Dipublish Tanggal: 10/1/19 2:21 PM

Harga Samsung Galaxy J2 Prime dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Di tahun 2019 Samsung Galaxy J2 Prime 4G hp samsung murah harga barunya Rp. 1.2 jutaan, harga bekasnya Rp. 900 Ribuan peminatnya masih banyak dan masih dicari oleh banyak orang di Indonesia.

Kembali menguji pasar ponsel segmen mid-low, Samsung di bulan November 2016 silam meluncurkan Galaxy J2 Prime. Secara spesifikasi, Galaxy J2 Prime menghadirkan konektivitas 4G dan VoLTE, layar 5 inch beresolusi qHD (960 x 540 piksel), prosesor quad-core MediaTek MT6737T 1.4GHz, RAM 1.5GB, bersistem operasi Android 6.0 Marshmallow, kamera utama 8 MP, dan baterai 2600 mAh.

Menjadi penerus, J2 sudah semestinya Galaxy J2 Prime dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi lebih baik dari pendahulunya. Hanya saja upgrade yang diberikan sepertinya tak maksimal.

Baca terus ulasan lengkapnya berikut ini. Samsung Galaxy J2 Prime yang menggunakan kode SM-G532G adalah versi termurah dari keluarga Galaxy J Prime yang dilepas untuk pasar Indonesia.

Ponsel ini mengincar segmen muda usia kelas menengah bawah. Harga perdana Samsung Galaxy J2 Prime sebesar Rp.1,8 juta termasuk paling mahal dibanding merek lain dengan spesifikasi dan kelas yang sama.

Youtube: GadgetIn

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J2 Prime 2019

Harga HpRp 1.200.000 (Pasaran)
RilisNovember 2016
Platform
ChipsetMediatek MT6737T
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720MP2
RAM1.5GB
Storage8GB (microSD, up to 256 GB) dual SIM model only
OSAndroid 6.0 (Marshmallow)
Bodi
Dimensi144.8 x 72.1 x 8.9 mm (160 gram)
LayarPLS TFT 5 inci (960 x 540)
BateraiLi-ion 2.600 mAh
WarnaBlack, Gold, Silver, Pink
Kamera
Depan2MP, f/2.2
Belakang5MP, f/2.2, autofocus, LED flash
Video720p 30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection
Konektivitas
SIMSingle SIM (Micro ) – Hybrid Dual SIM (Micro, dual stand-by)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
RadioFM radio, RDS, recording
SensorAccelerometer, proximity
DaftarHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Samsung J2 Prime Cantik

Rancang bangun Galaxy J2 Prime bukan menganut model unibody. Penutup belakang dapat dilepas yang akan memperlihatkan baterai, dua slot microSIM GSM, dan slot untuk kartu microSD.

Desain keseluruhan terlihat cantik berupa polesan warna logam atau metalik. Juga termasuk penggunaan frame logam di sekeliling tubuhnnya. Menjadikan perangkat ini makin nampak solid.

Sekilas model yang digunakan mirip dengan Galaxy Grand Prime. Hampir serupa, dimana posisi tombol volume, power, modul kamera serta lampu flash dan yang lain persis sama.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy J4 Core dan Spesifikasi

Desainnya yang ergonomis cukup nyaman dalam genggaman tangan terlebih penutup belakang pun dibuat bertekstur sehingga menjadikannya tidak licin kendati dioperasikan dengan satu tangan.

Galaxy J2 Prime tetap menggunakan tombol “Home” fisik di bawah panel layar. Sedangkan tombol “back” dan “recent apps” menggunakan teknologi capacitive touchscreen yang cukup lembut dan responsif.

Layar Samsung J2 Prime Berukuran 5 inci

Diperbandingkan dengan sebelumnya, ukuran panel layar Samsung Galaxy J2 Prime agak lebih besar dari semula 4,7 inci kini menjadi 5 inci. Hanya sayang resolusi layar tetap menggunakan standar lama yaitu 540×960 piksel (qHD).

Pun fitur panel Super AMOLED yang sebelumnya diterapkan untuk Galaxy J2 malah hilang dan hanya menggunakan jenis panel TFT biasa. Kenyataan tersebut pastinya mengakibatkan tampilan layar tak cerah maksimal.

Terpaut jauh dari kecemerlangan yang mampu dihasilkan oleh layar Super Amoled di seri sebelumnya. Meski demikian performa layar Galaxy J2 Prime masih bisalah diandalkan sesuai dengan target market yang disasar.

Transisi layar, menggulir, atau menyapu layar tetap berlangsung dengan mulus tanpa hambatan. Lalu saat digunakan untuk mengetikkan huruf-huruf menggunakan keyboard virtual pun nyaman dan mudah dengan sedikit salah pencet tombol.

Itu menandakan layar TFT ini sangat responsif dan presisi. Untuk penggunaan outdoor atau luar ruangan dengan paparan cahaya matahari langsung, tampilan layar masih terbaca dengan jelas.

Bilamana dianggap tak cukup cerah pengguna pun dapat menyalakan fitur “Mode Luar Ruang”, yang disediakan dalam menu Pengaturan-Tampilan.

Samsung J2 Prime Miliki Processor Cepat

Memainkan game menggunakan Galaxy J2 Prime dapat berlangsung dengan mulus. Malah untuk game berat bergrafis tinggi diantaranya “Asphalt Nitro” pun tidak mengalami lag dengan visual yang nampak nyata.

Boleh dianggap bahwa itu merupakan bentuk kesuksesan Galaxy J2 Prime dalam hal performa dapur pacu. Spesifikasi Galaxy J2 Prime memang telah mendapat perbaharuan dengan dukungan chip 64-bit, MediaTek MT6737T 1,4GHz (Cortex-A53) ditambah processor grafis Mali-T720MP2.

Sektor memori pun sedikit lebih besar dengan RAM yang kini menjadi 1.5GB. Hasilnya adalah kinerja J2 Prime berplatform Android 6.0 Marshmallow yang menawan.

Cukup kencang ketika dipergunakan untuk surfing laman internet dan juga akses ke situs jejaring sosial yang mempunyai beragam gambar berbagai ukuran.

Ketangguhan perangkat keras dari keluarga Samsung J Series ini terdokumentasikan dengan melihat berbagai skor benchmark mulai dari AnTuTu, GeekBench, dan beberapa lainnya yang menghasilkan poin bagus untuk ponsel di kelasnya.

Advertisements

Secara ideal ponsel masa kini mesti disupport ukuran ROM yang besar, lantaran akan banyak digunakan untuk menyimpan berbagai file ukuran besar mulai dari koleksi lagu, video, foto, game dan juga aplikasi.

Sayang Galaxy J2 Prime hanya mengandalkan memori internal kapasitas 8GB. Itu pun cuma menyisakan kurang lebih 3GB ruang kosong sebab yang 5Gb sudah diambil oleh sistem maupun berbagai aplikasi bawaan.

Akibatnya, Galaxy J2 Prime tidak dapat leluasa dijejali dengan berbagai aplikasi atau game yang diinginkan. Bila pengguna tetap nekat memasang game ukuran besar seumpama Asphalt 8, pasti akan keluar pesan “Tidak cukup ruang”, yang akan mengharuskan pengguna mencopot aplikasi lain lebih dulu yang cukup menganggu. Meski ada slot kartu MicroSD namun kebanyakan aplikasi atau game tak dapat dipindahkan ke memori eksternal.

BACA JUGA  Harga Samsung Galaxy J7 Prime dan Spesifikasi

Kamera 8 MP dan 5 MP

Kemampuan kamera dari perangkat ini bisa dibilang lebih bagus dibanding kamera yang dimiliki J2. Kamera utama Galaxy J2 Prime membawa resolusi 8MP yang di tempatkan di punggung, lalu ada kamera 5 MP di bagian depan.

Kamera Belakang 8MP

Pendahulunya sendiri hanya menggunakan konfigurasi kamera 5 MP dan 2MP. Kedua kamera tersebut sudah didukung keberadaan lampu kilat LED untuk membantu pencahayaan saat pemotretan di suasana gelap.

Hasil foto dari kamera utama ketika situasi cahaya yang mencukupi misalnya di luar ruangan terhitung ok untuk standar kamera ponsel di kelas menengah bawah.

Foto yang dihasilkan terlihat tajam, rinci dengan warna yang terlihat alami. Hanya saja agak lain jika foto diambil di dalam ruangan sebab hasilnya sedikit gelap dengan noise di sana sini.

Tentu saja lampu kilat dapat dipergunakan untuk menyokong penerangan, namun tetap saja bintik-bintik noise tetap menghiasi. Sementara untuk mengakomodasi aksi selfie, kamera depan 5 MP pun cukup handal.

Kamera Depan 5MP

Lebih-lebih telah ditunjang keberadaan lampu kilat dengan begitu hasil foto tetap cerah kendati diambil saat cahaya remang-remang. Tak perlu dikatakan jika foto selfie diambil di luar ruangan dengan cahaya yang cerah.

Namun ditemukan kekurangan untuk kamera depan yaitu tidak menunjang aktivitas video call secara baik sebab tampilannya yang gelap saat digunakan di dalam ruangan. Sedangkan ketika digunakan di luar ruangan tampilan video di ponsel lawan bicara cukup jelas terlihat.

Berbagai fitur yang disertakan dalam aplikasi kamera J2 Prime seperti : mode Auto, Pro, Panorama, Continuous shot, HDR, Night, Sports, dan juga Sound & shot. Untuk mode Pro, pengguna akan diberikan kebebasan dalam mensetting fungsi kamera, kendati pengaturan yang ada pun terhitung terbatas.

Pengguna bisa melakukan pengaturan ISO mulai dari nilai 100 sampai 800, White balance, sampai penyetelan exposure (kecerahan). Sedangkan fitur yan lumayan unik ialah Sound & shot.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memotret, dan dalam waktu bersamaan merekam suara selama sekitar 9 detik. Boleh jadi maksudnya agar pengguna dapat menggambarkan apa yang sedang dibidik.

Poin mengesankan lainnya yaitu antarmuka dari aplikasi kamera bawaan yang sangat mudah dinavigasi. Pengguna hanya perlu membuat sapuan ke kiri atau kanan di layar saat aplikasi kamera diaktifkan, dengan begitu menu dari kamera pun langsung ditampilkan.

Untuk berpindah dari kamera utama ke kamera depan atau sebaliknya cukup dilakukan dengan menyapukan jari di layar ke atas. Pastinya ini akan cukup memudahkan untuk pengguna sehingga bisa tetap menjalankan ponsel menggunakan satu tangan saja sebab tidak usah lagi menyentuh tombol menu yang adakalanya posisinya jauh dari jari pengguna.

BACA JUGA  Samsung Galaxy A2 Core Harga Terbaru dan Spesifikasi

Multimedia Oke

Aplikasi pemutar lagu di Galaxy J2 Prime bukanlah aplikasi default, namun berbekal aplikasi Play Musik buatan Google. Kendati fungsi setelan audio cukup standar, namun mampu menghasilkan performa yang oke.

Fungsi equaliser dapat diandalkan. Output suara melalui loudspeaker cukup keras dan bulat. Tentu saja output audio akan maksimal jika didengarkan lewat earphone bawaan yang disertakan di kemasan penjualan, yang cukup prima.

Audio yang dihasilkan earphone sangat terasa efek bass dan treble tanpa pecah. Fungsi pemutar file video di Galaxy 2 Prime pun memuaskan, misalnya saja video full HD (1080p) dapat diputar dengan lancar, bebas pending, atau tersendat.

Aplikasi Khusus

Termasuk kelebihan Galaxy J2 Prime adalah disediakannya beberapa aplikasi khusus yang cukup bermanfaat. Misalnya fitur KNOX yang akan menyediakan proteksi untuk perangkat ini.

Memproteksi berbagai data saat perangkat Galaxy J2 Prime hilang tentu sangat diperlukan, itulah fungsi KNOX tersebut. Lalu disediakan pula aplikasi Secure Folder atau Folder Aman yang berfungsi me-lock aplikasi yang dipilih sehingga tidak dapat dibuka orang lain.

Tidak kalah mengesankan adalah opsi Pemeliharaan perangkat. Dengan mengaktifkan fungsi ini maka sistem akan mengoptimalkan baterai, RAM, penyimpanan sampai proteksi terhadap perangkat. Pun disertakan koleksi aplikasi dari Microsoft mulai dari Excel, Powerpoint, OneDrive, OneNote dan Skype untuk fungsi penunjang produktifitas.

Baterai Standar

Perangkat Android yang satu ini mengandalkan sebuah baterai dengan kapasitas 2600mAh. Tak terlalu besar, namun masih lumayan awet guna menjalankan berbagai tugas.

Minus fitur fast charging atau pengisian daya cepat alhasil waktu yang digunakan untuk ngecas pun agak lama. Dalam sebuah pengujian dari baterai yang tersisa 12% hingga 75% memerlukan waktu kurang lebih sampai 1,5 jam lamanya.

Untuk pemakaian wajar seperti untuk browsing, chatting, memutar lagu, sesekali membuka Youtube, dan juga aktifitas memotret serta merekam klip video baterai Galaxy J2 Prime relatif bisa bertahan hingga satu hari lamanya.

Harga Samsung Galaxy J2 Prime September 2019

Membandingkannya dengan suksesor sebelumnya, Galaxy J2 Prime menghadirkan kinerja yang lebih baik. Akan tetapi tentu ada beberapa kekurangan meski itu bukan pada bagian yang vital.

Samsung Galaxy J2 Prime 4G ponsel Android murah yang hingga tahun 2019 ini tak pernah sepi peminat dan masih dicari banyak konsumen terutama usia muda di Indonesia.

Harga Samsung Galaxy J2 Prime saat ini di awal September 2019 dari data yang diperoleh dari Bukalapak dibanderol Rp.1.195.000 saja. Dalam box kemasan saat konsumen membeli akan diberikan : unit Galaxy J2 Prime, kepala charger (adaptor), kabel USB, kartu garansi, earphone, satu buah baterai, dan bundling kartu seluler berisi paket internet.

Tags List:

Gambar hp samsung galaxy j2 prime, harga samsung j2 prime september 2019
Advertisements