Dipublish Tanggal: 01/25/19 9:33 AM

Samsung Galaxy Note 5 Harga Terbaru dan Spesifikasi

Rudy Irawan - Rajasamsung

Di tahun 2019 ini, Samsung Galaxy Note 5 masih banyak peminatnya. Harga hp Samsung ini dibanderol Rp 4.5 jutaan sedangkan harga bekasnya Rp. 1.8 Jutaan. SImak review dan spesifikasi lengkapnya dibawah ini.

Tidak dapat dielakkan jika seri Galaxy Note buatan Samsung begitu identik dengan S Pen. Pena digital yang terselip di bodi Galaxy Note tersebut seolah memiliki kekuatan magis yang mampu mengangkat eksklusifitas perangkat dengan layar jumbo ini.

Di tahun 2015, seri Galaxy Note sudah mencapai versi 5 dengan keluarnya Galaxy Note 5. Tentu saja kekuatan salah satu dari flagship Samsung ini tak cuma S Pen saja, masih banyak berbagai fitur canggih yang akan memuaskan penggunanya. Berikut ulasan menyeluruh dari fitur dan spesifikasi Galaxy Note 5 :

Youtube: Putu Reza

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 5 2019

HargaRp 4.490.000 (32GB)
Rp 5.199.000 (64GB)
Harga BekasRp. 1.8 Jutaan
RilisAgustus 2015
Platform
ChipsetExynos 7420 Octa
CPUOcta-core (4×2.1 GHz Cortex-A57 & 4×1.5 GHz Cortex-A53)
GPUMali-T760MP8
RAM4GB
Storage32GB/64GB
OSAndroid 5.1.1 (Lollipop), upgradable to 7.0 (Nougat)
Bodi
Dimensi153.2 x 76.1 x 7.6 mm (171 gram)
LayarSuper AMOLED 5.7 inci (2560 x 1.440 piksel)
ProteksiCorning Gorilla Glass 4
BateraiLi-ion 3.000 mAh
WarnaBlack Sapphire, Gold Platinum, Pink Gold, White Pearl, Silver Titan
Kamera
Depan5MP, f/1.9, dual video call, Auto HDR
Belakang16MP, f/1.9, OIS, autofocus, LED flash
Video2160p 30fps, 1080p 60fps, dual-video rec
FiturGeo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR
Konektivitas
SIMDual-SIM (Nano + Nano)
JaringanGSM/HSPA/LTE
Dukungan4G LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, EDR, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYes
Portjack audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0, USB Host
Lainnya
RadioNo
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
TeknologiS Pen
Cek daftarHarga Hp Samsung Terbaru

Desain Samsung Galaxy Note 5 Kaca Logam

Samsung Galaxy Note 5 memiliki bentuk dasar yang sama dengan Note 4, tetapi konstruksi kedua ponsel agak berbeda. Lewatlah sudah kembali kulit imitasi yang terbuat dari plastik dan telah diganti dengan lembaran kaca yang dimasukkan ke dalam bingkai logam, sebagaimana pada Galaxy S6.

Ukurannya 153.2 x 76.1 x 7.6mm, dimensi Note 5 lebih besar dari flagship S6 yang hanya 5.1-inci. Note 5 ini juga lebih 5 g ringan yaitu hanya 171 meski dengan build logamnya dan kaca. Kaca belakangnya melengkung ke dalam di sisi kanan dan kiri.

Ketebalannya yang lebih tipis dan punggung melengkung membuatnya lebih mudah dipegang di telapak tangan meskipun ukurannya phablet. Lapisan kacanya memang terlihat mewah namun mudah untuk meninggalkan sidik jari dibandingkan dengan pendahulunya yang terbuat dari kulit imitasi.

Galaxy Note 5 menawarkan beberapa warna termasuk Sapphire Black, White Pearl, Gold Platinum, dan Perak Titanium. Bingkai aluminium Galaxy Note 5 berwarna perak dengan tombol power di kanan dan volume rocker di kiri. Tombol-tombol tersebut tipis, tetapi terasa kuat ketika ditekan dan, yang penting terletak di sebelah atas.

Tombol Home yang tidak berubah dan berbentuk oval adalah satu-satunya tombol fisik lain pada Note 5, dan untungnya teknologi sensor sidik jari bekerja jauh lebih baik daripada pada Note 4.

Layar Samsung Note 5 Quad HD

Galaxy Note 5 digembar-gemborkan sebagai layar smartphone terbaik. Tetap mempertahankan diagonal layar 5,7 inci dan resolusi Quad HD 2.560 x 1.440 piksel.

Kepadatan layar 518 piksel per inci di belakang Gorilla Glass 4 cukup sempurna menampilkan konten. Teknologi panel Super AMOLED mampu menyuguhkan akurasi warna, kecerahan dan rasio kontras yang sangat sempurna.

Layar jenis ini pun tak menemui masalah sama sekali saat digunakan di bawah terik sinar matahari. Konten yang disuguhkan layar bisa dibaca dan dilihat dengan sangat jelas tanpa silau.

ADVERTISEMENT

S Pen stylus yang Fungsional

Layar yang cerah dan penuh warna bisa dimaksimalkan, berkat S Pen yang membedakan Galaxy Note 5 dari Galaxy S6 Edge +. Stylus plastik tersebut sekarang meluncur keluar dari bagian bawah bingkai ponsel setelah mengkliknya.

Tidak ada fungsi lain dari kepala yang dapat diklik. Fungsionalitas baru tersedia ketika pengguna mengaktifkan “Screen off memo” di pengaturan.

Ini memungkinkan pengguna untuk menulis di layar saat sedang “tidak aktif”, atau setidaknya dalam kondisi hampir hitam. Ini sangat berguna untuk mencatat semuanya mulai dari menuliskan ide yang tiba-tiba terlintas hingga daftar belanjaan.

Semuanya disimpan dalam aplikasi S Notes Samsung, yang kembali dengan latar belakang kertas putih atau kuning. Pengguna bahkan tidak perlu menghidupkan layar untuk mencatat.

Perintah S Pen Air muncul segera setelah pena dikeluarkan dari holster internal, atau ketika tombol samping kecil stylus diklik saat melayang di atas layar.

Perintah-perintah ini bertindak sebagai jalan pintas ke aplikasi Memo dan beberapa aplikasi lain. Ada opsi khusus di Screen Write yang memungkinkan pengguna menangkap seluruh halaman, jadi menyatukan beberapa tangkapan layar untuk halaman web atau percakapan teks adalah hal yang sudah ketinggalan zaman.

Performa Mesin Samsung Note 5

Samsung Note 5 bagus untuk main game 3d

Prosesor Samsung Exynos 7420 dikombinasikan dengan RAM 4GB tampaknya seperti kekuatan yang tak terhentikan di Note 5. Sementara untuk pasar AS dan China digunakan prosesor Snapdragon 820.

Untuk penyimpanan mungkin menjadi masalah bagi sebagian pengguna sebab Note 5 hanya menawarkan varian ROM 32GB atau 64GB.

Pengguna tidak akan menemukan varian 128 GB. Masalah lainnya adalah tidak ada slot kartu microSD sebab sistem sendiri sudah membutuhkan 7.15GB. Baki kartu SIM beralih dari micro SIM di Note 4 ke nano SIM yang lebih kecil.

Sensor Kamera Sony Exmor RS IMX240

Megapiksel tidak selalu berarti segalanya dalam hal ponsel kamera terbaik, jadi 13MP, 16MP, atau bahkan 20MP tidak dapat dibandingkan dengan kamera 8MP milik iPhone 6 Plus atau 12MP di iPhone 6S Plus.

Namun Samsung berusaha membuat kamera terbaik di ponselnya akhir-akhir ini. Dengan sensor Sony Exmor RS IMX240 yang sama yang ada di Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge + dan S6 Active, kamera utama Note 5 pun memiliki bukaan lebar f / 1.9.

Hasilnya adalah foto yang lebih terang dengan akurasi warna lebih tepat dibandingkan dengan Galaxy Note 4. Untuk menangkap momen sekilas di Note 5 pengguna hanya perlu mengetuk dua kali tombol Heranda untuk membuka aplikasi kamera.

Dibutuhkan 0,7 detik dengan metode tersebut. Kamera 5MP yang menghadap ke depan dengan aperture f / 1.9 bisa menghasilkan warna-warna yang lebih hidup, meski tidak begitu bagus dalam kondisi cahaya redup.

Galaxy Note 5 sebenarnya mewarisi kamera S6 dengan beberapa tambahan baru. Antarmuka yang disediakan lebih bersih, lebih mudah digunakan dengan mode Otomatis, Pro (manual), Fokus Selektif, Panorama, Kolase Video, Gerakan Lambat, Gerakan Cepat, dan Pemotretan Virtual.

Sedangkan untuk membuat selfie lebih mudah telah disediakan mode Selfie, Wide Selfie dan Interval Shot. Video Collage dan Virtual Shot juga berfungsi dengan kamera 5MP tersebut. Mode terbaru untuk kamera Note 5 adalah YouTube Live Broadcasting.

Fitur ini akan mengalirkan video yang diambil dari kamera depan atau belakang ke YouTube. Ada juga opsi untuk menyimpan file RAW saat dalam mode Pro. Ini akan memberi para penggemar kamera kesempatan untuk memiliki foto yang tidak dikompresi dan mengotak-atik detail pengeditan yang lebih baik.

Baterai Non Removable

Rumor sebelum peluncuran perdana yang menyebutkan bahwa Note 5 akan menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas (non removable) memang terbukti benar.

Ini tentu berita buruk bagi mereka yang sering menukar baterai ponsel sesuka hati, dan membawa baterai cadangan. Kapasitas baterai berkurang, dari 3220mAh pada Note 4 menjadi 3020mAh pada Note 5, tetapi optimalisasi perangkat keras dan perangkat lunak Samsung lebih dari sekadar menebusnya.

Pengguna akan memiliki lebih dari satu hari penuh untuk penggunaan wajar. Dalam sebuah tes, baterai Note 5 terkuras 14% ketika menjalankan video HD selama 90 menit.

Galaxy S6 dengan baterai 2550mAh yang lebih kecil tetapi juga layar yang lebih kecil, turun 16% dalam pengujian yang sama. Ini tentu tidak setingkat Galaxy S6 Active yang menawarkan baterai 3000 mAh dan hanya menguras 7% saat menjalankan video HD selama 90 menit.

Pengisian ulang baterai mungkin sedikit menjadi masalah, sebab untuk cas hingga penuh butuh waktu hingga 4 jam 20 menit.

Harga Samsung Galaxy Note 5 Agustus 2019

Setelah hampir empat tahun berada di pasaran sejak dikenalkan perdana Agustus 2015, harga Samsung Galaxy mengalami penurunan yang sangat signifikan. Saat ini di bulan Agustus 2019, Galaxy Note 5 ini hanya dijual dengan label harga sekitar Rp.2,4 juta saja. Sementara harga bekasnya cuma dihargai sekitar Rp.1,8 jutaan tergantung kondisi dan kelengkapan unit.