata-rata, dibutuhkan kurang dari satu detik untuk membuka perangkat ketika layar ditutup.

Ponsel ini juga menyertakan LED notifikasi di atas lubang suara yang dapat menunjukkan notifikasi yang terlewat dan juga status baterai.

Kualitas kamera Samsung Galaxy J5 Prime

Konfigurasi kamera J5 Prime termasuk sensor utama 13 MP dengan aperture f / 1.9. Selain hasil foto yang detil, kamera utama ini pun mampu merekam video 1080p pada 30 frame per detik.

Samsung memang memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam hal keandalan kamera ponsel. Dalam kondisi pencahayaan yang baik kamera dapat menghasilkan beberapa bidikan yang sangat cemerlang.

Bukaan yang lebih luas memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk ke sensor dan dengan demikian mampu menangkap detail gambar dengan sangat baik.

Hanya saja sebagian besar foto yang diambil pada malam hari ternyata berbintik dan noise di sana sini. Selama pengguna tidak hobi melakukan pemotretan di malam hari dengan perangkat ini, fitur kamera yang disediakan sudah cukup memuaskan.

Harga Samsung Galaxy J5 Prime Agustus 2019

Jika konsumen sedang mencari perangkat Android yang solid dengan kualitas build premium, daya tahan baterai di atas rata-rata, kualitas kamera yang bagus dan tidak keberatan berkompromi pada resolusi layar dan kinerja gaming, Galaxy J5 Prime ini harus berada di urutan teratas dalam daftar.

Untuk bulan Agustus 2019 ini harga Samsung Galaxy J5 Prime hanya dibanderol di angka Rp.1,2 jutaan dan masih tersedia di beberapa situs belanja besar tanah air.